Dahsyat! RI Bawa Pulang Rp 2,2 Triliun dari Perusahaan Sarang Burung Walet Asal China

Oleh : Ridwan | Jumat, 30 Oktober 2020 - 11:15 WIB

Sarang Burung Walet
Sarang Burung Walet

INDUSTRY.co.id - Jakarta - Duta Besar RI untuk China merangkap Mongolia, Djauhari Oratmangun menghadiri rangkaian kegiatan The 2020 China Bird's Nest Industry Annual Conference pada tanggal 27 - 30 Oktober 2020 di Xiamen, Fujian, China.

Dalam kesempatan tersebut, Duber Djauhari didampingi Konsuk Jenderal RI di Guangzhou, Gustanto, dan Atase Perdagangan KBRI Beijing, Marina Novira.

Dubes Djauhari juga diundang untuk berikan keynote speech sekaligus promosikan Sarang Burung Walet Indonesia. 

Saat ini, jelas Djauhari, Indonesia merupakan produsen sarang burung walet terbesar di dunia. Tiongkok merupakan konsumen sarang burung walet terbesar di dunia. 

"Dari Januari hingga Agustus 2020, Tiongkok mengimpor USD 275,7 juta, di mana 73,7 persen impor Tiongkok berasal dari Indonesia dengan total nilai impor sebesar USD 203 juta. Meningkat 90,3 persen dibandingkan dengan impor sarang burung walet Tiongkok dari Indonesia pada tahun 2019 dalam periode yang sama, saya berharap kerja sama ini dapat terus kita tingkatkan, karena saya percaya, masyarakat Tiongkok sangat menyukai the Caviar of the East dari Indonesia ini!," ungkap Djauhari melalui keterangan tertulisnya, Jumat (30/10).

Ia bersama rombongan juga mengunjungi dua pabrik importir dan pengolahan sarang burung walet Indonesia yang besar di China, yakni Da Zhou Xin Yan (Xiamen) Bio-tech Co. Ltd, yang menggunakan 90 persen produk olahannya dari sarang burung walet asal Indonesia, serta Xiamen Yan Palace Seelong Food Co. Ltd, yang menggunakan 100 persen produk olahannya dari sarang burung walet asal Indonesia.

Dalam kunjungannya ke Xiamen Yan Palace Seelong Food Co. Ltd, dia bersama dengan Huang Jian, Chairman dari perusahaan dimaksud menyaksikan penandatanganan Letter of Intent for Purchase (LOI), antara General Manager of Production Center, Huang Danyan dengan Atase Perdagangan KBRI Beijing, Marina Novira Anggraini. 

Dalam LOI, disebutkan bahwa perusahaan ini akan mengimpor sebanyak 80 ton sarang burung walet Indonesia dengan total value sebesar USD 150 juta atau senilai dengan sekitar Rp 2,2 triliun pada tahun 2021.

"Saat ini baru 23 perusahaan sarang burung walet yang terdaftar di China Custom dan secara resmi dapat mengekspor ke Tiongkok, kami masih membahas secara intens dengan pemerintah Tiongkok, agar penambahan 13 perusahaan yang telah di inspeksi oleh mereka pada Desember tahun lalu serta permohonan izin peningkatan kapasitas volume ekspor dari seluruh perusahaan terdaftar dapat segera selesai, sehingga nilai ekspor produk sarang burung walet dapat bertambah, mengingat demand yang sangat signifikan di Tiongkok," ucap Marina.

Selain menyampaikan gagasan upaya peningkatan kerja sama antara dua negara di bidang ekspor sarang burung walet, dalam paparannya, Djauhari juga mengajak seluruh peserta konferensi dan anggota CAWA untuk mengikuti Trade Expo Indonesia Virtual Exhibition 2020 (TEI – VE 2020) yang akan berlangsung tanggal 10 – 16 November 2020 secara online.

Bersama influencer yang dipekerjakan khusus oleh dua importir besar China tersebut, Djauhari Oratmangun juga melakukan live selling melalui beberapa platform besar di China seperti Pinduoduo, TikTok, Tmall dan Taobao, untuk mempromosikan berbagai macam produk yang berbahan baku sarang burung walet asal Indonesia.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

MoU Mandiri Syariah dengan PLN

Sabtu, 05 Desember 2020 - 12:04 WIB

Mandiri Syariah Kucurkan Pembiayaan Sindikasi Rp1,2 Triliun untuk PLN

PT Bank Syariah Mandiri (Mandiri Syariah) berkomitmen mendukung pembangunan infrastruktur negeri, salah satunya melalui dukungan finansial belanja modal atau capital expenditure (capex) PT Perusahaan…

Sepeda Kuning Lipat Model Brompton Merek Bamsoet

Sabtu, 05 Desember 2020 - 12:00 WIB

Sepeda Kuning Lipat Model Brompton Merek Bamsoet

Calon Ketua Umum Ikatan Motor Indonesia (IMI) ini mengungkapkan spesifikasi sepeda kuning lipat 'Bamsoet' yang spesial itu. Antara lain memiliki berat 12 Kg, frame set dari chromoly, brake system…

Kegiatan MoU PT Indra Karya (Persero) dan Yayasan Air Adhi Eka di Kementerian PUPR

Sabtu, 05 Desember 2020 - 11:15 WIB

Indra Karya Jalin Kerjasama Strategis dengan Yayasan Air Adhi Eka Kementerian PUPR

Terjalinnya kerjasama ini merupakan langkah positif PT Indra Karya (Persero) untuk terus berkontribusi pada pengerjaan proyek-proyek strategis di sektor Sumber Daya Air.

Menuju Kuala Tanjung Port & Industrial Estate Sebagai Indonesia’s Logistic & Supply Chain Hub

Sabtu, 05 Desember 2020 - 11:00 WIB

Menuju Kuala Tanjung Port & Industrial Estate Sebagai Indonesia’s Logistic & Supply Chain Hub

PT Pelabuhan Indonesia I (Persero) atau Pelindo 1 bersinergi dengan Pertamina untuk pengelolaan sarana dan fasilitas bunker penunjang bahan bakar minyak (BBM) dan jalur pipa gas di Pelabuhan…

dr. Reisa Broto Asmoro, Juru Bicara COVID-19 dan Duta Adaptasi Kebiasaan Baru

Sabtu, 05 Desember 2020 - 10:15 WIB

Cegah Klaster Kantor Lewat Disiplin 3M

Penerapan kesehatan di lingkungan kerja memang sangat penting. Bahkan, banyak perusahaan yang juga memfasilitasi karyawannya untuk rutin melakukan deteksi awal, seperti rapid test sampai dengan…