Tingkatkan Sektor Pariwisata, Bandung Upayakan Jadi Destinsi MICE

Oleh : Chodijah Febriyani | Kamis, 10 Agustus 2017 - 10:18 WIB

Gedung Sate Bandung (Foto Ist)
Gedung Sate Bandung (Foto Ist)

INDUSTRY.co.id - Bandung- Pemerintah Kota Bandung melalui Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) terus mengupayakan agar Kota Bandung menjadi destinasi MICE (Meeting, Incentive, Conferencing dan Exhibition) guna meningkatkan kedatangan wisatawan saat weekday atau hari biasa.

"Kita tetep berusaha dengan meningkatkan wisata MICE, supaya weekday wisatawannya banyak juga," kata Kadisbudpar Kota Bandung Kenny Dewi Kaniasari di Bandung, Kamis(10/8/2017)

Menurutnya, saat ini Kota Bandung hanya menjadi kota tujuan wisata pada saat akhir pekan saja. Padahal, jika dilihat dari potensinya, Kota Kembang ini memiliki peluang cukup besar untuk menjadi bagian tujuan destinasi MICE.

Sementara untuk akhir pekan sendiri, jumlah wisatawan yang datang ke Bandung mencapai 200 ribu orang.

"Bandung punya semuanya, tinggal mulai saja dan dukungan dari semua pihak," kata dia kepada  awak media di Bandung.

Belum maksimalnya MICE ini membuat okupansi hotel di hari biasa begitu lesu, berbeda jika dibandingkan saat akhir pekan tingkat hunian dapat mencapai 70 persen dari total 400 hotel berbintang dan non bintang yang ada di Bandung.

Untuk menggenjot wisatawan ini, Disbudpar berencana untuk membentuk forum yang dinamai Bandung MICE forum. Seluruh pebisnis dan konsumen akan dipertemukan, membahas mengenai kemungkinan kerja sama yang berujung pada destinasi MICE di Bandung.

"Rencananya, kita akan merubah anggaran dalam perubahan ini. Nanti ke depannya itu akan menjadi agenda rutin. Saya mohon juga dukungan dari teman-teman hotel nanti," kata dia.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Gubernur Sulawesi Selatan (Sulsel) Syahrul Yasin Limpo

Kamis, 21 September 2017 - 21:00 WIB

Groundbreaking Tol Layang Makassar Dimulai 12 Oktober

Gubernur Sulawesi Selatan Syahrul Yasin Limpo (SYL) mengatakan "groundbreaking" atau peletakan batu pertama pembangunan proyek tol layang Pettarani Makassar sesuai rencana dimulai 12 Oktober…

 Calon Bupati Jaya Pura Nomor 3 Godlief Ohee

Kamis, 21 September 2017 - 20:25 WIB

Pilkada Kabupaten Jayapura, Calon Petahana Mathius Awitauw Didiskualifikasi Bawaslu

Jakarta- Bawaslu RI merekomendasikan pembatalan Mathius Awitauw Sebagai Calon Bupati Jayapura. Hal itu disampaikan Calon Bupati Nomor Urut Nomor 3 Godlief Ohee.

Direktur Enterprise & Business Service Telkom Dian Rachmawan dan Direktur Utama PT Inti Darman Mappangara berjabat tangan.

Kamis, 21 September 2017 - 20:16 WIB

Telkom dan PT INTI Bersinergi Garap Layanan Internet of Things Devices

Jakarta-PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk (Telkom) dan PT Industri Telekomunikasi Indonesia (PT INTI) menandatangani nota kesepahaman untuk meningkatkan sinergi kedua BUMN, serta untuk mendukung…

Direktur Wholesale & Internasional Service Telkom Abdus Somad Arief (kedua dari kanan) bersama Staf Khusus Kementerian BUMN bidang Rumah Kreatif BUMN (RKB) Asmawi Syam (tengah).

Kamis, 21 September 2017 - 20:07 WIB

TelkomGroup Latih E-Commerce dan Pemasaran Online UMKM Indonesia Go Global

Jakarta-Dalam rangka mendorong Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) di Indonesia menembus pasar global di era digital, PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk (Telkom) terus optimalkan keberadaan…

PT Paramount Land

Kamis, 21 September 2017 - 19:30 WIB

Paramount Land Raih Penghargaan Dot Property Indonesia

Paramount Land meraih 3 penghargaan sekaligus atas komitmennya dalam menciptakan produk-produk properti terbaik dalam ajang Dot Property Indonesia Awards 2017.