Bermodal Filosofi Pendiri Bagai Pohon Pisang yang Tak Mau Mati Sebelum Berbuah, Raksasa Industri Elektronika Panasonic Gobel Sukses Lalui Pasang Surut Bisnis Sejak 1960

Oleh : Nata Kesuma | Jumat, 10 April 2020 - 09:15 WIB

Tahun 1960 Matsushita Electric Industrial membuat kesepakatan kerjasama teknis dengan Transistor Radio Manufacturing dan kinibdikenal Panasonic Gobel (foto Tirto.id)
Tahun 1960 Matsushita Electric Industrial membuat kesepakatan kerjasama teknis dengan Transistor Radio Manufacturing dan kinibdikenal Panasonic Gobel (foto Tirto.id)

INDUSTRY.co.id - Jakarta - Tahun 2020, kemitraan Panasonic dan Gobel indonesia genap memasuki usia 60 tahun. Sebuah capaian perjalanan yang layak diapresiasi. 

Ya, Panasonic adalah contoh. Pionir dalam industri elektronika nasional sejak 1960 ini patut dijadikan contoh bagaimana sebuah perusahaan dibangun untuk mampu bertahan hidup dalam masa waktu yang panjang.

Hingga saat ini banyak prestasi yang sudah berhasil dicapai Pansonic selama enam dasawarsa.   
 
Komitmen dan kontribusi positif Panasonic Gobel terhadap kinerja industri elektronika di Tanah Air terus berkesinambungan dengan terus menambah produk-produk baru dan peningkatan kapasitas produksi melalui kegiatan investasi, ekspor, alih teknologi dan pembangunan sumber daya manusia (SDM) yang kompeten dan berdaya saing global.  
 
“Sejak awal pendiri perusahaan ini, Drs. H. Thayeb Mohammad Gobel berkomitmen ingin membangun industri sebagai jalan untuk berbhakti memajukan Indonesia. Demi mewujudkan cita-cita tersebut, Pak Gobel kemudian memilih melakukan kerjasama, joint venture dengan Matshushita (Jepang) karena sama-sama memiliki visi membangun industri dan melakukan investasi jangka panjang di Indonesia,”ujar Rachmat Gobel, Putra Pendiri sekaligus President Commisioner PT Panasonic Gobel Indonesia melalui keterangan tertulisnya yang diterima Industry.co.id Jumat pagi (10/4).

Menurut Rachmat, Drs. H. Thayeb Mohammad Gobel adalah seorang entrepreneur sejati  dan diakui sebagai industriawan tangguh yang  memiliki rasa nasionalisme serta berpandangan jauh ke depan. 

Langkah besarnya diawali pada tahun 1954, ketika dia memutuskan mendirikan PT Transistor Radio Manufacturing di Cawang, Jakarta yang memproduksi radio transistor pertama di Indonesia dengan merek “Tjawang”.

Tahun 1960, untuk mengembangkan usaha industrinya, PT Transistor Radio Manufacturing dan Matsushita Electric Industrial Co. Ltd (Japan) menjalin kerjasama. 

Sepuluh tahun kemudian, kedua perusahaan tersebut sepakat meningkatkan kerjasamanya dengan membentuk  joint venture, PT National Gobel, perusahaan assembling & manufacturing (pembuatan) peralatan elektronik rumah tangga.  

"Sejak itu, perusahaan-perusahaan di bawah naungan Panasonic Gobel terus berkembang, melalui berbagai pasang surut. Bendera perusahaan juga berganti, dari PT National Gobel menjadi PT Panasonic Gobel  Indonesia (PGI)," ungkap Rachmat. 

Namun, sebutnya, ada satu hal yang tidak pernah berubah, yakni tekad membangun industri dan nilai tambah untuk perekonomian Indonesia. 

"Oleh karena itu, Panasonic Gobel tidak hanya membangun pabrik, tapi juga membangun manusia Indonesia yang unggul agar bisa melakukan alih teknologi, serta tidak kalah pentingnya tetap menjaga hubungan baik dengan semua pemangku kepentingan seperti masyarakat, pemerintah termasuk perguruan tinggi dan media massa," pungkas Rachmat. 

Sementara itu, menurut Seigo Saifu, President Director PT. Panasonic Gobel Indonesia (PGI), sebagai salah satu langkah kongkrit, pada tahun 1979 didirikanlah Yayasan Matsushita Gobel yang memiliki visi menciptakan masyarakat Indonesia yang cerah dan sejahtera.

