Industri Waralaba Dukung Pertumbuhan Ekonomi Nasional

Oleh : Ridwan | Jumat, 17 November 2017 - 15:02 WIB

Industri Waralaba Dukung Pertumbuhan Ekonomi Nasional (Foto Ridwan)
Industri Waralaba Dukung Pertumbuhan Ekonomi Nasional (Foto Ridwan)

INDUSTRY.co.id - Jakarta- Asosiasi Franchise Indonesia (AFI) bekerjasama dengan Majalah Franchise Indonesia kembali menggelar pameran waralaba yang bertajuk "Info Franchise & Business Concept (IFBC) 2017".

Acara yang berlangsung mulai tanggal 17-19 November 2017 ini resmi dibuka oleh Ketua AFI, Anang Sukendar di Balai Kartini, Jakarta dengan mengusung tema "Saatnya Ciptakan Peluangmu".

Dalam sambutannya, Anang Sukendar mengatakan, dukungan pemerintah dalam menggiatkan pertumbuhan ekonomi kerakyatan semakin memberikan andil positif dalam geliat pertumbuhan wirausaha di Indonesia.

"Namun, menjadi enterpreneur atau wirausahawan memang tidak mudah, butuh perjuangan, usaha lebih dalam membangun dan menciptakan merek agar bertahan hingga sukses," ujar Anang di Jakarta, Jumat (17/11/2017).

Ia menambahkan, melalui konsep usaha waralaba dan peluang usaha, kita tidak perlu lagi melalui tahap-tahap sulit dalam usaha, karena kita cukup meneruskan kesuksesan usaha yang sudah dibangun oleh pemberi usaha (Franchise).

Pameran yang kali ke-2 di Jakarta ini diikuti setidaknya lebih dari 90 referensi peluang bisnis berupa franchise, peluang usaha, keagenan atau kemitraan. Dalam pameran ini ditawarkan juga puluhan usaha terkini dengan investasi terjangkau mulai dari Rp1 juta.

Sementara itu, disela-sela pameran, AFI bersama Majalah Franchise Indonesia dan AUTO 2000 memberikan penghargaan dan apresiasi "Penggerak Usaha Kuliner Indonesia 2017". Penghargaan dan apresiasi ini khusus diberikan kepada para pelaku usaha kuliner berkonsep waralaba dan business opportunity yang telah berperan dan berkontribusi nyata dalam menggerakkan usaha kuliner di tengah-tengah masyarakat Indonesia.

Penghargaan tersebut sebagai wujud komitmen terhadap pelaku bisnis kuliner terutama waralaba dan business opportunity.

Anang berharap penghargaan ini dapat mengembangkan bisnisnya secara lebih luas, dengan harapan semakin banyak masyarakat Indonesia menjadi wirausaha dibidang kuliner sebagai sulusi pengentasan kemiskinan, serta mengurangi pengangguran.

Menurut Anang, jika melihat bisnis kulinervyang masih mendominasi di Industri waralaba nasional yang mempunyai pangsa pasar lebih dari 50 persen. Hal ini tidak lain karena bisnis kuliner masih paling diminati karena menyentuh isi perut.

"Ditambah lagi kuliner kini telah menjadi lifw style. Semakin bertebarannya tayangan kuliner di tv, maraknya wisata kuliner dan menjamurnya mall hingga ke pelosok daerah, jelas sangat mendukung tren bisnis kuliner," tutupnya.

 

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Grup RS Siloam dan NUS Yong Loo Lin School of Medicine dan Mochtar Riady Institute for Nanotechnology

Jumat, 26 April 2024 - 06:47 WIB

Grup RS Siloam dan NUS Yong Loo Lin School of Medicine dan Mochtar Riady Institute for Nanotechnology

Grup RS Siloam, National University of Singapore (NUS) Yong Loo Lin School of Medicine, dan Mochtar Riady Institute for Nanotechnology (MRIN) menjalin kerjasama strategis untuk memajukan penelitian…

Halalbihalal HPJI, Menteri Basuki Ingatkan untuk Terus Tingkatkan Kualitas Jalan

Jumat, 26 April 2024 - 06:39 WIB

Halalbihalal HPJI, Menteri Basuki Ingatkan untuk Terus Tingkatkan Kualitas Jalan

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono menghadiri agenda halalbihalal Himpunan Pengembang Jalan Indonesia (HPJI) di Jakarta, Kamis (25/4). Hadir mendampingi Menteri…

Kepala Bakamla RI Orasi Ilmiah di Hadapan Ribuan Mahasiswa Universitas Bengkulu

Jumat, 26 April 2024 - 05:21 WIB

Kepala Bakamla RI Orasi Ilmiah di Hadapan Ribuan Mahasiswa Universitas Bengkulu

Kepala Bakamla RI Laksdya TNI Dr. Irvansyah, S.H., M.Tr.Opsla., berkunjung ke Provinsi Bengkulu dalam rangka mengisi Orasi Ilmiah Dies Natalis Universitas Bengkulu ke-42. Kegiatan berlangsung…

Panglima Jenderal TNI Agus Subiyanto Hadiri Halal Bihalal PP Muhammadiyah di UMJ

Jumat, 26 April 2024 - 05:16 WIB

Panglima Jenderal TNI Agus Subiyanto Hadiri Halal Bihalal PP Muhammadiyah di UMJ

Panglima TNI Jenderal TNI Agus Subiyanto menghadiri acara Silaturrahim Halal Bihalal 1445 H Pimpinan Pusat Muhammadiyah berlangsung di Gedung Cendekia Lantai dasar, auditorium KH. A. Azhar Basyir,…

Oreo Pokemon hadir di Indonesia mulai Mei 2024 mendatang.

Jumat, 26 April 2024 - 00:11 WIB

Oreo Pastikan Hadirkan Kepingan Langka Pokemon ke Indonesia

Kolaborasi edisi terbatas dua merek ikonik dunia OREO dan Pokémon segera hadir dan menginspirasi seluruh penggemarnya di Indonesia.