Menperin Agus Proaktif Dukung dan Lindungi Industri Manufaktur Nasional

Oleh : Candra Mata | Sabtu, 13 Juni 2020 - 09:07 WIB

Menperin Agus Gumiwang tinjau pabrik manufaktur
Menperin Agus Gumiwang tinjau pabrik manufaktur

INDUSTRY.co.id - Jakarta, Menteri Perindusterian Agus Gumiwang Kartasasmita bertekad untuk proaktif mendukung kegiatan industri manufaktur, bukan hanya bagi skala besar saja, tetapi juga termasuk sektor industri kecil menengah (IKM). 

Ia beralasan, selama ini industri manufaktur memberikan kontribusi signifikan terhadap Produk Domestik Bruto (PDB) sehingga dinilai berperan penting untuk memulihkan kembali geliat perekonomian nasional.

“Karena dampak pandemi saat ini, demand menjadi rendah. Artinya, kue market di domestik sangat terbatas. Jadi, sudah sewajarnya kita berikan kepada industri dalam negeri untuk menikmatinya,” kata Agus melalui keterangan tertulis kepada Industry.co.id Jumat malam (12/6).

Selain itu, Agus juga berharap masyarakat dapat memberikan kepercayaan kepada industri dalam negeri agar industri dapat terus berproduksi. 

Hal ini sebutnya, sejalan dengan yang disampaikan oleh Presiden Joko Widodo ketika peluncuran Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia, beberapa waktu lalu.

Dikatakan Agus, saat ini pihaknya terus mendorong industri nasional bertumbuh melalui kebijakan pembatasan volume impor. 

"Kemenperin akan mendahulukan pabrikan lokal untuk menikmati pasar nasional," tegasnya. 

Selain itu, pemerintah sebutnya juga tengah melakukan pendataan terkait barang dan bahan baku impor yang dibutuhkan industri dalam negeri untuk meningkat nilai tambah dan mengoptimalkan produk ekspor. 

Agus meyakini Industri lokal punya kemampuan dalam mengembangkan produk-produk inovatif dan kompetitif. 

“SDM kita mempunyai kemampuan untuk memproduksi produk-produk yang selama ini di impor dari luar negeri. KIta harus punya kepercayaan yang tinggi bahwa kita mampu memproduksi produk yang dibutuhkan di Indonesia secara mandiri,” paparnya.

Perlu diketahui, langkah proaktif Menperin Agus juga terlihat dari upayanya untuk terus menjaga pengamanan perdagangan (safe guard) produk industri lokal. 

Kemenperin terus memberikan dukungan kepada Komisi Pengamanan Perdagangan Indonesia (KPPI) untuk melakukan penyelidikan pengamanan dagang disektor industri. 

Dari hasil investigasi tersebut, didapat 7 sektor industri yang produk impornya melonjak sejak tahun 2017. 

Industri tersebut adalah panel surya, kaca, peralatan dapur dan makan, karpet dan penutup lantai tekstil, kertas sigaret, terpal, serta produk garmen.

Merujuk laporan KPPI, sepanjang 2004-2019, Indonesia sudah melakukan 32 penyelidikan terhadap produk impor yang berpotensi merugikan industri dalam negeri.

Dari total itu, sebanyak 19 produk telah dikenakan BMTP, satu produk dikenakan tindakan pengamanan perdagangan (TPP) berupa pembatasan kuota, dan empat produk dikenakan BMTP yang diperpanjang.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

29 Tahun Tupperware

Minggu, 12 Juli 2020 - 22:10 WIB

Berkat Inovasi Produk, Tupperware Tetap Menjadi Kesayangan 'Mama' Selama 29 Tahun

Di Indonesia, tepat 29 tahun yang lalu Tupperware hadir di tengah masyarakat, ya! 29 tahun, sebuah perjalanan yang tidak singkat bagi sebuah merek untuk dapat terus eksis dan di cintai, terlebih…

Eksotisme Goa-Goa Pangandaran, Seiring Wista Seru di Era New Normal

Minggu, 12 Juli 2020 - 21:15 WIB

Eksotisme Goa-Goa Pangandaran, Seiring Wisata Seru di Era New Normal

Wisata seru di era new normal, Anda bisa mencoba menelusuri jejak zaman prasejarah lewat goa-goa Pangandaran, Jawa Barat, yang eksotis.

Bijak dan Cerdas Siaran Melalui Sosial Media

Minggu, 12 Juli 2020 - 20:17 WIB

Keluarga Bisa Jadi Pintu Masuk Untuk Literasi Digital

Jakarta-Rancangan Undang-Undang (RUU) Penyiaran belum juga kelar. Banyak pihak menyarankan supaya inisiatif dilakukan di tingkat masyarakat.

Penampakan group musik Weird Genius di Times Square AS

Minggu, 12 Juli 2020 - 20:10 WIB

Muncul di Times Square, Group Musik Asal Indonesia Ini Bikin Masyarakat AS Mabuk Kepayang

Weird Genius, sebuah grup musik yang digawangi Reza Arap, Eka Gustiwana, dan Gerald Liu, mengumumkan sebuah kabar gembira bagi penggemar mereka. Belum lama ini dikabarkan jika karya mereka mendapat…

PLUT Jembrana

Minggu, 12 Juli 2020 - 19:45 WIB

Meski Baru 'Seumur Jagung', PLUT Jembrana Berhasil Dorong UMKM Sekitar Naik Kelas

Usia Pusat Layanan Usaha Terpadu (PLUT) KUMKM Kabupaten Jembrana, Bali masih seumur bayi, satu tahun. Walaupun baru lahir, PLUT Jembrana mampu menorehkan berbagai jejak untuk mengembangkan UMKM…