Dahsyat! RI Bawa Pulang Rp 2,2 Triliun dari Perusahaan Sarang Burung Walet Asal China

Oleh : Ridwan | Jumat, 30 Oktober 2020 - 11:15 WIB

Sarang Burung Walet
Sarang Burung Walet

INDUSTRY.co.id - Jakarta - Duta Besar RI untuk China merangkap Mongolia, Djauhari Oratmangun menghadiri rangkaian kegiatan The 2020 China Bird's Nest Industry Annual Conference pada tanggal 27 - 30 Oktober 2020 di Xiamen, Fujian, China.

Dalam kesempatan tersebut, Duber Djauhari didampingi Konsuk Jenderal RI di Guangzhou, Gustanto, dan Atase Perdagangan KBRI Beijing, Marina Novira.

Dubes Djauhari juga diundang untuk berikan keynote speech sekaligus promosikan Sarang Burung Walet Indonesia. 

Saat ini, jelas Djauhari, Indonesia merupakan produsen sarang burung walet terbesar di dunia. Tiongkok merupakan konsumen sarang burung walet terbesar di dunia. 

"Dari Januari hingga Agustus 2020, Tiongkok mengimpor USD 275,7 juta, di mana 73,7 persen impor Tiongkok berasal dari Indonesia dengan total nilai impor sebesar USD 203 juta. Meningkat 90,3 persen dibandingkan dengan impor sarang burung walet Tiongkok dari Indonesia pada tahun 2019 dalam periode yang sama, saya berharap kerja sama ini dapat terus kita tingkatkan, karena saya percaya, masyarakat Tiongkok sangat menyukai the Caviar of the East dari Indonesia ini!," ungkap Djauhari melalui keterangan tertulisnya, Jumat (30/10).

Ia bersama rombongan juga mengunjungi dua pabrik importir dan pengolahan sarang burung walet Indonesia yang besar di China, yakni Da Zhou Xin Yan (Xiamen) Bio-tech Co. Ltd, yang menggunakan 90 persen produk olahannya dari sarang burung walet asal Indonesia, serta Xiamen Yan Palace Seelong Food Co. Ltd, yang menggunakan 100 persen produk olahannya dari sarang burung walet asal Indonesia.

Dalam kunjungannya ke Xiamen Yan Palace Seelong Food Co. Ltd, dia bersama dengan Huang Jian, Chairman dari perusahaan dimaksud menyaksikan penandatanganan Letter of Intent for Purchase (LOI), antara General Manager of Production Center, Huang Danyan dengan Atase Perdagangan KBRI Beijing, Marina Novira Anggraini. 

Dalam LOI, disebutkan bahwa perusahaan ini akan mengimpor sebanyak 80 ton sarang burung walet Indonesia dengan total value sebesar USD 150 juta atau senilai dengan sekitar Rp 2,2 triliun pada tahun 2021.

"Saat ini baru 23 perusahaan sarang burung walet yang terdaftar di China Custom dan secara resmi dapat mengekspor ke Tiongkok, kami masih membahas secara intens dengan pemerintah Tiongkok, agar penambahan 13 perusahaan yang telah di inspeksi oleh mereka pada Desember tahun lalu serta permohonan izin peningkatan kapasitas volume ekspor dari seluruh perusahaan terdaftar dapat segera selesai, sehingga nilai ekspor produk sarang burung walet dapat bertambah, mengingat demand yang sangat signifikan di Tiongkok," ucap Marina.

Selain menyampaikan gagasan upaya peningkatan kerja sama antara dua negara di bidang ekspor sarang burung walet, dalam paparannya, Djauhari juga mengajak seluruh peserta konferensi dan anggota CAWA untuk mengikuti Trade Expo Indonesia Virtual Exhibition 2020 (TEI – VE 2020) yang akan berlangsung tanggal 10 – 16 November 2020 secara online.

Bersama influencer yang dipekerjakan khusus oleh dua importir besar China tersebut, Djauhari Oratmangun juga melakukan live selling melalui beberapa platform besar di China seperti Pinduoduo, TikTok, Tmall dan Taobao, untuk mempromosikan berbagai macam produk yang berbahan baku sarang burung walet asal Indonesia.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Menparekraf Sandiaga Uno membuka Road to Run for Independence (RFID) 2024 yang diigelar untuk peringati Hari Kartini

Jumat, 26 April 2024 - 23:19 WIB

Gelorakan Gaya Hidup Sehat di Kalangan Perempuan, RFID Kembali Digelar di Hari Kartini

Road to RFID 2024 ini diadakan dengan mengambil momentum Hari Kartini yang jatuh pada 21 April, dengan misi menggelorakan kembali semangat dan gaya hidup sehat di kalangan kaum perempuan

Penandantanganan kerja sama Singapore Tourism Board dan GDP Venture yang manfaatkan teknologi AI.

Jumat, 26 April 2024 - 22:52 WIB

Lanjutkan Kemitraan, Singapore Tourism Board dan GDP Venture Manfaatkan Teknologi AI

Kolaborasi strategi pemasaran yang komprehensif dan unik ini memanfaatkan kekuatan berbagai perusahaan dalam portofolio GDP Venture untuk meningkatkan kesadaran sekaligus mendorong pertumbuhan…

Kota Podomoro Tenjo

Jumat, 26 April 2024 - 17:08 WIB

Kota Podomoro Tenjo Luncurkan Tiga Produk Properti Terbaru

Kota Podomoro Tenjo meluncurkan 3 (tiga) produk properti terbaru melalui pameran properti bertajuk “Fantastic Milenial Home; Langkah Mudah Punya Rumah” yang berlangsung selama tanggal 23…

Ilustrasi perumahan

Jumat, 26 April 2024 - 16:44 WIB

Bogor dan Denpasar Jadi Wilayah Paling Konsisten dalam Pertumbuhan Harga Hunian di Kuartal I 2024

Sepanjang Kuartal I 2024, Bogor dan Denpasar menjadi wilayah paling konsisten dan resilient dalam pertumbuhan harga dan selisih tertinggi di atas laju inflasi tahunan

Bank Raya

Jumat, 26 April 2024 - 16:33 WIB

Bank Raya Kembali Torehkan Pertumbuhan Laba Double Digit di Triwulan 1 Tahun 2024

Fokus Bank Raya di 2024 adalah berinvestasi pada pertumbuhan bisnis yang  berkualitas untuk menjadikan Bank Raya sebagai bank digital utama untuk segmen mikro dan kecil. Strategi pengembangan…