Berhasil Tangkap Djoko Tjandra, Presiden RI dan Polri Tuai Pujian Menjawab Keinginan Publik

Oleh : Kormen Barus | Selasa, 04 Agustus 2020 - 07:59 WIB

Djoko Tjandra (Foto Antaranews)
Djoko Tjandra (Foto Antaranews)

INDUSTRY.co.id, Jakarta - Bareskrim Polri yang dipimpin oleh Kabareskrim Polri Komjen Pol. Drs. Listyo Sigit Prabowo, M.Si., berhasil menangkap buron kasus korupsi Bantuan Likuiditas Bank Indonesia terkait pengalihan hak tagih (cessie) Bank Bali, Djoko Tjandra, penangkapan tersebut dibantu oleh interpol dan dilakukan di Kuala Lumpur, Malaysia. Perburuan Djoko Tjandra dimulai setelah Kapolri Jenderal Polisis Drs. Idham Azis, M.Si., mendapat instruksi langsung dari Presiden RI Ir. H. Joko Widodo.

"Bapak Presiden memerintahakan kepada Kapolri untuk segera mencari dan menangkap saudara Djoko Tjandra di mana pun berada dan menuntaskan kasus yang terjadi selama bersangkutan masuk," ucap Kabareskrim Polri saat jumpa pers di Mabes Polri, (30/7).

"Bapak Kapolri menindaklanjuti dengan melaksanakan proses police to police. Komunikasi intens terus kita lakukan untuk mendeteksi. Dan alhamdulillah kami mendapatkan kepastian yang bersangkutan berada di Kuala Lumpur di suatu tempat, dan kemudian kami bersama tim segera berangkat ke Kuala Lumpur," ujar Kabareskrim Polri.

Sementara itu Keberhasilan penangkapan Djoko Tjandra mendapat apresiasi dari banyak pihak, diantaranya Mendagri RI Jenderal Polisi (Purn) Prof. Drs. H. Muhammad Tito Karnavian, M.A., Ph.D., menurutnya keberhasilan Jajaran Polri layak diapresiasi, sebab menangkap buronan di luar negeri itu tak gampang.

"Saya menyampaikan apresiasi kepada Polri, Pak Kapolri dan jajarannya yang mampu untuk menembus hambatan-hambatan birokrasi maupun hambatan-hambatan hukum antar negara, itu prestasi luar biasa," ucap Mendagri RI.

Selain Mendagri RI, Wakil Ketua KPK Nawawi Pomalango merasa salut dengan kinerja Kabareskrim, mulai dari mengusut keterlibatan pejabat Polri yang memuluskan kaburnya Djoko Tjandra hingga proses penangkapan.

"Salut kerja keras Kabareskrim Komjen Listyo Sigit. Mulai ketegasannya dalam memeriksa perwira yang terlibat, sampai pada keberhasilan menangkap Djoko Tjandra," kata Nawawi, Kamis (30/7).

Ketua Komisi III DPR Herman Herry, mengapresiasi gerak cepat Kabareskrim Polri yang berhasil meringkus Djoko Tjandra, "angkat topi untuk Kabareskrim dan jajaran yang telah membuktikan negara tidak kalah oleh seorang Djoko Tjandra, ini merupakan jawaban atas keraguan publik, kami di Komisi III berkomitmen untuk selalu melaksanakan hak pengawasan kami untuk memastikan kasus ini bisa diusut hingga tuntas," tegas Ketua Komisi III DPR RI, Jumat (31/7).

Disisi lain, Pengurus Besar Pergerakan Mahasiswa Indonesia Indonesia (PB PMII) Agus Mulyono Herlambang memberikan apresiasi kepada Presiden RI dan kinerja Polri khususnya Kabareskrim yang berhasil menjawab keraguan publik dengan penangkapan Djoko Tjandra. "Kami sangat mengapresiasi Presiden Jokowi yang secara tegas memerintahkan Kapolri dan Kabareskrim untuk menangkap Djoko Tjandra dimanapun berada," ujar PB PMII.

"Kami apresiasi juga karena Polri khususnya Kabareskrim telah responsif dan sangat cepat dalam merespon keinginan publik. Good job buat Kabareskrim dan tim yang dibentuk kepolisian dalam menangkap Djoko Tjandra di Malaysia, tapi jangan berpuas diri, tangkap juga buronan-buronan lainnya," sambung PB PMII.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Prajurit Marinir Beruang Hitam Sukses Budidaya Ikan Air Tawar

Jumat, 18 September 2020 - 14:00 WIB

Prajurit Marinir Beruang Hitam Sukses Budidaya Ikan Air Tawar

Menjadi salah satu seorang Prajurit TNI, khususnya Marinir merupakan anugrah yang patut di syukuri dan amanah. Selain menjadi abdi Negara di kedinasan Batalyon Infanteri 9 Marinir/Beruang Hitam…

Ilustrasi Migas

Jumat, 18 September 2020 - 13:59 WIB

PGN SAKA Komitmen Jalankan Proyek Pengembangan Lapangan Sidayu dan West Pangkah

PT Saka Energi Indonesia (PGN SAKA) sebagai Anak Perusahaan PT Perusahaan Gas Negara Tbk (PGN) di sektor hulu minyak dan gas bumi (migas), tetap berkomitmen menjalankan dua proyek pengembangan…

Anggota Komisi I DPR RI - Rizki Aulia Natakusumah (Photo by Parlementaria Terkini DPR)

Jumat, 18 September 2020 - 13:30 WIB

Komisi I Dukung Pembangunan Jaringan Telekomunikasi di Daerah 3T

Menurut Rizki Aulia Natakusumah, digitalisasi merupakan keniscayaan, karena masih banyak masyarakat yang belum tersentuh akses internet, bahkan layanan telekomunikasi.

Arya Sinulingga

Jumat, 18 September 2020 - 13:25 WIB

Staf Khusus Erick Thohir Sebut Jajaran Komisaris BUMN Diisi Orang-orang TOP

Staf Khusus Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Arya Sinulingga mengapresiasi kinnerja Erick Thohir yang mwmilih orang-oraang terbaik sebagai komisaris perusahaan pelat merah.

FIFA (Foto Dok Industry.co.id)

Jumat, 18 September 2020 - 13:00 WIB

Sepak Bola Dunia $ 14 Miliar Dampak Pandemi Covid-19

Angka $ 14 miliar didasarkan pada skenario saat ini, di mana sepak bola perlahan mulai dapat kembali merumput, setelah tiga bulan absen sejak awal tahun ini. Namun, hal itu akan menjadi “permainan…