FedEx Express Perkuat Kapabilitas E-Commerce Hadapi Lonjakan Pengiriman di Momen Liburan

Oleh : Herry Barus | Selasa, 16 November 2021 - 15:00 WIB

FedEx Express
FedEx Express

INDUSTRY.co.id - Jakarta- FedEx Express (FedEx), anak perusahaan FedEx Corp. (NYSE: FDX) yang merupakan salah satu perusahaan transportasi ekspres terbesar di dunia, memperkuat jaringannya dan kapabilitas e-commerce untuk mempersiapkan bisnis di Kawasan Asia Pasifik, Timur Tengah dan Afrika, menghadapi puncak liburan.

Ledakan penjualan pada platform e-commerce yang juga dipercepat oleh pandemi Covid-19 ini diperkirakan akan terus berlanjut. Pembelanjaan online secara global diestimasikan akan meningkat hingga 11% dari tahun ke tahun  menjadi $910 miliar selama momen liburan mendatang.   Asia Pasifik  telah menyumbang lebih dari 60% penjualan ritel online,   yang menjadi bukti bahwa belanja online semakin tinggi peminatnya. Misalnya, festival belanja online terbesar di China - Singles' Day - diharapkan dapat memacu pertumbuhan ritel online lebih tinggi di seluruh wilayah Asia Pasifik, Timur Tengah dan Afrika. Di Asia Tenggara, sekitar 40% e-tailer mengatakan hasil penjualan selama musim liburan dapat mewakili sebagian besar jumlah penjualan tahunan mereka.   Di Timur Tengah dan Afrika, 22% konsumen siap berbelanja online selama Black Friday dan Cyber Monday. 

Meninjau pertumbuhan eksponensial e-commerce dan volume pengiriman yang kian meningkat, FedEx bersiap untuk menyambut musim belanja dengan menambah tenaga kerja, memperluas fasilitas, mengoptimalkan jaringan, serta menyediakan solusi e-commerce yang inovatif untuk memenuhi kebutuhan konsumen di tahun yang berbeda ini.

•             Menambah Kapasitas dan Fasilitas: FedEx telah meningkatkan kapasitas jaringannya dengan menambahkan enam penerbangan antar benua di jalur dengan permintaan tinggi, yang menghubungkan Asia Pasifik, Amerika Serikat dan Eropa . Secara total terdapat 225 penerbangan setiap minggunya yang dioperasikan perusahaan di dalam dan di luar kawasan. FedEx juga menciptakan konektivitas dan mempersiapkan ketahanan operasional saat musim liburan. Selain itu, FedEx telah membuka fasilitas gerbang baru di Clark, Filipina, pada bulan Oktober lalu guna mendukung pertumbuhan e-commerce untuk permintaan pengiriman massal dan barang besar yang keluar dan masuk dari Asia selama musim liburan.

•             Memaksimalkan e-commerce: Untuk memberdayakan e-tailers dengan menyediakan akses instan ke portfolio e-commerce FedEx yang kuat dan memberikan solusi pengiriman berbiaya terjangkau tanpa perlu mengganti platform atau akun, FedEx meluncurkan program FedEx Compatible and Alliance, yang merupakan kerja sama dengan platform e-commerce terkemuka di wilayah Asia Pasifik. Perusahaan juga memperkenalkan solusi  pengiriman baru berdasarkan penentuan waktu yaitu  FedEx International Connect Plus (FICP) yang menawarkan keunggulan dari aspek kecepatan dan harga yang menarik untuk menjawab kebutuhan konsumen yang terus meningkat terhadap layanan pengiriman internasional dan memastikan barang akan dikirimkan dalam waktu 1 hingga 5 hari kerja di wilayah tersebut.