“Hal ini sesuai filosofi pohon pisang yang selalu dipegang bapak Drs. H. Thayeb Mohammad Gobel. Dia mengajarkan agar kami terus berjuang dan pantang menyerah. Seperti pohon pisang yang tak mau mati sebelum berbuah dan selalu ingin menebar manfaat," kata Seigo Saifu. 

Selain itu, menurut Seigo, filosofi lain datang dari Matsushita tentang air mengalir, yakni agar perusahaan selalu memberi manfaat kepada masyarakat. 

"Hasil dari keduanya, lahirlah visi misi Panasonic untuk membangun kedua negara, Indonesia dan Jepang serta berkontribusi kepada masyarakat,” ungkapnya. 

Kedua filosofi itu kemudian dikemas dengan tagline “A Better Life, A Better World” yang dijadikan landasan Panasonic dalam berbisnis. 

Di usianya ke-60, Panasonic Gobel telah mengembangkan lini produk yang banyak disukai masyarakat, antara lain air conditioner (AC) yang  sangat akrab di benak masyarakat, pompa air, mesin cuci, kulkas, TV, audio, kipas angin dan berbagai produk solusi yang diperuntukkan untuk segmen B2B/B2G Panasonic di Indonesia.

Di tengah berbagai tantangan seperti adanya wabah covid-19, Panasonic Gobel tetap akan melangkah ke masa depan dengan optimistis. 

Bahkan PT PGI sedang berupaya, bekerja keras memenuhi kebutuhan produk-produk elektronik premium sesuai kebutuhan masyarakat, baik pasar domestik maupun ekspor. 

Salah satunya dengan Panasoni menghadirkan teknologi “nanoe tm" dimasa pandemi ini. 

Teknologi tersebut diyakini mampu menghilangkan bau, menonaktifkan pertumbuhan  virus, bakteri dan jamur serta efektif dalam menghilangkan debu.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Kota Podomoro Tenjo

Jumat, 26 April 2024 - 17:08 WIB

Kota Podomoro Tenjo Luncurkan Tiga Produk Properti Terbaru

Kota Podomoro Tenjo meluncurkan 3 (tiga) produk properti terbaru melalui pameran properti bertajuk “Fantastic Milenial Home; Langkah Mudah Punya Rumah” yang berlangsung selama tanggal 23…

Ilustrasi perumahan

Jumat, 26 April 2024 - 16:44 WIB

Bogor dan Denpasar Jadi Wilayah Paling Konsisten dalam Pertumbuhan Harga Hunian di Kuartal I 2024

Sepanjang Kuartal I 2024, Bogor dan Denpasar menjadi wilayah paling konsisten dan resilient dalam pertumbuhan harga dan selisih tertinggi di atas laju inflasi tahunan

Bank Raya

Jumat, 26 April 2024 - 16:33 WIB

Bank Raya Kembali Torehkan Pertumbuhan Laba Double Digit di Triwulan 1 Tahun 2024

Fokus Bank Raya di 2024 adalah berinvestasi pada pertumbuhan bisnis yang  berkualitas untuk menjadikan Bank Raya sebagai bank digital utama untuk segmen mikro dan kecil. Strategi pengembangan…

Frasers Group Asia dan MAPA Menjalin Kerjasama untuk Hadirkan Sports Direct Pertama di Indonesia, Berlokasi di Kota Kasablanka Mall

Jumat, 26 April 2024 - 15:10 WIB

Frasers Group Asia dan MAPA Menjalin Kerjasama untuk Hadirkan Sports Direct Pertama di Indonesia, Berlokasi di Kota Kasablanka Mall

Sebagai bagian dari ekspansinya di Asia Tenggara, Sports Direct Malaysia, Sdn Bhd ("Frasers Group Asia") – afiliasi dari grup ritel internasional terkemuka Frasers Group plc ("Frasers Group",…

Pengamat hukum Dr. (Cand.) Hardjuno Wiwoho

Jumat, 26 April 2024 - 14:47 WIB

UU Perampasan Aset dan BLBI Jadi PR Prabowo-Gibran

Presiden dan Wakil Presiden (Wapres) terpilih, Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka harus melanjutkan agenda pemberantasan korupsi yang sudah dicanangkan pemerintahan sebelumnya sebagai…