Darmono Tuang Napak Tilas Hidupnya ke Buku Building A Ship While Sailing

Oleh : Ahmad Fadli | Kamis, 08 Juni 2017 - 21:38 WIB

Founder PT Jababeka Tbk Luncurkan Buku Keempatnya berjudul Building A Ship While Sailing
Founder PT Jababeka Tbk Luncurkan Buku Keempatnya berjudul Building A Ship While Sailing

INDUSTRY.co.id, Jakarta -  Founder PT Jababeka Tbk  SD Darmono kembali meluncurkan buku keempatnya yang berjudul, “Building A Ship While Sailing” buku tersebut merupakan potret dirinya bersama Jababeka untuk membangun negara sambil tetap bekerja untuk kemandirian diri sendiri.

“Building A Ship While Sailing merupakan refleksi dan kontribusi dirinya dalam membantu pemerintah mewujudkan kesejahteraan rakyat Indonesia,” ujar Darmono saat peluncuran buku Building A Ship While Sailing, di Menara Batavia, Kamis (8/6/2017).

Membaca judul buku ini, kesan yang muncul dari Penulis itu dipengaruhi kenyataan bahwa kita tinggal di negara kepulauan. Maka dari itu, Dia mengambil metaforfosa bangsa ini bagaikan kapal besar yang tengah mengarungi samudera nan luas, sementara proyek membangun kapal besar itu belum jadi sebagaimana yang diinginkan oleh pendiri bangsa.

Menurutnya, permasalahan yang dihadapi bangsa Indonesia tidak hanya dalam pembangunan ekonomi. Pemikirannya juga menjangkau masalah budaya dan pendidikan melebihi kapasitasnya sebagai seorang pengusaha.

Dengan pengantar dari Prof Komaruddin Hidayat, buku ini merupakan refleksi tentang keindonesiaan yang bisa menjadi roadmap untuk menggapai Indonesia sejahtera karena diuraikan secara mendalam penuh makna. Alam pikiran pembacanya dibawa menuju rumah lndonesia yang hidup, terang, penuh peluang. dan harapan.

Spirit keindonesiaan yang dinyalakan dalam buku ini tidak hanya dipetik oleh romantisme kesejarahan masa lalu, namun juga bagaimana bangsa besar yang meraih kemerdekaan dengan berdarah-berdarah ini bangkit melanjutkan perjuangan dengan segala kelebihan dan kekurangan yang ada untuk keluar dari jepitan persaingan global negara-negara penguasa ekonomi dunia.

Setyono Djuandi Darmono lahir di Yogyakarta pada 26 April 1949, kemudian menikah dengan Rosylawati Dewi Darmono dan dikarunia tiga orang putra. Dia merupakan pendiri dan chairman Jababeka Group, sebuah perusahaan kawasan industri di Indonesia sekaligus pendiri PT Banten West Java Tourism Development Corporation (TDC), Kawasan Ekonomi Khusus Tanjung Lesung.

PT Jababeka Morotai yang merupakan salah satu anak usaha Jababeka Group telah ditetapkan sebagai Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Pariwisata dan Joint venture dengan Sembawang Corporation membangun kawasan industri Kendal.

Selain dalam dunia bisnis, Darmono juga aktif dalam dunia sosial, seperti dalam Yayasan Tidar Heritage, yang bertujuan merevitalisasi dan mengembangkan komunitas di kawasan Candi Borobudur dan daerah sekitarnya serta dikenal sebagai pendiri Yayasan Pendidikan atau President University.

Hadir dalam acara itu diantaranya Mantan Rektor UIN Syarif Hidayatullah Jakarta Prof Komaruddin Hidayat, Mantan Ketua Mahkamah Konstitusi Mohammad Mahfud M.D. dan Andrie Wongso yang dikenal sebagai seorang motivator.

 

 

 

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Grup RS Siloam dan NUS Yong Loo Lin School of Medicine dan Mochtar Riady Institute for Nanotechnology

Jumat, 26 April 2024 - 06:47 WIB

Grup RS Siloam dan NUS Yong Loo Lin School of Medicine dan Mochtar Riady Institute for Nanotechnology

Grup RS Siloam, National University of Singapore (NUS) Yong Loo Lin School of Medicine, dan Mochtar Riady Institute for Nanotechnology (MRIN) menjalin kerjasama strategis untuk memajukan penelitian…

Halalbihalal HPJI, Menteri Basuki Ingatkan untuk Terus Tingkatkan Kualitas Jalan

Jumat, 26 April 2024 - 06:39 WIB

Halalbihalal HPJI, Menteri Basuki Ingatkan untuk Terus Tingkatkan Kualitas Jalan

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono menghadiri agenda halalbihalal Himpunan Pengembang Jalan Indonesia (HPJI) di Jakarta, Kamis (25/4). Hadir mendampingi Menteri…

Kepala Bakamla RI Orasi Ilmiah di Hadapan Ribuan Mahasiswa Universitas Bengkulu

Jumat, 26 April 2024 - 05:21 WIB

Kepala Bakamla RI Orasi Ilmiah di Hadapan Ribuan Mahasiswa Universitas Bengkulu

Kepala Bakamla RI Laksdya TNI Dr. Irvansyah, S.H., M.Tr.Opsla., berkunjung ke Provinsi Bengkulu dalam rangka mengisi Orasi Ilmiah Dies Natalis Universitas Bengkulu ke-42. Kegiatan berlangsung…

Panglima Jenderal TNI Agus Subiyanto Hadiri Halal Bihalal PP Muhammadiyah di UMJ

Jumat, 26 April 2024 - 05:16 WIB

Panglima Jenderal TNI Agus Subiyanto Hadiri Halal Bihalal PP Muhammadiyah di UMJ

Panglima TNI Jenderal TNI Agus Subiyanto menghadiri acara Silaturrahim Halal Bihalal 1445 H Pimpinan Pusat Muhammadiyah berlangsung di Gedung Cendekia Lantai dasar, auditorium KH. A. Azhar Basyir,…

Oreo Pokemon hadir di Indonesia mulai Mei 2024 mendatang.

Jumat, 26 April 2024 - 00:11 WIB

Oreo Pastikan Hadirkan Kepingan Langka Pokemon ke Indonesia

Kolaborasi edisi terbatas dua merek ikonik dunia OREO dan Pokémon segera hadir dan menginspirasi seluruh penggemarnya di Indonesia.