Sambut Hari Batik Nasional, Kemenperin Gelar Pameran Batik Nusantara

Oleh : Ridwan | Selasa, 26 September 2017 - 13:59 WIB

Pameran Batik Nusantara
Pameran Batik Nusantara

INDUSTRY.co.id - Jakarta, Dalam rangka menyambut Hari batik Nasional, Kementerian Perindustrian hari ini (26/9/2017) menggelar pameran batik warisan budaya X bertajuk "Menjaga Warisan Budaya Batik".

Sekjen Kemenperin, Haris Munandar dalam sambutannya menyampaikan, kita sebagai warga negara Indonesia harus melestarikan budaya batik. Banyak cara untuk melestarikan budaya batik nasional.

"Kolaborasi dan sinergi antara antara akademisi, pelaku usaha, pemerintah dan komunitas sangat penting untuk melestarikan budaya dan mengembangkan industri batik secara berkelanjutan," ujar Haris Munandar

Ia menambahkan, paemran batik ini terselenggara berkat kolaborasi antara Ditjen Industri Kecil Menengah Kementerian Perindustrian dengan Yayasan Batik Indonesia. Pameran yang digelar pada 26-29 September 2017 ini untuk mempromosikan produk unggulan batik dari berbagai daerah.

Pamearn batik kali ini diikuti oleh 44 IKM batik dari berbagai daerah di Indonesia. Selain pameran, akan digelar juga peragaan busana batik trendi dan modern yang cocok untuk generasi muda saat ini.

Kementerian Perindustrian melalui Sekjen Kemenperin memberikan apresiasi kepada seluruh pihak yang telah berkontribusi dalam melestarikan dan mengembangkan batik nasional.

"Saya sangat berterima kasih kepada Yayasan batik indonesia yang secara konsisten telah melestarikan budaya batik melalui berbagai kegiatan," tandasnya.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan Industri (BPPI) Kementerian Perindustrian, Ngakan Timur Antara.

Senin, 28 Mei 2018 - 10:15 WIB

Tingkatkan Daya Saing Industri Alas Kaki, Balai Kemenperin Ciptakan Alat Digital Uji Suhu Pengerutan Kulit Penyamakan

Sebagai unit pelayanan teknis di bawah Balai Penelitian dan Pengembangan Industri (BPPI) Kementerian Perindustrian, BBKKPtelah berhasilmembuatalat uji suhupengerutan untukkulit penyamakan dengan…

Bandar Udara Trunojoyo (Ist)

Senin, 28 Mei 2018 - 10:10 WIB

Kemenhub Kucurkan Dana Sebesar Rp 29 Miliar Bangun Terminal Penumpang Bandara Trunojoyo

Anggaran pembangunan terminal penumpang itu sekarang masuk dalam tahap lelang.

Rest Area (Ist)

Senin, 28 Mei 2018 - 10:04 WIB

Hadapi Mudik Lebaran, Jasamarga Properti Resmikan Rest Area Surabaya-Mojokerto

Baru- baru ini, PT Jasamarga Properti anak usaha PT Jasamarga (Persero) Tbk yang bergerak dibidang usaha non tol meresmikan tempat istirahat dan pelayanan (TIP) atau rest area Km 725 A arah…

PT Pelni (Persero)

Senin, 28 Mei 2018 - 10:00 WIB

PT Pelni Siapkan 26 Armada Anggutan Lebaran 2018

PT. Pelayaran Nasional Indonesia (Pelni) Cabang Baubau, Sulawesi Tenggara, menyiapkan 26 armada kapal secara nasional untuk melayani angkutan lebaran tahun 2018, di 91 pelabuhan.

Pertamina (Foto: Ist)

Senin, 28 Mei 2018 - 09:59 WIB

Pertamina Akan Tempatkan SPBU Modular Saat Ramadhan dan Lebaran 2018

PT Pertamina akan menempatkan beberapa stasiun pengisian bahan bakar umum (SPBU) modular atau bergerak di sejumlah jalur transportasi darat yang tidak terdapat SPBU permanen saat Ramadan dan…