Miris dan Bikin Sedih! Mudik Dilarang, Karyawan PO Bus Menjerit Tak Puya Uang

Oleh : Ridwan | Senin, 03 Mei 2021 - 10:40 WIB

ilustrasi PO Bus (Antara)
ilustrasi PO Bus (Antara)

INDUSTRY.co.id - Jakarta - Pemerintah telah menetapkan aturan tentang larangan mudik pada 6 Mei - 17 Mei 2021 sebagai upaya pencegahan penyebaran virus COVID-19. Hal ini membuat karyawan sejumlah PO bus menjerit karena penurunan drastis jumlah penumpang.

"Penumpang gak ada, untuk sekarang penumpang sepi mungkin karena takut pulang," kata salah satu supir PO bus, Agus di Jakarta, kemarin

Meskipun sepi, Agus mengaku tetap bekerja untuk menyetir armadanya melakukan perjalanan antar provinsi. Agus melanjutkan bahwa selama masa pengetatan ini belum ada penyekatan untung kendaraan bus.

"Untuk sekarang ya belum, kalau nanti gatau ya. Untuk sekarang dari brebes,cikampek,cawang tidak ada penyekatan," lanjutnya.

Keadaan sepi penumpang menurutnya sangat mempengaruhi pendapatannya selaku karyawan armada bus. Lantaran tersebut ia masih berharap pemerintah bisa melihat situasi karyawan armada bus yang terpengaruh akibat adanya larangan mudik.

"Pendapatan turun, nol besar. Maunya seperti biasa aja, yang penting tetep protokol kesehatan, prinsipnya gitu. Biar pemerintah tau kendala orang-orang kendaraan. Sulit, makan aja sulit," tegasnya.

Sebelumnya, ketika larangan mudik diselenggarakan akan terdapat dua terminal yang tetap beroperasi setelah adanya koordinasi antara Dinas Perhubungan dengan Kementerian Perhubungan.

Dalam koordinasi tersebut disimpulkan agar mobilitas ke Jakarta Barat dan Jakarta Timur tetap dapat difasilitasi. Untuk wilayah Jakarta Barat, terminal terdekat ada di Kalideres, begitu pula dengan Terminal Pulo Gebang Jakarta Timur, memiliki akses mobilitas cukup dekat.

Kendati demikian pemeriksaan Surat Izin Keluar Masuk (SIKM) Jakarta akan diberlakukan di Terminal Kalideres dan Pulo Gebang. Pemeriksaan berlaku pada periode 6-17 Mei.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Founder & Chairman Jababeka Group Setyono Djuandi Darmono

Selasa, 18 Mei 2021 - 16:15 WIB

Kisruh di Jababeka Berakhir! Budianto Liman Tetap Dirut, Darmono Komut

Jakarta - Kisruh di PT Kawasan Industri Jababeka Tbk (KIJA) sudah berakhir. Manajemen lama perseroan memenangkan persidangan di pengadilan setelah proses hukumnya terus bergulir sejak 2019.

Irfan Setiaputra Dirut Garuda Indonesia

Selasa, 18 Mei 2021 - 16:00 WIB

GIA Group Layani Penerbangan dengan Pilot dan Awak Kabin yang Telah Mendapat Vaksinasi

Garuda Indonesia Group melalui lini layanan penerbangan Garuda Indonesia dan Citilink, menjadi maskapai penerbangan nasional pertama di Indonesia yang melayani penerbangan dengan pilot dan awak…

Kawasan Industri Jababeka (Istimewa)

Selasa, 18 Mei 2021 - 15:39 WIB

Triwulan I-2021, Pendapatan Jababeka Melesat 35% Jadi Rp640,60 Miliar

Jakarta - PT Jababeka Tbk (KIJA) membukukan total pendapatan Rp 640,60 miliar pada triwulan pertama 2021. Itu artinya, pendapatan perusahaan properti tersebut tumbuh 35% jika dibandingkan di…

Chairman INEOS Sir Jim Ratcliffe

Selasa, 18 Mei 2021 - 15:00 WIB

INEOS Grenadier Teruji Tangguh di Medan Pegunungan

Prototipe Grenadier generasi terbaru ini telah disetujui oleh Chairman INEOS, Sir Jim Ratcliffe, setelah menaklukkan jalur menantang di gunung Schöckl, di dekat kantor pusat Magna Steyr di…

Summarecon Mall Kelapa Gading

Selasa, 18 Mei 2021 - 14:24 WIB

Wow, Serunya Mubarak Celebration di Summarecon Mall Kelapa Gading, Ayo Catat Tanggalnya

Jakarta-Menyambut bulan suci Ramadhan dan menuju hari kemenangan Hari Raya Idul Fitri 1442 H, Summarecon Mall Kelapa Gading menghadirkan program belanja “Mubarak Celebration”, berlangsung…