Sudah Menjadi Gaya Hidup, Kenali Dampak Dari Digitalisasi

Oleh : Chodijah Febriyani | Selasa, 22 Juni 2021 - 07:30 WIB

Ilustrasi Era Digitalisasi
Ilustrasi Era Digitalisasi

INDUSTRY.co.id - Digitalisasi telah mengubah interaksi sosial di masyarakat. Dengan bantuan teknologi yang sebenarnya memudahkan kehidupan, di balik itu terdapat kehati-hatian gaya hidup yang membuat masyarakat menjadi individualis.

“Dampak dari Digitalisasi, tumbuhnya orang-orang berego tinggi, orang yang lebih mengutamakan dirinya sendiri ketimbang orang lain,” ujar Syarifudin Yunus, Kepala Program TBM Lentera Pustaka saat webinar Literasi Digital wilayah Kota Bekasi, Jawa Barat I, Selasa (15/6/2021).

Lebih jauh Syarifudin mengungkapkan, digitalisasi telah membuat perubahan kehidupan sosial yang tidak lagi dibangun berdasarkan kolektivitas tapi dibangun berdasarkan egoisme dan individualisme. Konsekuensinya interaksi yang bersifat tatap muka akan semakin tersingkirkan.

Hal tersebut menjadi sinyal kehati-hatian bahwa digital telah menjadi gaya hidup. Padahal interaksi bersifat tatap muka harus tetap dipelihara sehingga tidak tersingkir dan agar menjadi lawan tanding dari egoisme, individualisme yang muncul akibat digital.

“Contoh kecil dari perspektif pendidikan bagaimana dampak digital saat pandemi ini lembaga pendidikan formal menjadi runtuh, tak ada lagi ruang-ruang kelas,” ujar Syafrudin.

Sejak pandemi, sekolah bukan satu-satunya tempat belajar karena proses belajar daring telah melepas dari pemaksa internal dengan materi baku dan waktu belajar menjadi bersifat flexibel.

Pendidikan sekarang juga menjadi sangat tergantung kepada anak dan orang tua artinya sekolah sebagai lembaga pendidikan harus menempatkan diri sebagai fasilitator bukan lagi memvonis seorang anak berhasil atau tidak berhasil.

Pendidikan juga tak lagi terbatas dari nilai-nilai yang tertera di dalam rapor dan angka-angka yang belum tentu merepresentasikan keadaan anak yang sebenarnya.

“Institusi pembelajaran formal bukan satu-satunya, saya tidak bilang tidak penting tetapi bukan satu-satunya tempat untuk belajar. Ada ruang lain untuk belajar seperti di RT, RW bahkan di ruang digital untuk pembelajaran,” sebutnya.

Peran-peran digital yang harus dikedepankan dibangun ke depan adalah kegotongroyongan, humanis, bukan egoisme dan individualis. Ketika digital harus dihadapkan pada interaksi sosial akan kembali kepada pengguna membawanya ke arah positif atau negatif.

“Dalam menggunakan digital hanya satu kata yang dibutuhkan yaitu literasi yang diartikan sebagai kemampuan memahami realitas,” tuturnya.

Webinar Literasi Digital untuk wilayah Kota Bekasi, Jawa Barat I merupakan bagian dari sosialisasi Gerakan Nasional Literasi Digital 2021 yang diselenggarakan oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika bekerja sama dengan Siberkreasi.

Di webinar kali ini hadir pula narasumber lainnya yaitu CMO Kadobox Henry Victor, Sekjen Relawan TIK Indonesia Said Hasibuan, dan Content Creator bandungtanpakamu, Vhie Saliendra. Kegiatan ini merupakan bagian dari program Literasi Digital di 34 Provinsi dan 514 Kabupaten dengan 4 pilar utama. Di antaranya digital skills, digital ethics, digital safety dan digital culture untuk membuat masyarakat Indonesia semakin cakap digital

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Penandantanganan kerja sama Singapore Tourism Board dan GDP Venture yang manfaatkan teknologi AI.

Jumat, 26 April 2024 - 22:52 WIB

Lanjutkan Kemitraan, Singapore Tourism Board dan GDP Venture Manfaatkan Teknologi AI

Kolaborasi strategi pemasaran yang komprehensif dan unik ini memanfaatkan kekuatan berbagai perusahaan dalam portofolio GDP Venture untuk meningkatkan kesadaran sekaligus mendorong pertumbuhan…

Kota Podomoro Tenjo

Jumat, 26 April 2024 - 17:08 WIB

Kota Podomoro Tenjo Luncurkan Tiga Produk Properti Terbaru

Kota Podomoro Tenjo meluncurkan 3 (tiga) produk properti terbaru melalui pameran properti bertajuk “Fantastic Milenial Home; Langkah Mudah Punya Rumah” yang berlangsung selama tanggal 23…

Ilustrasi perumahan

Jumat, 26 April 2024 - 16:44 WIB

Bogor dan Denpasar Jadi Wilayah Paling Konsisten dalam Pertumbuhan Harga Hunian di Kuartal I 2024

Sepanjang Kuartal I 2024, Bogor dan Denpasar menjadi wilayah paling konsisten dan resilient dalam pertumbuhan harga dan selisih tertinggi di atas laju inflasi tahunan

Bank Raya

Jumat, 26 April 2024 - 16:33 WIB

Bank Raya Kembali Torehkan Pertumbuhan Laba Double Digit di Triwulan 1 Tahun 2024

Fokus Bank Raya di 2024 adalah berinvestasi pada pertumbuhan bisnis yang  berkualitas untuk menjadikan Bank Raya sebagai bank digital utama untuk segmen mikro dan kecil. Strategi pengembangan…

Frasers Group Asia dan MAPA Menjalin Kerjasama untuk Hadirkan Sports Direct Pertama di Indonesia, Berlokasi di Kota Kasablanka Mall

Jumat, 26 April 2024 - 15:10 WIB

Frasers Group Asia dan MAPA Menjalin Kerjasama untuk Hadirkan Sports Direct Pertama di Indonesia, Berlokasi di Kota Kasablanka Mall

Sebagai bagian dari ekspansinya di Asia Tenggara, Sports Direct Malaysia, Sdn Bhd ("Frasers Group Asia") – afiliasi dari grup ritel internasional terkemuka Frasers Group plc ("Frasers Group",…