Pabrik Rokok Mulai Beli Tembakau Bojonegoro

Oleh : Hariyanto | Jumat, 08 September 2017 - 10:56 WIB

Kebun Tembakau
Kebun Tembakau

INDUSTRY.co.id - Bojonegoro- Dinas Pertanian Kabupaten Bojonegoro, Jawa Timur, menyatakan sejumlah pabrik rokok mulai membeli tembakau virginia voor oogt (VO) dan jawa dengan membuka gudang pembelian di pedesaan, sejak dua pekan lalu.

"Pabrikan yang sudah mulai membuka pembelian antara lain PT Gudang Garam, PT Djarum Kudus, juga pengusaha tembakau yang berafiliasi dengan pabrikan," kata Kasi Tanaman Semusim Dinas Pertanian Bojonegoro Imam Wahyudi, di Bojonegoro, Kamis (7/9/2017)

Sesuai hasil pemantauan di lapangan, kata dia, harga tembakau rajangan kering virginia VO di sejumlah sentra penghasil tembakau, antara lain di Kecamatan Sukosewu, Sugihwaras, juga kecamatan lainnya berkisar Rp10.000-Rp17.000/kilogram.

"Harga tembakau kering jawa di tingkat petani juga tidak jauh berbeda," kata dia menjelaskan.

Di lain pihak, kata dia, PT Sadhana Arifnusa Padangan yang bermitra dengan petani juga sudah membeli tembakau rajangan virginia RAM dengan harga berkisar Rp23.000-Rp32.000/kilogram.

"Penjualan tembakau virginia RAM dari petani langsung ke PT Sadhana Arifnusa di Kecamatan Padangan," ucapnya menegaskan.

Dia menjelaskan harga tembakau rajangan virginia VO dan jawa juga virginia RAM itu masih berpeluang naik, sebab panen tembakau masih pada petikan kedua dan ketiga.

Dengan demikian panen tembakau petikan keempat dan kelima yang merupakan daun tembakau dengan kualitas terbaik harganya akan lebih tinggi lagi.

"Panen tanaman tembakau sekarang sudah merata, tapi saya belum tahu prosentase panen," kata dia.

Ia optimistis produksi dan harga tembakau virginia VO, jawa dan virginia RAM akan jauh lebih bagus dibandingkan tahun lalu, apalagi iklim sekarang sangat mendukung.

"Berbeda dengan panen tahun lalu tembakau hampir tidak ada harganya karena ketika panen diguyur hujan," ujarnya.

Apalagi, kata dia, tanaman tembakau di daerahnya dengan luas sekitar 8.900 hektare untuk produksinya masih kurang untuk memenuhi kebutuhan pabrikan yang melakukan pembelian tembakau tahun ini.

Dinas Pertanian menyebutkan PT Central Agro Mandiri akan melakukan pembelian tembakau virginia VO 1.000 ton, dan PT STTC 1.000 ton dan PT Djarum Group 3.500 ton.

Sedangkan PT Bentoel 100 ton, CV Sumber Rejeki 500 ton, PT Gudang Garam 1.000 ton, CV Sumber Mulyo 500 ton dan CV Gelora Jaya 1.800 ton.

Selain itu, PT Sadhana Arifnusa Padangan juga akan membeli tembakau rajangan amil (RAM) 1.000 ton. (Ant)

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Kota Podomoro Tenjo

Jumat, 26 April 2024 - 17:08 WIB

Kota Podomoro Tenjo Luncurkan Tiga Produk Properti Terbaru

Kota Podomoro Tenjo meluncurkan 3 (tiga) produk properti terbaru melalui pameran properti bertajuk “Fantastic Milenial Home; Langkah Mudah Punya Rumah” yang berlangsung selama tanggal 23…

Ilustrasi perumahan

Jumat, 26 April 2024 - 16:44 WIB

Bogor dan Denpasar Jadi Wilayah Paling Konsisten dalam Pertumbuhan Harga Hunian di Kuartal I 2024

Sepanjang Kuartal I 2024, Bogor dan Denpasar menjadi wilayah paling konsisten dan resilient dalam pertumbuhan harga dan selisih tertinggi di atas laju inflasi tahunan

Bank Raya

Jumat, 26 April 2024 - 16:33 WIB

Bank Raya Kembali Torehkan Pertumbuhan Laba Double Digit di Triwulan 1 Tahun 2024

Fokus Bank Raya di 2024 adalah berinvestasi pada pertumbuhan bisnis yang  berkualitas untuk menjadikan Bank Raya sebagai bank digital utama untuk segmen mikro dan kecil. Strategi pengembangan…

Frasers Group Asia dan MAPA Menjalin Kerjasama untuk Hadirkan Sports Direct Pertama di Indonesia, Berlokasi di Kota Kasablanka Mall

Jumat, 26 April 2024 - 15:10 WIB

Frasers Group Asia dan MAPA Menjalin Kerjasama untuk Hadirkan Sports Direct Pertama di Indonesia, Berlokasi di Kota Kasablanka Mall

Sebagai bagian dari ekspansinya di Asia Tenggara, Sports Direct Malaysia, Sdn Bhd ("Frasers Group Asia") – afiliasi dari grup ritel internasional terkemuka Frasers Group plc ("Frasers Group",…

Pengamat hukum Dr. (Cand.) Hardjuno Wiwoho

Jumat, 26 April 2024 - 14:47 WIB

UU Perampasan Aset dan BLBI Jadi PR Prabowo-Gibran

Presiden dan Wakil Presiden (Wapres) terpilih, Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka harus melanjutkan agenda pemberantasan korupsi yang sudah dicanangkan pemerintahan sebelumnya sebagai…