Pupuk Kaltim Raih Penghargaan Lighthouse Industry 4.0 dari Kemenperin

Oleh : Herry Barus | Kamis, 26 November 2020 - 17:00 WIB

Pupuk Kaltim Raih Penghargaan Lighthouse Industry 4.0 dari Kemenperin
Pupuk Kaltim Raih Penghargaan Lighthouse Industry 4.0 dari Kemenperin

INDUSTRY.co.id - Jakarta- Pupuk Kaltim meraih penghargaan Lighthouse Industry 4.0 dari Kementerian Perindustrian RI,sebagai apresiasi keberhasilan implementasi transformasi industri 4.0, sekaligus menjadi role model bagi perusahaan dan dunia industri tanah air. Penghargaan ini diterima oleh SEVP Komersil Pupuk Kaltim Meizar Effendi, dari Kementerian Perindustrian pada Rabu (25/11) di Hotel Mulia, Jakarta.

Dijelaskan Meizar, implementasi teknologi industri 4.0 dalam aktivitas bisnis Pupuk Kaltim, merupakan dukungan Perusahaan terhadap implementasi Making Indonesia 4.0, melalui berbagai inovasi berbasis digital yang diterapkan di lingkungan Perusahaan. Selain itu juga sebagai bentuk dukungan terhadap percepatan pemulihan industri nasional, melalui akselerasi transformasi industri 4.0 yang terus didorong oleh Pemerintah.

Hal ini merupakan komitmen dan konsistensi Pupuk Kaltim dalam mengimplementasikan teknologi berbasis industri 4.0 di seluruh lini Perusahaan, mulai dari Smart Operation, Smart Maintenance, Smart Distribution, hingga Digital Performance Management System. Melalui berbagai inovasi yang diterapkan, Pupuk Kaltim mampu meningkatkan kinerja secara signifikan, hingga berdampak pada pencapaian target serta daya saing Perusahaan. “Implementasi industri 4.0 di Pupuk Kaltim tak lepas dari faktor kultur SDM, dimana karyawan turut berperan aktif di masing-masing unit kerja,” kata Meizar.

Penerapan digitalisasi industri merupakan jawaban Pupuk Kaltim akan tantangan disrupsi masa kini, untuk terus mampu menghadapi iklim kompetisi yang semakin ketat. Apalagi di tengah pandemi Covid-19, Pupuk Kaltim terus berupaya maksimal untuk meningkatkan performa Perusahaan melalui transformasi bisnis yang berorientasi pada implementasi industri 4.0, dengan menerapkan Artificial Intelligence dan metode forecasting.

Seluruh inovasi yang dikembangkan jelas berdampak pada efisiensi dan kinerja, sekaligus meningkatkan aspek competitiveness Perusahaan. “Bahkan untuk memaksimalkan inovasi, Pupuk Kaltim juga bekerjasama dengan berbagai institusi dan lembaga pendidikan maupun riset di Indonesia untuk berbagai terobosan berbasis digital,” tambah Meizar.

Penghargaan Lighthouse Industri 4.0 menjadi kebanggaan bagi Pupuk Kaltim, karena dinilai mampu menjadi role model implementasi Making Indonesia 4.0 sekaligus percontohan oleh perusahaan lain di Indonesia. Pupuk Kaltim juga telah melakukan pembenahan dan perbaikan seluruh resources untuk optimalisasi digital di lingkungan Perusahaan. “Penghargaan ini menjadi dorongan bagi Pupuk Kaltim untuk terus meningkatkan kinerja, khususnya pengembangan teknologi informasi dan digitalisasi industri untuk peningkatan daya saing Perusahaan di kancah nasional maupun global,” terang Meizar.

Lighthouse Industry 4.0 didasari pada sejumlah aspek transformasi digital yang dilakukan perusahaan pada beberapa tahap, di antaranya pendefinisian komitmen dari manajemen puncak ke level paling bawah dan perumusan target perusahaan secara jelas, pengembangan kompetensi digital dengan mengubah mindset, budaya kerja dan organisasi menuju digital attitude, serta scalling up melalui pengembangan kemampuan dan adopsi model operasional yang baru dan efisien untuk diterapkan di lingkungan perusahaan. Adanya lighthouse dapat menjadi pembelajaran bagi industri lain dalam bertransformasi menuju industri 4.0, sehingga ke depan semakin banyak lighthouse yang tersebar di seluruh wilayah Indonesia

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Halalbihalal Idul Fitri 1445 H, Menteri Basuki Ingatkan Insan PUPR Perbarui Niat Kerja untuk Ibadah

Selasa, 16 April 2024 - 14:03 WIB

Halalbihalal Idul Fitri 1445 H, Menteri Basuki Ingatkan Insan PUPR Perbarui Niat Kerja untuk Ibadah

Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) menggelar kegiatan Halalbihalal di kantor Kementerian PUPR pada hari pertama masuk kantor usai Libur Idul Fitri 1445 H, Selasa (16/4/2024),…

Atasi Downtime, Simak Strategi Ini Agar Hybrid Meeting Berjalan Lancar

Selasa, 16 April 2024 - 13:53 WIB

Atasi Downtime, Simak Strategi Ini Agar Hybrid Meeting Berjalan Lancar

Penerapan sistem kerja hybrid di Indonesia semakin bertambah. Survei Logitech mengenai "Hybrid Work Trend & Insights Indonesia 2023" menunjukkan adanya peningkatan yang signifikan (27%) dalam…

Xiaomi Ramadan Xtra

Selasa, 16 April 2024 - 10:48 WIB

Promo Ramadan Xtra Xiaomi Hadirkan Potongan Harga Hingga 800 Ribu Rupiah

Ramadan 2024 menjadi istimewa karena suasana telah kembali normal, memungkinkan setiap orang sepenuhnya mengabdikan diri pada ibadah, doa, serta memperkuat ikatan keluarga dan kerabat.

Panglima Jenderal TNI Agus Subiyanto Tinjau Arus Balik Lebaran 1445 H/2024

Selasa, 16 April 2024 - 10:12 WIB

Panglima Jenderal TNI Agus Subiyanto Tinjau Arus Balik Lebaran 1445 H/2024

Panglima TNI Jenderal TNI Agus Subiyanto bersama Menko PMK Muhadjir Effendy, Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi dan Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo meninjau pelaksanaan arus…

Hutama Karya Kantongi Laba Bersih Rp 1, 872 Triliun

Selasa, 16 April 2024 - 09:42 WIB

Hutama Karya Kantongi Laba Bersih Rp 1, 872 Triliun

Tidak lama ini, Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir memberi apresiasi positif PT Hutama Karya (Persero) (Hutama Karya) sebagai BUMN yang tergolong “sehat”.