Tingkatkan Sektor Pariwisata, Bandung Upayakan Jadi Destinsi MICE

Oleh : Chodijah Febriyani | Kamis, 10 Agustus 2017 - 10:18 WIB

Gedung Sate Bandung (Foto Ist)
Gedung Sate Bandung (Foto Ist)

INDUSTRY.co.id - Bandung- Pemerintah Kota Bandung melalui Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) terus mengupayakan agar Kota Bandung menjadi destinasi MICE (Meeting, Incentive, Conferencing dan Exhibition) guna meningkatkan kedatangan wisatawan saat weekday atau hari biasa.

"Kita tetep berusaha dengan meningkatkan wisata MICE, supaya weekday wisatawannya banyak juga," kata Kadisbudpar Kota Bandung Kenny Dewi Kaniasari di Bandung, Kamis(10/8/2017)

Menurutnya, saat ini Kota Bandung hanya menjadi kota tujuan wisata pada saat akhir pekan saja. Padahal, jika dilihat dari potensinya, Kota Kembang ini memiliki peluang cukup besar untuk menjadi bagian tujuan destinasi MICE.

Sementara untuk akhir pekan sendiri, jumlah wisatawan yang datang ke Bandung mencapai 200 ribu orang.

"Bandung punya semuanya, tinggal mulai saja dan dukungan dari semua pihak," kata dia kepada  awak media di Bandung.

Belum maksimalnya MICE ini membuat okupansi hotel di hari biasa begitu lesu, berbeda jika dibandingkan saat akhir pekan tingkat hunian dapat mencapai 70 persen dari total 400 hotel berbintang dan non bintang yang ada di Bandung.

Untuk menggenjot wisatawan ini, Disbudpar berencana untuk membentuk forum yang dinamai Bandung MICE forum. Seluruh pebisnis dan konsumen akan dipertemukan, membahas mengenai kemungkinan kerja sama yang berujung pada destinasi MICE di Bandung.

"Rencananya, kita akan merubah anggaran dalam perubahan ini. Nanti ke depannya itu akan menjadi agenda rutin. Saya mohon juga dukungan dari teman-teman hotel nanti," kata dia.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Ilustrasi Gula (Antaranews.com)

Rabu, 18 Juli 2018 - 12:05 WIB

India Minta Indonesia untuk Turunkan Tarif Impor Gula

Direktur Jenderal Perdagangan Luar Negeri Kementerian Perdagangan RI Oke Nurwan seusai acara Forum Perdagangan Gula India-Indonesia di Jakarta, Selasa, mengatakan bahwa pemerintah India berharap…

Launching Sail Indonesia Moyo Tambora (Sail Motam) 2018 (Foto: Kemenpar)

Rabu, 18 Juli 2018 - 12:00 WIB

September, Sail Indonesia Moyo Tambora Siap digelar, Catat Kegiatan Serunya!

Nusa Tenggara Barat yang terkenal akan keeksotisannya dengan pemadangan wisata alam ini, akan menggelar Sail Indonesia Moyo Tambora (Sail Motam) 2018 yang akan diikuti oleh 42 negara dan akan…

Ilustrasi Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf)

Rabu, 18 Juli 2018 - 11:35 WIB

Bekraf Beri Komitmen untuk Naikkan Pasar Game Lokal

Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf) berkomitmen untuk menaikkan pangsa pasar "game" pengembang lokal hingga menjadi 10 persen. Deputi Infrastruktur Bekraf Hari Sungkari dalam siaran pers di Jakarta,…

Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) mendorong penambahan kapasitas Pembangkit Listrik Tenaga Panas Bumi (PLTP) sebesar 255 Megawatt (MW) di tahun depan. (ANTARA FOTO/Muhammad Adimaja).

Rabu, 18 Juli 2018 - 11:20 WIB

IEA Beri Catatan Positif Reformasi Subsidi Energi

Direktur Eksekutif International Energy Agency (IEA) Fatih Birol menyampaikan hasil positif atas reformasi subsidi energi yang telah dilakukan Indonesia. Fatih di Kementerian Energi dan Sumber…

Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Ignasius Jonan

Rabu, 18 Juli 2018 - 11:02 WIB

Kementerian ESDM Akan Kembali Gelar Malam Penganugerahan Penghargaan Subroto 2018

Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) akan kembali menggelar Malam Penganugerahan Penghargaan Subroto Tahun 2018.