Pedagang Dari Luar Daerah Ikut Borong Tembakau Bojonegoro

Oleh : Hariyanto | Senin, 11 September 2017 - 09:52 WIB

Petani Tembakau (ist)
Petani Tembakau (ist)

INDUSTRY co.id -Bojonegoro - Kepala Dinas Pertanian Bojonegoro, Jawa Timur, Akhmad Djupari mengatakan, pada musim panen kali ini pedagang dari luar daerah Jawa Timur dan Jawa Tengah, ikut memborong pembelian tembakau tidak hanya Virginia Voor Oogst (VO), tetapi juga Jawa.

"Pedagang yang ikut melakukan pembelian tembakau jenis Jawa, antara lain, dari Madura, juga berbagai daerah di Jawa Tengah," kata Djupari di Bojonegoro, Sabtu (9/9/2017).

Ia mengatakan, pihaknya tak mempermasalahkan masuknya pedagang luar daerah yang ikut melakukan pembelian tembakau produksi musim panen tahun ini.

"Ya ibaratnya Bojonegoro menjadi pasar tembakau. Justru banyak pedagang luar daerah masuk akan meningkatkan harga jual tembakau di tingkat petani," ujar Djupari.

Djupari mengungkapkan, tanaman tembakau yang bisa dibeli pedagang luar daerah hanya tembakau yang ditanam petani secara swadaya. Bukan tembakau yang ditanam petani bermitra dengan PT Sadhana Arifnusa Padangan dan PT Gudang Garam.

"Petani yang bermitra langsung menjual kepada PT Sadhana Arifnusa Padangan dengan harga bagus. Bahkan, pekan ini harga tembakau rajangan Virginia RAM dibeli dengan harga berkisar Rp22.000 hingga Rp42.000/kilogram," ungkapnya.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

HARRIS Hotels Merayakan Hari Kesehatan Nasional 2018 Menyediakan Healthy Corner

Senin, 12 November 2018 - 20:15 WIB

HARRIS Hotels Merayakan Hari Kesehatan Nasional 2018 Menyediakan Healthy Corner

HARRIS Hotels mengadakan program Healthy Corner di semua hotel di dalam jaringannya yang kini berjumlah 23 hotel di seluruh pelosok Indonesia dengan tujuan untuk memberikan inspirasi kepada…

GE

Senin, 12 November 2018 - 19:54 WIB

GE Healthcare Resmikan Pemasangan 1000 CT Scan di Kawasan Asia Tenggara

GE Healthcare, penyedia teknologi dan solusi kesehatan, terus berkomitmen dalam meningkatkan kualitas pelayanan kesehatan di Indonesia.

Menteri BUMN Rini Soemarno (Foto Humas BUN))

Senin, 12 November 2018 - 19:51 WIB

Tol Ngawi-Kertosono Bisa Dilalui Januari 2019

PT Jasamarga Ngawi Kertosono Kediri (JNK), anak usaha PT Jasa Marga (Persero) Tbk yang mengelola tol Ngawi-Kertosono menyatakan tol seksi 3 Wilangan-Kertosono akan beroperasi pada awal 2019.…

IHSG (Foto/Rizki Meirino)

Senin, 12 November 2018 - 19:45 WIB

Urban Jakarta IPO di Kisaran Rp1.000-Rp1.250

PT Urban Jakarta Propertindo Tbk akan melepas sebagian sahamnya ke publik melalui skema penawaran umum perdana (initial public offering/IPO) di kisaran harga Rp1.000-Rp1.250 per saham.

Pengunjung mengamati papan elektronik yang memperlihatkan pergerakan IHSG di gedung BEI (Foto Rizki Meirino)

Senin, 12 November 2018 - 19:40 WIB

BEI: Penghitungan Free Float Praktik Umum Bursa Dunia

Bursa Efek Indonesia (BEI) menilai bahwa metode penghitungan terhadap kelompok saham atau indeks dengan memasukan rasio "free float" merupakan praktik umum di bursa dunia.