Ribuan Masyarakat Perbatasan RI-Timor Leste Bahagia Berkat Listrik Tenaga Surya

Oleh : Herry Barus | Kamis, 17 September 2020 - 16:00 WIB

Pembangkit Listrik
Pembangkit Listrik

INDUSTRY.co.id - Jakarta- Sekitar 20.000 orang yang tinggal di pedesaan dan daerah terpencil di Indonesia dan Timor-Leste akan mendapatkan akses listrik dan air bersih dari tenaga surya sebagai hasil dari inisiatif 18 juta dolar AS yang didanai oleh proyek empat tahun Korea International Cooperation Agency (KOICA).

Proyek ACCESS (Accelerating Clean Energy Access to Reduce Inequality) ini merupakan kerjasama dengan Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral Republik Indonesia, Ministry of State Administration Republik Timor-Leste dan Program Pembangunan Perserikatan Bangsa-Bangsa (UNDP) di Indonesia dan Timor-Leste.

“KOICA siap bekerja untuk kemitraan ACCESS, berkomitmen untuk memastikan akses ke energi bersih dan mengatasi masalah kesenjangan energi. Di bawah kerangka Kerjasama Selatan-Selatan dan Segitiga antara Timor-Leste dan Indonesia, Pemerintah kedua negara, KOICA dan UNDP akan bekerja sama dengan tujuan bersama yang jelas sehingga proyek ACCESS dapat membuat kemajuan yang berarti, ”kata Mr. Jeong Hoe Jin, Country Director KOICA Indonesia office.

Direktur Jenderal Energi Baru, Terbarukan dan Konservasi Energi, F.X. Sutijastoto, dari Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral, mengatakan bahwa proyek ACCESS sejalan dengan dan mendukung program percepatan elektrifikasi di daerah terpencil, dengan dukungan dana dari KOICA untuk membangun pembangkit listrik tenaga surya untuk meningkatkan jumlah desa yang memiliki listrik.  Proyek ini adalah strategi untuk mendorong pengembangan energi baru dan terbarukan sejalan dengan target Indonesia untuk meningkatkan pangsa energi terbarukan dalam bauran energi nasional menjadi 23 persen pada tahun 2025. Direktorat Jenderal Energi Baru, Terbarukan dan Konservasi Energi berkomitmen untuk mendukung pelaksanaan proyek ACCESS serta mengembangkan kerja sama teknis di sektor energi bersih dengan Timor-Leste.

“Dengan menghadirkan akses listrik yang andal dan terjangkau, ACCESS akan mengubah kehidupan ribuan orang yang tidak memiliki akses ke listrik di daerah terpencil di Indonesia Timur dan juga Timor Leste. Proyek ini menunjukkan komitmen UNDP, bersama dengan KOICA, untuk menjangkau populasi yang paling termarjinalisasi dan mengurangi ketimpangan, sesuai semangat "Agenda pembangunan PBB untuk memastikan tidak seorangpun tertinggal," kata Plt. Kepala Perwakilan UNDP Indonesia, Mrs. Sophie Kemkhadze. “ACCESS juga merupakan aksi iklim dimana listrik yang dihasilkan bersih dan terbarukan karena berasal dari panel surya. UNDP Indonesia berterima kasih kepada KOICA atas dukungan yang diberikan dan kepada Pemerintah Indonesia dan Timor-Leste yang akan bekerjasama  untuk melaksanakan inisiatif besar ini ”

Hingga saat ini, lebih dari 10 juta orang Indonesia dan sekitar 37.000 keluarga di Timor-Leste tidak memiliki akses listrik yang dapat diandalkan. Mayoritas dari mereka tinggal di bagian terpencil kedua negara tersebut, di mana proyek ini difokuskan.

Di Indonesia, ACCESS akan dilaksanakan di 23 desa di provinsi Sulawesi Barat, Sulawesi Tenggara, Nusa Tenggara Timur, dan Kalimantan Tengah. Proyek ini akan membangun pembangkit listrik tenaga surya off-grid dengan kapasitas total 1,2 Mega Watt. Di Timor-Leste proyek ini akan dilaksanakan di 25 desa di Kota Dili (pulau Atauro), Manatuto dan Bobonaro, dan akan menggunakan sekitar 1.000 lampu tenaga surya yang hemat energi dan 10 pompa air tenaga surya untuk menyediakan akses air bersih.

Proyek ACCESS juga menjadi contoh kerjasama Selatan-Selatan di bidang energi bersih dengan pembentukan perusahaan/koperasi jasa energi terbarukan/renewable energy service company/cooperative (RESCO) dan pertukaran teknologi lampu penerangan tenaga surya hemat energi antara Indonesia dan Timor-Leste, dengan dukungan dari KOICA.

