Pertamina EP Cepu Berhasil Selesaikan Completion Proyek Gas JTB

Oleh : Hariyanto | Senin, 01 Juni 2020 - 13:41 WIB

Pertamina EP
Pertamina EP

INDUSTRY.co.id - Bojonegoro – PT Pertamina EP Cepu (PEPC) telah berhasil menyelesaikan tahap completion pada pengeboran Wellpad Jambaran East di Proyek Gas Jambaran-Tiung Biru (JTB) yang dilaksanakan mulai 6 April hingga 25 Mei 2020.

Informasi yang diperoleh INDUSTRY.co.id, Senin (1/6/2020) menyebutkan, tahap completion ini merupakan proses pemasangan tubing (pipa produksi) beserta seluruh kelengkapannya, termasuk X-Mass Tree untuk mengatur aliran produksi gas.

Sumur-sumur yang telah diselesaikan dan siap untuk diperforasi atau pelubangan zona produksi meliputi empat sumur, yaitu JAM-3, JAM-4ST, JAM-5ST dan JAM-8, yang terdapat di Wellpad Jambaran East. Pekerjaan perforasi nantinya dilakukan tidak menggunakan rig (rigless operation).

Direktur Utama PEPC Jamsaton Nababan menyatakan, tahap completion merupakan tahapan penting dari pengembangan sumur Lapangan Gas Jambaran-Tiung Biru, karena sumur telah memasuki fase akhir sebelum memproduksi gas.

"Kami berharap operasi lanjutan ini dapat berjalan aman dan lancar, sesuai dengan komitmen kami pada standar keselamatan. Untuk itu,  kami mohon doa agar proyek JTB berjalan aman, selamat dan lancar hingga tercapai target on-stream pada 2021," kata Jamsaton.

Hal tersebut dipertegas oleh Drilling Operations Manager Dhanar Eko Prasetyo, yang menjelaskan bahwa dalam melakukan kegiatan ini, PEPC tetap patuh dan peduli terhadap standar keselamatan yang berlaku.

"Setelah completion, kami melaksanakan kegiatan pemindahan rig (rig move) dari Jambaran East ke Jambaran Central, mulai 25 Mei 2020 dengan target dapat mulai beroperasi melakukan pengeboran di Sumur JAM-6 dan JAM- 7 pada Juni 2020. Alhamdulillah, hingga saat ini kami sudah mampu menjalankan jam kerja selamat di Drill Site  hingga 934.830  jam per 28 Mei 2020," ungkapnya.

Jam kerja selamat merupakan bagian penting dari proyek JTB yang dioperatori PEPC. Secara keseluruhan PEPC telah mencapai 17.391.921 jam kerja selamat.

Kegiatan ini merupakan rangkaian dari beberapa kegiatan besar yang telah berhasil dilaksanakan sebelumnya, seperti pemasangan selexol regenerator dan absorber.

Dari sumur-sumur yang terdapat di lapangan gas JTB, PEPC menargetkan untuk memproduksi gas dan kondensat dengan produksi rata-rata raw gas sebesar 315 MMSCFD dan target gas on-stream pada 2021 dengan sales gas sebesar 192 MMSCFD.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Tingkatkan Kolaborasi, Pemprov DKI dan Bank DKI gandeng Gopay untuk Mudahkan pembayaran pajak

Rabu, 23 September 2020 - 20:37 WIB

Mudahkan Pembayaran Pajak! Kini Pemprov DKI dan Bank DKI Gandeng Gopay

Jakarta – Permudah warga Jakarta melakukan pembayaran PBB secara praktis, Bank DKI dan Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Provinsi DKI Jakarta berkolaborasi dengan GoPay, uang elektronik bagian…

Kunjungan Mappilu PWI Dipimpin oleh Sekretaris Jenderal PWI Pusat

Rabu, 23 September 2020 - 20:30 WIB

Aziz Syamsuddin: Pensiunan ASN dan TNI-POLRI Perlu Jeda 5 Tahun Terjun ke Politik

Sekertaris Mappilu PWI mengatakan wacana yang dilontarkan Aziz terkait perlunya jeda lima tahun bagi pensiunan ASN dan TNI-Polri untuk terjun ke politik praktis menjadi wacana yang patut didiskusikan…

Serah terima bantuan PT PP ke Rumah Sakit Polri Kramat Jati

Rabu, 23 September 2020 - 20:26 WIB

PTPP Salurkan Bantuan Logistik ke Rumah Sakit di Jakarta

PT PP (Persero) Tbk, menyalurkan kebutuhan logistik Tim Medis ke Rumah Sakit Polri dan Rumah Sakit Umum Daerah Pasar Minggu. Bantuan logistic yang diberikan kepada masing-masing Rumah Sakit…

Robert Alberts Pelatih Persib Bandung (Foto Dok PR)

Rabu, 23 September 2020 - 18:00 WIB

Ini Alasan Pelatih PERSIB Robert Berikan Sesi Latihan Bek Lebih Awal

Pelatih Robert Alberts mengungkapkan pentingnya materi latihan yang spesifik bagi pemain di setiap posisi. Oleh sebab itu, dalam agenda latihan di Stadion Gelora Bandung Lautan Api, Rabu 23…

Ilustrasi obat-obatan (Tribun)

Rabu, 23 September 2020 - 17:45 WIB

Kemenperin Manfaatkan Balai Besar Kimia Tingkatkan Riset Bahan Baku Industri Farmasi

Kementerian Perindustrian terus mendorong pemanfaatan sumber daya lokal sebagai bahan baku industri farmasi di dalam negeri.