Menteri Arifin Raih Gelar Insinyur Profesional Utama Dari ASEAN Federation Engineering Organization

Oleh : Hariyanto | Selasa, 29 Desember 2020 - 17:04 WIB

Menteri Arifin Raih Gelar Insinyur Profesional Utama Dari ASEAN Federation Engineering Organization
Menteri Arifin Raih Gelar Insinyur Profesional Utama Dari ASEAN Federation Engineering Organization

INDUSTRY.co.id - Jakarta - Asosiasi Profesi Persatuan Insinyur Indonesia (PII) ASEAN memberikan gelar Insinyur Profesional Utama (IPU) atau (Distinguished Honorary Fellow) kepada Menteri Energi Dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Arifin Tasrif. 

Penyematan dilakukan oleh Majelis Penilai Badan Kejuruan Teknik-Industri Persatuan Insinyur Indonesia (BKTI-PII). Menteri ESDM berharap, dengan pemberian gelar ini akan dapat memacu untuk dapat berbuat lebih besar lagi untuk kepentingan bangsa dan negara.

"Saya mengucapkan terima kasih atas apresiasi yang tinggi atas perhatian yang diberikan PII, ini merupakan suatu kehormatan buat saya dan saya berharap pemberian penghargaan juga ini bisa mendorong orang orang lain untuk menekuni profesinya masing-masing," ujar Menteri ESDM Arifin Tasrif usai menerima penghargaan, Senin (28/12/2020).

Sumber daya manusia (SDM), menurut Arifin, sesuatu yang penting, karena SDM yang mumpuni itu banyak membantu pekerjaan dan ini harus menjadi suatu pemikiran dari PII bagaimana bisa mendorong kader baru untuk bisa menghasilkan suatu pengembangan penelitian yang menghasilkan output yang bermanfaat.

"Kita akan terus mendorong pengembangan sumber daya manusia kita. Kita akan mendorong para sarjana-sarjana kita untuk bisa mendapatkan kesempatan pendidikan yang lebih tinggi ke jenjang S2 atau S3 kita akan dorong ini," lanjut Arifin.

Selain pengembangan kompetensi diri, diperlukan juga penelitian yang menghasilkan teknologi, dalam hal ini teknologi yang bisa dikembangkan dan berkontribusi besar, khususnya di bidang energi.

Indonesia, menurut Arifin, mampu untuk mandiri energi karena Indonesia memiliki beragam sumber-sumber energi yang dapat dimanfaatkan untuk kepentingan bangsa dan negara.

"Kita punya sinar matahari cukup intens kemudian kita punya sumber energi geothermal, kita punya sumber energi air yang cukup besar dan kita juga punya sumber energi fosil juga yang sangat banyak, sekarang tinggal kita bagaimana memanfaatkannya secara optimal sehingga sustainability energi itu bisa terjamin hingga jangka panjang," jelas Arifin.

Kementerian ESDM, lanjut Arifin, sedang menyusun strategi energi di masa depan agar Indonesia dapat memenuhi komitmen di dunia untuk menghasilkan energi yang bersih dan lebih ramah lingkungan.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

CEO YAMADA Consulting & Spire yang juga Executive Officer dan Head of Global Business Development YAMADA Consulting Group Ryosuke Funayama (kedua dari kanan) dan COO YAMADA Consulting & Spire Jeffrey Bahar (pertama dari kanan) didampingi beberapa staf berpose bersama di kantor pusat YAMADA Consulting Group, Tokyo, Jepang, belum lama ini.

Senin, 29 April 2024 - 17:09 WIB

Keren! Spire Research and Consulting Rebranding Jadi YAMADA Consulting & Spire

Jakarta-Spire Research and Consulting, perusahaan riset dan konsultasi bisnis terkemuka Asia Pasifik yang berpusat di Singapura, menyatakan saat ini telah terintegrasi penuh dengan YAMADA Consulting…

Kinerja Kuartal I/2024, Penyaluran Kredit dan Pembiayaan BTN Tembus Rp344,2 Triliun

Senin, 29 April 2024 - 16:54 WIB

Top! Kinerja Kuartal I/2024 Penyaluran Kredit dan Pembiayaan BTN Tembus Rp344,2 Triliun

Jakarta – Strategi PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk (BTN) untuk fokus mengembangkan segmen high yield dan komersial mulai membuahkan hasil.

Maskapai Garuda Indonesia

Senin, 29 April 2024 - 16:52 WIB

Tingkatkan Pertumbuhan Pariwista GIA Buka Rute Manado Denpasar PP Jakarta– Maskapai penerbangan nasional Garuda Indonesia terus memperkuat

Maskapai penerbangan nasional Garuda Indonesia terus memperkuat komitmennya dalam mengoptimalkan pertumbuhan pariwisata nasional melalui perluasan jaringan penerbangan ke berbagai destinasi…

Ratusan Calon Investor Bidang Transportasi Hadiri Familiarisasi Konsep “Kota Masa Depan” Nusantara

Senin, 29 April 2024 - 16:38 WIB

Ratusan Calon Investor Bidang Transportasi Hadiri Familiarisasi Konsep “Kota Masa Depan” Nusantara

Intelligent Transport System (ITS) Indonesia bekerja sama dengan Otoritas Ibu Kota Nusantara (OIKN) mengadakan sesi pertemuan daring dengan ratusan calon investor bidang transportasi…

Lippo Karawaci Tbk

Senin, 29 April 2024 - 16:32 WIB

LPKR Incar Pertumbuhan Bisnis Pusat Perbelanjaan

PT Lippo Karawaci Tbk. (LPKR), platform real estat dan layanan kesehatan terkemuka di Indonesia, optimis mencatatkan pertumbuhan kinerja bisnis mal pada 2024, meneruskan tren positif pada tahun…