Dapat Mandat Jadi Ketua Konfrensi Internasional U20, Anies Banjir Pujian! Warganet : Hebat! Gubernur Kelas Dunia

Oleh : Candra Mata | Sabtu, 04 September 2021 - 16:36 WIB

Gubernur Anies di forum Urban20
Gubernur Anies di forum Urban20

INDUSTRY.co.id - Jakarta, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengungkapkan bahwa Indonesia akan memimpin Presidensi G20, dan Kota Jakarta mendapat kepercayaan untuk menjadi tuan rumah Konferensi sekaligus Ketua Urban20 (U20) ditahun depan dengan mengusung tema, “Recover Together, Recover Stronger”.

"Tadi malam pada U20 Mayors Summit 2021, kami menerima mandat sebagai Ketua U20 untuk tahun 2022. Acara serah terima berlangsung secara daring, dengan tuan rumah Kota Roma dan Milan," kata Gubernur Anies seperti dikutip redaksi INDUSTRY.co.id dari unggahan di akun Facebook miliknya pada Sabtu (4/9/2021).

Dikatakan Anies lebih lanjut, sebagai ibu kota negara yang tergabung dalam anggota C40 Cities dan United Cities and Local Governments (UCLG), Jakarta menyambut positif kolaborasi dalam upaya mengatasi krisis iklim bersama kota-kota terbaik di dunia dan akan memastikan kontinuitas dalam U20 2022.

"Dalam diskusi semalam kami sampaikan kepada semua pemimpin kota U20 untuk berkolaborasi, bersatu, dan memperluas upaya terbaiknya untuk memenuhi target kolektif dari Perjanjian Paris dan SDGs. Kita juga terus akan meningkatkan integrasi vertikal dalam pembuatan kebijakan dan implementasinya dengan negara-negara sahabat," jelas Anies.

"Terima kasih atas kesempatannya untuk menjadi Ketua Urban20, kami tunggu kedatangan Anda di Jakarta pada 2022," sambung Anies.

Kemudian, pada sesi kedua diskusi U20 Mayors Summit 2021, Anies diforum internasional tersebut menyampaikan enam isu perkotaan pasca pandemi yang akan menjadi bahan dalam penentuan agenda Mayor Summit U20 tahun depan di Jakarta, yakni:

(1) Perumahan yang produktif dan terjangkau.

(2) Masa depan industri properti di perkotaan.

(3) Akses mobilitas yang berkelanjutan untuk penduduk.

(4) Masa depan dunia kerja dengan adanya pengangguran secara global, serta tuntutan keahlian-keahlian baru untuk mendukung industri berwawasan lingkungan dan ekonomi digital.

(5) Berkurangnya interaksi sosial selama pembatasan yang berpengaruh terhadap kesehatan mental penduduk.

(6) Bertambahnya jumlah yatim piatu akibat pandemi COVID-19, serta bagaimana kota dapat menjamin masa depan mereka.

"Kami berharap dapat bekerja sama dengan Anda semua, para pemimpin kota U20, penyelenggara dan mitra untuk memperkuat suara kolektif kita dalam presidensi Indonesia pada G20 berikutnya," ujar Anies.

"It is time to reflect, It is time to reset, But more importantly, It is time to act together (Ini adalah saatnya untuk bergerak bersama, karena masa depan kota ada di tangan kita semua)," tutup paparan Anies.

Hingga berita ini dibuat, unggahan Anies tersebut telah menuai beragam ucapan selamat dan apresiasi dari masyarakat luas (warganet).

"Masya Allah...luar biasa, kepercayaan dunia & apresiasi utk pak Anies. Selamat pak Anies,  ikut bangga, semoga acaranya nanti sukses & selalu amanah," sebut Wibawani Panca.

"selamat pak anies, di beri amanah menjadi ketua U20 semoga kepintaran bapak dan ketenangan yg bapak miliki menular ke seluruh dunia...yang pasti dengan terpilihnya pak anies mengkonfirmasi bahwa kepemimpinan pak anies di akui dunia," ujar Yogi Rangkayo.

"Kelas internasional....Meski jabatan "hanya" gubernur, telah sering mengharumkan nama bangsa karena kecerdasan beliau," ucap Suhadi Mawon.

"Keren....kelas dunia, hebat pak Anies Baswedan," imbuh Sri Hardo.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Menteri Basuki Dampingi Presiden Jokowi Resmikan Bendung dan Jaringan Irigasi Gumbasa, Pulihkan Pasokan Air untuk Sentra Pangan di Sigi

Jumat, 29 Maret 2024 - 04:19 WIB

Menteri Basuki Dampingi Presiden Jokowi Resmikan Bendung dan Jaringan Irigasi Gumbasa, Pulihkan Pasokan Air untuk Sentra Pangan di Sigi

Presiden Joko Widodo (Jokowi) didampingi Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono, Menteri Pertanian Andi Amran Sulaiman, Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin,…

Direktur Utama Bank Mandiri Taspen memberikan Sambutan jelang Pengundian Pemenang Mandiri Taspen Bertabur Hadiah 900 juta dalam rangka ulang tahun ke-9

Jumat, 29 Maret 2024 - 04:06 WIB

Ini Para Pemenang Undian Bertabur Hadiah Bank Mandiri Taspen 900 Juta

Bank Mandiri Taspen mengumumkan para pemenang program undian "Bertabur Hadiah Bank Mandiri Taspen 900 Juta" kemarin

Peluncuran Game dan Lagu Tema, “Bae” - Rap Version

Jumat, 29 Maret 2024 - 03:52 WIB

bubbME.AI Meluncurkan Game dan Lagu Tema, “Bae” - Rap Version di Indonesia Pavilion di SXSW 2024

Salah satu dari sepuluh startup di ‘Indonesia Pavilion’ SXSW 2024, bubbME.AI: Gim ponsel ‘peliharaan’ pertama di dunia yang memberikan edukasi dan mengatasi Kekerasan Berbasis Gender…

PointStar gelar acara “Iftar Insights: Understand Retail Business Continuity & Operational Challenges during Ramadan”.

Jumat, 29 Maret 2024 - 00:47 WIB

PointStar Dukung Pemerintah Capai Target Pertumbuhan Lewat Transformasi Digital

PointStar berkomitmen untuk menyediakan solusi teknologi yang inovatif dan terdepan untuk membantu perusahaan ritel menghadapi tantangan perekonomian global dan lokal.

Kolaborasi Bank DKI dan PT Jalin Pembayaran Nusantara, Kini Nasabah Bank DKI Bisa Tarik Tunai Tanpa Kartu di ATM BRI

Kamis, 28 Maret 2024 - 22:44 WIB

Kolaborasi Bank DKI dan PT Jalin Pembayaran Nusantara, Kini Nasabah Bank DKI Bisa Tarik Tunai Tanpa Kartu di ATM BRI

Jakarta – Bank DKI kembali menunjukkan komitmennya dalam memberikan layanan terbaik kepada nasabah khususnya dalam layanan digital.