Optimalkan Potensi ZIS di Indonesia, Baznas dan Sucofindo Resmikan UPZ Baznas Sucofindo

Oleh : Kormen Barus | Selasa, 26 Oktober 2021 - 16:34 WIB

Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) RI bersama PT SUCOFINDO (Persero) meresmikan Unit Pengumpul Zakat (UPZ) BAZNAS SUCOFINDO yang diselenggarakan di Masjid Al-Hakim PT SUCOFINDO (Persero) pada Senin (25/10/2021).
Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) RI bersama PT SUCOFINDO (Persero) meresmikan Unit Pengumpul Zakat (UPZ) BAZNAS SUCOFINDO yang diselenggarakan di Masjid Al-Hakim PT SUCOFINDO (Persero) pada Senin (25/10/2021).

INDUSTRY.co.id-Jakarta- Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) RI bersama PT SUCOFINDO (Persero) meresmikan Unit Pengumpul Zakat (UPZ) BAZNAS SUCOFINDO yang diselenggarakan di Masjid Al-Hakim PT SUCOFINDO (Persero) pada Senin (25/10/2021). Peresmian UPZ BAZNAS SUCOFINDO merupakan salah satu upaya untuk memaksimalkan potensi zakat, infak, dan sedekah (ZIS) di lingkungan PT SUCOFINDO (Persero).

Peresmian ini ditandai dengan pemberian Surat Keputusan (SK) Pembentukan UPZ BAZNAS SUCOFINDO oleh Pimpinan BAZNAS RI Rizaludin Kurniawan kepada Direktur Keuangan dan Manajemen Risiko PT SUCOFINDO (Persero) Budi Hartanto. SK ini telah sesuai dengan UU No. 23 tahun 2011 Tentang Pengelolaan Zakat dan Peraturan BAZNAS No 2 tahun 2016 Tentang Pembentukan dan Tata Kerja Unit Pengumpul Zakat. Selain itu, respons atas Instruksi Presiden Nomor 3 tahun 2014 tentang Optimalisasi Pengumpulan Zakat di Kementerian atau Lembaga, Sekretariat Jenderal Lembaga Negara, Sekretariat Jenderal Komisi Negara, Pemerintah Daerah, Badan Usaha Milik Negara, Badan Usaha Milik Daerah Melalui Badan Amil Zakat Nasional.

Pimpinan BAZNAS RI Rizaludin Kurniawan, menyambut baik peresmian UPZ BAZNAS SUCOFINDO. "Kami mengucapkan terima kasih atas silaturahim ini, kami dari BAZNAS sebagai lembaga pemerintah non struktural memiliki kewajiban untuk mensosialisasikan, mengkoordinasikan, dan mengendalikan ZIS-DSKL(Zakat Infak Sedekah - Dana Sosial Keagamaan Lainnya) agar efektif dalam pengelolaan guna menanggulangi kemiskinan dan menyejahterakan umat."

"Mudah-mudahan apa yang dilakukan PT SUCOFINDO (Persero) selaras dengan visi dan misi BAZNAS, sebagai pilihan pertama pembayar zakat dan lembaga utama menyejahterakan umat. Keterlibatan para pimpinan SUCOFINDO di UPZ ini, akan menjadi contoh positif bagi pihak lainnya, sebagai bentuk kepedulian terhadap umat," kata Rizaludin.

Selanjutnya, Rizaludin menyampaikan berdasarkan hadist Rasulullah SAW bahwa barang siapa yang menunjukkan kebaikan kepada manusia maka pahalanya itu sama seperti orang yang melakukan kebaikan tadi. Inilah ikhtiar kami. Maka dari itu UPZ hadir untuk mengingatkan kita semua dalam menunaikan zakat."

"Dalam pelaksanaanya, UPZ ini juga akan sesuai syariat Islam serta mengedepankan aman syar'i, aman regulasi, dan aman NKRI. Semoga UPZ ini dapat memberikan keberkahan bagi kita semua," ujar Rizaludin.