•             Memperbaiki Visibilitas dan Mempersonalisasi Layanan: Untuk mengantisipasi pelacakan barang dan meningkatkan preferensi layanan pengiriman yang dipersonalisasi, FedEx juga meningkatkan layanan FedEx Delivery Manager, yang memungkinkan pelanggan untuk menyesuaikan waktu, lokasi dan pilihan pengirimannya. Para penjual online bisa menawarkan pelanggan untuk melacak barang, mendapatkan notifikasi dari aplikasi FedEx Mobile dan memeriksa status pesanan keluar dan masuk. FedEx juga menyediakan pengiriman yang fleksibel seperti penjemputan dan pengembalian barang dengan jaringan ritel mereka.

•             Merekrut Lebih Banyak Tenaga Kerja: FedEx Corp dan perusahaan operasionalnya berencana untuk merekrut 90.000 anggota baru di Amerika Serikat sebagai bagian dari upaya untuk menjamin ketersediaan jumlah tenaga kerja yang memadai untuk menghadapi lonjakan pengiriman.

“Tidak pernah terlalu dini untuk membuat rencana pengiriman lebih awal. Terutama saat musim liburan mendatang dengan memecahkan rekor volume pengiriman sebelumnya. Faktanya, hampir setengah dari konsumen di seluruh dunia (48%) berencana untuk memulai belanja saat liburan di awal tahun ini, termasuk 21% yang sudah mulai berbelanja di bulan September, ” kata Kawal Preet, President, Asia Pacific, Middle East and Africa (AMEA) region, FedEx Express, dlam siaran persnya (Selasa 16/11/2021)

“Di FedEx, kami berupaya untuk membantu e-tailer memenangkan penjualan e-commerce sambil menavigasi lanskap rantai pasokan yang kompleks. Dengan jaringan kami yang semakin luas, layanan yang ditingkatkan, dan rangkaian solusi e-commerce, bisnis yang termasuk para e-tailer sekarang memiliki alat dan waktu yang tepat untuk memberikan kepuasan terhadap pelanggan mereka melalui pengiriman yang cepat, fleksibel, hemat biaya, dan lancar di musim liburan ini,” lanjutny

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Ditjen PKH Kementan kordinasi cegah virus dampak kematian Kerbau

Sabtu, 20 April 2024 - 15:46 WIB

Kementan Sigap Tangani Kasus Kematian Ternak Kerbau Pampangan di Sumsel

Beberapa waktu lalu telah terjadi kasus kematian ternak kerbau pampangan di sejumlah wilayah Sumatera Selatan. Kasus ini tercatat mulai tanggal 15 Maret hingga 6 April 2024, terutama di Desa…

BNI apresiasi Thomas dan Uber Cup

Sabtu, 20 April 2024 - 13:52 WIB

Indonesia Juara di All England dan BAC, BNI Apresiasi dan Dukung Tim Thomas & Uber Cup

PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk atau BNI memberikan apresiasi setinggi-tingginya atas prestasi gemilang para atlet bulu tangkis Indonesia dalam dua turnamen bergengsi, All England 2024…

Menparekraf Sandiaga Uno

Sabtu, 20 April 2024 - 11:45 WIB

Menparekraf Sandiaga Uno Beberkan Transformasi Pariwisata Pascapandemi dalam Forum PBB di New York

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno menghadiri undangan PBB untuk berbicara pada high level meeting "UN General Assembly Sustainability Week" di New…

Sambut Hari Kartini, Hutama Karya Resmikan Fasilitas Daycare

Sabtu, 20 April 2024 - 10:59 WIB

Sambut Hari Kartini, Hutama Karya Resmikan Fasilitas Daycare

Menyambut Hari Kartini 2024, PT Hutama Karya (Persero) (Hutama Karya) secara resmi meluncurkan Daycare dan Sekolah Harmony Montessori di lingkungan perusahaan. Fasilitas ini diresmikan oleh…

OYO Berikan Layanan Komprehensif bagi Acara yang Diselenggarakan Pemerintah

Sabtu, 20 April 2024 - 10:06 WIB

OYO Berikan Layanan Komprehensif bagi Acara yang Diselenggarakan Pemerintah

OYO implementasikan kesuksesan bisnis akomodasi pemerintahan di India dengan sediakan layanan integrasi akomodasi, transportasi dan katering untuk berikan layanan komprehensif bagi acara yang…