Tingkatkan Sektor Pariwisata, Bandung Upayakan Jadi Destinsi MICE

Oleh : Chodijah Febriyani | Kamis, 10 Agustus 2017 - 10:18 WIB

Gedung Sate Bandung (Foto Ist)
Gedung Sate Bandung (Foto Ist)

INDUSTRY.co.id - Bandung- Pemerintah Kota Bandung melalui Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) terus mengupayakan agar Kota Bandung menjadi destinasi MICE (Meeting, Incentive, Conferencing dan Exhibition) guna meningkatkan kedatangan wisatawan saat weekday atau hari biasa.

"Kita tetep berusaha dengan meningkatkan wisata MICE, supaya weekday wisatawannya banyak juga," kata Kadisbudpar Kota Bandung Kenny Dewi Kaniasari di Bandung, Kamis(10/8/2017)

Menurutnya, saat ini Kota Bandung hanya menjadi kota tujuan wisata pada saat akhir pekan saja. Padahal, jika dilihat dari potensinya, Kota Kembang ini memiliki peluang cukup besar untuk menjadi bagian tujuan destinasi MICE.

Sementara untuk akhir pekan sendiri, jumlah wisatawan yang datang ke Bandung mencapai 200 ribu orang.

"Bandung punya semuanya, tinggal mulai saja dan dukungan dari semua pihak," kata dia kepada  awak media di Bandung.

Belum maksimalnya MICE ini membuat okupansi hotel di hari biasa begitu lesu, berbeda jika dibandingkan saat akhir pekan tingkat hunian dapat mencapai 70 persen dari total 400 hotel berbintang dan non bintang yang ada di Bandung.

Untuk menggenjot wisatawan ini, Disbudpar berencana untuk membentuk forum yang dinamai Bandung MICE forum. Seluruh pebisnis dan konsumen akan dipertemukan, membahas mengenai kemungkinan kerja sama yang berujung pada destinasi MICE di Bandung.

"Rencananya, kita akan merubah anggaran dalam perubahan ini. Nanti ke depannya itu akan menjadi agenda rutin. Saya mohon juga dukungan dari teman-teman hotel nanti," kata dia.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Ilustrasi kredit perbankan

Kamis, 18 Januari 2018 - 22:32 WIB

OJK Optimis Pertumbuhan Kredit 12 Persen di 2018

Jakarta-Otoritas Jasa Keuangan (OJK) atas target pertumbuhan ekonomi 5,4% yang ditetapkan Pemerintah di tahun 2018, OJK memperkirakan kredit dan Dana Pihak Ketiga perbankan berpotensi untuk…

Ilustrasi kredit perbankan

Kamis, 18 Januari 2018 - 22:00 WIB

Kredit Perbankan Tumbuh 8,3 Persen Sepanjang 2017

Jakarta-Otoritas Jasa Keuangan (OJK) menyebutkan intermediasi lembaga jasa keuangan juga mengalami pertumbuhan sejalan kinerja perekonomian domestik.

Wimboh Santoso Ketua Dewan Komisioner (Foto Anto)

Kamis, 18 Januari 2018 - 21:17 WIB

Ini Komitmen OJK Jaga Stabilitas Keuangan

Jakarta-OJK memiliki komitmen tinggi untuk meningkatkan peran sektor jasa keuangan dalam memacu pertumbuhan dengan tetap menjaga kesinambungan dalam menjaga stabilitas sistem keuangan.

AFTECH Resmikan Kemitraan dengan UnionSpace

Kamis, 18 Januari 2018 - 20:45 WIB

AFTECH Resmikan Kemitraan dengan UnionSpace Dorong Perkembangan Industri Fintech

Asosiasi Fintech Indonesia (AFTECH) meresmikan kemitraannya dengan UnionSpace untuk mendorong perkembangan industri teknologi finansial (tekfin) melalui penyediaan Fintech Space, yang merupakan…

Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto

Kamis, 18 Januari 2018 - 20:25 WIB

Menperin: Indonesia Termasuk Pemain Industri Manufaktur Sarana Kereta Api Terbesar di Asia Tenggara

Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto mengatakan, Indonesia saat ini termasuk salah satu pemain industri manufaktur sarana kereta api terbesar di Asia Tenggara. Produk industri kereta api…