“Elektrifikasi di daerah terpencil, saat ini di abad ke-21, tidak lagi dianggap sebagai kemewahan bagi mereka yang berpendapatan tinggi, melainkan menjadi kebutuhan dasar bagi semua orang, baik di perkotaan atau daerah pedesaan. Merupakan kebanggaan besar melihat pengembangan tenaga listrik di Timor-Leste. Saya ingin, atas nama saya sendiri dan atas nama pemerintah Timor-Leste, mengucapkan terima kasih atas sikap solidaritas spektakuler yang telah ditunjukkan KOICA kepada rakyat Timor-Leste melalui inisiatif luar biasa ini, yang disebut ACCESS. Diharapkan dalam empat tahun ke depan, masyarakat pedesaan di 25 desa di Dili, Manatuto dan Bobonaro akan memiliki akses ke penggunaan lampu fotovoltaik dan pompa surya hemat energi.” kata Miguel Pereira de Carvalho, Minister of State Administration Timor-Leste.

“ACCESS adalah proyek yang bermakna dan tepat waktu bagi Timor-Leste yang berkontribusi pada kesejahteraan rakyat di negara ini dengan meningkatkan akses listrik dan air untuk penduduk lokal” kata Direktur Perwakilan KOICA di Timor-Leste, Mr. Sikhyun KIM. Ia menambahkan, “Secara internasional, proyek ini akan menjadi batu loncatan kecil untuk memulihkan sejarah masa lalu dan untuk meningkatkan hubungan persahabatan kedua negara melalui kerjasama Selatan-Selatan dan Segitiga antara Timor-Leste dan Indonesia. Juga, saya berharap ini bisa menjadi katalisator keinginan Timor Leste sejak lama untuk bergabung dalam ASEAN”.

"Masyarakat yang tinggal di daerah paling terpencil dan tertinggal di Timor-Leste terus menerus menghadapi tantangan untuk mengakses listrik dan air bersih - situasi yang memburuk selama beberapa tahun terakhir akibat perubahan iklim", kata Munkhtuya Altangerel, Kepala Perwakilan UNDP di Timor-Leste. Ia menambahkan : "ACCESS memberikan dukungan tepat waktu kepada orang-orang yang tinggal di daerah terpencil di kedua negara dengan meningkatkan akses ke sumber air yang aman dan andal melalui solusi energi terbarukan, terutama selama pandemi COVID-19 di mana kebersihan dan sanitasi sangat penting.”

Dengan menyediakan energi bersih untuk komunitas yang paling termarjinalisasi, proyek ini akan berkontribusi pada Tujuan Pembangunan Berkelanjutan, terutama Tujuan 7 - energi yang terjangkau dan bersih dan Tujuan 10 untuk mengurangi ketimpangan.

 

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Penandatanganan Kontrak Subsidi Energi 2024

Selasa, 19 Maret 2024 - 12:40 WIB

Pertamina Siap Salurkan Subsidi Energi 2024 Tepat Sasaran

Pertamina siap menjalankan penugasan Pemerintah menyalurkan subsidi energi 2024 tepat sasaran. Melalui PT Pertamina Patra Niaga sebagai Subholding Commercial & Trading, Pertamina akan memastikan…

Talk Show ICDX yang bertajuk “Menjelajahi Dinamika Komoditi Syariah: Peluang dan Tantangannya di Indonesia”

Selasa, 19 Maret 2024 - 12:22 WIB

Makin Diminati, ICDX Targetkan Transaksi Komoditi Syariah Mencapai Rp 2,5 Triliun di Tahun 2024

Direktur Utama Indonesia Commodity & Derivatives Exchange (ICDX), Nursalam mengatakan, transaksi Komoditi Syariah di Indonesia Commodity & Derivatives Exchange (ICDX) atau Bursa Komoditi dan…

Gedung BNI

Selasa, 19 Maret 2024 - 11:53 WIB

BNI Exporters Forum Bantu UMKM Tembus Pasar Amerika

PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk atau BNI konsisten mendorong UMKM Go Global dan meningkatkan devisa negara.

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto (tengah)

Selasa, 19 Maret 2024 - 11:47 WIB

Menko Airlangga Targetkan 41 Proyek Strategis Nasional Selesai pada Tahun 2024

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto selaku Ketua Komite Percepatan Penyediaan Infrastruktur Prioritas (KPPIP) mengatakan bahwa pemerintah menargetkan 41 Proyek Strategis…

Kemenkeu dan Kejaksaan Agung Bersinergi Tangani Kredit Bermasalah di LPEI

Selasa, 19 Maret 2024 - 11:36 WIB

Tangani Kredit Bermasalah di LPEI, Kemenkeu Bersinergi Dengan Kejaksaan Agung

Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani menemui Jaksa Agung ST Burhanuddin untuk menyerahkan dan melaporkan indikasi terjadinya tindak pidana fraud pada pemberian fasilitas kredit Lembaga Pembiayaan…