Sementara itu, Direktur Keuangan dan Manajemen Risiko PT SUCOFINDO (Persero) Budi Hartanto mengatakan, terbentuknya UPZ ini sebagai bentuk komitmen PT SUCOFINDO (Persero) dalam mengoptimalkan potensi penyaluran zakat, infak, dan sedekah, sehingga mampu mendukung pembangunan ekonomi nasional.

“Kami mengucapkan terima kasih atas kesempatan yang diberikan BAZNAS kepada SUCOFINDO dalam menjalin sinergi untuk bersama-sama melakukan pengelolaan zakat secara efektif dan efisien melalui pembentukan UPZ BAZNAS SUCOFINDO. Kami pun optimis dengan adanya UPZ BAZNAS SUCOFINDO ini dapat menghimpun dan menyalurkan zakat, infak, dan sedekah secara maksimal,” ujar Budi Hartanto.

Melalui pendistribusian zakat yang maksimal dan sistematis, menurut Budi Hartanto dapat menghasilkan efek domino yang positif di mana pertumbuhan ekonomi akan mewujudkan kesejahteraan sosial dan meningkatkan kualitas pendidikan, serta kualitas sumber daya manusia.

Selanjutnya, Budi Hartanto menambahkan bahwa dengan kehadiran UPZ BAZNAS SUCOFINDO ini bisa bermanfaat sebagai sarana distribusi oleh BAZNAS untuk menyejahterakan umat.

"Tak hanya itu, kami yakin pengumpulan dan penyaluran zakat, infak, serta sedekah menjadi lebih akuntabel, terutama pada pelaporan dana yang sistematis kepada pembayar zakat, infak, dan sedekah,” tutup Budi Hartanto.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Bupati Indramayu, Jawa Barat, Hj. Nina Agustina

Minggu, 05 Desember 2021 - 09:04 WIB

Bupati Indramayu Nina dan Sembilan Lainnya Nominasi Anugerah Kebudayaan PWI-HPN 2022

Sepuluh bupati/wali kota dari Pulau Sumatera, Pulau Jawa, Pulau Kalimantan, Pulau Sulawesi hingga Pulau Nusa Tengggara Barat, terpilih menjadi nomine Anugerah Kebudayaan (AK) PWI pada Hari Pers…

Ilustrasi sektor kesehatan

Minggu, 05 Desember 2021 - 08:00 WIB

Pemerintah Teken Tiga LOI Sektor Kesehatan Capai Rp 10 Miliar

Pemerintah melalui Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Kemenko Marves) melalukan penandatanganan tiga Letter of Intent (LOI) dengan 3 perusahaan alat kesehatan.

Dankormar Mayjen Mar Suhartono

Minggu, 05 Desember 2021 - 06:00 WIB

Dankormar Mayjen (Mar) Suhartono Tinjau Museum Korps Marinir TNI AL

Komandan Korps Marinir (Dankormar) Mayor Jenderal TNI (Mar) Suhartono meninjau Museum Korps Marinir (MKM) TNI AL yang berlokasi di Kesatrian Marinir Moekijat Pasmar 2 Jalan. A.Yani No. 1A Gedangan,…

Sejumlah Perwira Pasmar 1 Laksanakan Gowes Sepeda Bersama

Minggu, 05 Desember 2021 - 05:45 WIB

Sejumlah Perwira Pasmar 1 Laksanakan Gowes Sepeda Bersama

Komandan Pasmar 1 Brigjen TNI (Mar) Hermanto, S.E., M.M., menggelar kegiatan bersepeda dalam rangka olahraga bersama jajaran Pejabat Utama Pasmar 1, Jumat (03/12/2021).

Tim Triathlon Pasmar 1 Juarai Belitung Sprint Triathlon 2021

Minggu, 05 Desember 2021 - 05:30 WIB

Tim Triathlon Pasmar 1 Juarai Belitung Sprint Triathlon 2021

Tim Triathlon Pasmar 1 tampil membanggakan pada Belitung Sprint Triathlon 2021 yang dilaksanakan di Pantai Tanjung Tinggi Lorin Hotel and Resort, Belitung, Sabtu (04/12/2021).