Sebanyak 3.040 Restoran di Indonesia Belum Bersertifikat Halal

Oleh : Ahmad Fadli | Rabu, 28 Desember 2016 - 16:10 WIB

Ilustrasi label halal di restoran. (Geography Photos)
Ilustrasi label halal di restoran. (Geography Photos)

INDUSTRY.co.id - Sebanyak 3.040 restoran yang ada di Indonesia belum memiliki sertifikat halal. Dan baru 46 restoran yang mengantongi sertifikat halal dari MUI. Data tersebut dirilis oleh Indonesia Halal Watch, lembaga yang konsen terhadap kehalalan produk yang beredar di Indonesia.

“Hanya 46 restoran yang ada di Indonesia yang telah memiliki sertifikat halal dari MUI. Itu temuan yang ada,” kata Direktur Eksekutif Indonesia Halal Watch Ikhsan Abdullah, dalam diskusi akhir tahun ‘Peran Produk Halal dalam Memperkuat Daya Saing Ekonomi Indonesia Produk Asing, Halalkan? di Jakarta Rabu (28/12/2016).

Menurutnya,  banyak pula restoran menyediakan makanan halal namun juga menyediakan menu non halal. Padahal sesuai ketentuan produk halal tidak boleh tercampur atau terkontaminasi bahan-bahan makan non halal.

"Padahal menurut aturan tidak boeh dicampur seperti itu. Karena terkontaminasi," imbuhnya.
Dirinya berharap, agar para pengusaha restoran mendaftarkan sertifikasi halal. Sebab mayoritas masyarakat Indonesia beragama Islam.

"Kami berharap seluruh restoran yang menjual produk tidak halal, bukan hanya dicantumkan di menu, tapi juga baner di luar," pungkasnya.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Presiden Jokowi- Dirut BNI Achmad Baiquni (Foto Rizki Meirino)

Minggu, 21 Januari 2018 - 22:00 WIB

Presiden Jokowi Serahkan 3.500 Sertifikat untuk Warga Lampung

Presiden RI Joko Widodo menyerahkan 3.500 sertifikat hak tanah kepada warga Provinsi Lampung di GOR Way Handak, Kalianda, Kabupaten Lampung Selatan, Minggu (21/1/2018)

Jamkrindo

Minggu, 21 Januari 2018 - 22:00 WIB

Jamkrindo Jamin Kafalah Pembiayaan LPDB-KUMKM

Surabaya- Perusahaan Umum (Perum) Jaminan Kredit Indonesia menandatangani Perjanjian Kerja sama dengan Lembaga Pengelola Dana Bergulir Koperasi, Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (LPDB-KUMKM)…

Kegiatan bisnis TIENS

Minggu, 21 Januari 2018 - 21:22 WIB

TIENS Pacu Distributor Tingkatkan Penjualan Dengan Berbagai Reward

Jakarta-Tiens Indonesia menitik beratkan bisnis degan menyasar anak muda, sebab generasi ini memiliki banyak kelebihan seperti perkembangan teknologi yang akan mempercepat penyebaran bisnis…

Presiden Jokowi (Foto Biro Setpres)

Minggu, 21 Januari 2018 - 21:00 WIB

Presiden Jokowi Tinjau Pelaksanaan Padat Karya Tunai di Lampung Selatan

Presiden Joko Widodo meninjau pelaksanaan Program Padat Karya Tunai di Kecamatan Penengahan, Kabupaten Lampung Selatan, Provinsi Lampung, Minggu (21/1/2018).

Presiden Jokowi dan Menteri PUPR M Basuki Hadimuljono (Foto Dok Industry.co.id)

Minggu, 21 Januari 2018 - 19:47 WIB

Ini Kegiatan Presiden Jokowi di Sumatera Selatan

- Presiden Joko Widodo dan rombongan tiba di Palembang, Sumatera Selatan, Minggu sore, (21/1/2018) setelah melakukan kunjungan kerja di wilayah Provinsi Lampung.