Meningkat 45%, Astragraphia Bukukan Laba Bersih Sebesar Rp141 Miliar

Oleh : Hariyanto | Rabu, 24 April 2024 - 11:19 WIB

RUPST Astragraphia 2024
RUPST Astragraphia 2024

INDUSTRY.co.id - Jakarta - Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan (RUPST) Astra Graphia Tbk (Astragraphia) yang dilaksanakan pada Selasa (23/4/2024) menyetujui pembagian dividen kepada pemegang saham sebesar 45% dari total laba bersih tahun buku 2023. 

Masing-masing pemegang saham Astragraphia akan mendapatkan total dividen sebesar Rp47,- (empat puluh tujuh rupiah) per lembar saham, di mana dividen interim sebesar Rp13,- (tiga belas rupiah) per lembar saham sudah dibayarkan pada tanggal 24 Oktober 2023, dan sisanya sebesar Rp34,- (tiga puluh empat rupiah) per lembar saham akan dibayarkan selambat-lambatnya pada tanggal 22 Mei 2024.

Presiden Direktur PT Astra Graphia Tbk, Hendrix Pramana mengatakan, sepanjang tahun 2023, Astragraphia berhasil membukukan laba bersih sebesar Rp141 miliar atau tumbuh sebesar 45% dibandingkan tahun 2022, dengan pendapatan bersih sebesar Rp2.969 miliar. 

"Pendapatan pada unit usaha Solusi Dokumen meningkat sebesar 7% akibat dari adanya peningkatan volume penjualan mesin pada sektor graphic art dan sektor perkantoran," kata Hendrix di Jakarta, Selasa (23/4/2024). 

Lalu, lanjut Hendrix, Astragraphia juga mencatat pendapatan pada unit usaha Solusi Teknologi Informasi meningkat 16% sebagai hasil dari realisasi peluang bisnis di area IT Trading dan IT Services. 

"Melalui unit usaha Solusi Dokumen, Astragraphia secara konsisten mampu mempertahankan posisi pemimpin pasar untuk segmen multifungsi berwarna A3 dan printer produksi di Indonesia. Astragraphia terus melakukan inovasi dan digitalisasi di dalam setiap lini bisnis untuk membangun bisnis yang kuat dan berkelanjutan," ungkap Hendrix.

Selain menetapkan pembagian dividen, RUPST mengangkat kembali anggota Dewan Komisaris dan Direksi Astragraphia, sehingga berdasarkan keputusan RUPST tersebut, susunan anggota Dewan Komisaris dan Direksi Astragraphia adalah sebagai berikut:

Presiden Komisaris : Santosa

Komisaris : Gunawan Geniusahardja

Komisaris Independen : Arya N. Soemali

Komisaris Independen : Sidharta Utama

Presiden Direktur : Hendrix Pramana

Direktur : King Iriawan Sutanto

Direktur : Widi Triwibowo

Direktur : Trivena Nalsalita

"Astragraphia berkomitmen untuk memberikan solusi-solusi yang inovatif serta menjadi perusahaan yang lebih tangguh dan berkelanjutan dalam layanan printing solution, technology, dan digital transformation," ujar Hendrix. 

Astragraphia optimis akan kelangsungan usaha dengan mempertahankan bisnis inti melalui penguatan portofolio solusi dokumen dan IT Services serta mengembangkan inisiatif-inisiatif baru untuk mendorong pertumbuhan bisnis. 

"Astragraphia juga terus berupaya menjalankan operational excellence dalam setiap proses di seluruh lini bisnis serta secara konsisten menjalankan kontribusi sosial di pilar kesehatan, pendidikan, lingkungan, dan kewirausahaan," pungkas Hendrix. 

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Ilustrasi Investasi Bodong (Foto Dok Industry.co.id)

Senin, 06 Mei 2024 - 00:11 WIB

Catat Ya! Jadi Korban Investasi Bodong, Nasabah Disarankan Tempuh Jalur Hukum

Jakarta - Kasus dugaan dana nasabah hilang di rekening tabungan PT Bank Tabungan Negara Tbk menarik perhatian publik.

PJ Gubernur Turut Hadir dalam Paskah ASN DKI Jakarta 2024

Minggu, 05 Mei 2024 - 22:53 WIB

Hadiri Paskah, Heru Imbau ASN Tingkatkan Pelayanan Bagi Masyarakat

Jakarta- Pemerintah Provinsi DKI Jakarta menggelar perayaan Paskah Bersama 2024 dengan mengangat tema "Aktualisasi Nilai-Nilai Paskah Pemerintah Provinsi DKI Jakarta Tahun 2024" yang digelar…

Atlet tim Thomas dan Uber

Minggu, 05 Mei 2024 - 22:38 WIB

BNI Apresiasi Tim Thomas dan Uber Indonesia  

PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk atau BNI selaku sponsor resmi Persatuan Bulu Tangkis Seluruh Indonesia (PBSI) menyampaikan apresiasi setinggi-tingginya atas prestasi luar biasa Tim Thomas…

BTN Raih Best Savings Bank Award

Minggu, 05 Mei 2024 - 22:22 WIB

Konsisten Jalankan Peran, BTN Raih Best Savings Bank Award

Jakarta-Konsistensi PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk menjalankan peran sebagai bank tabungan dan meningkatkan tingkat inklusi keuangan di masyarakat membuat perseroan meraih penghargaan…

Peluncuran Oreo Pokemon di Indonesia.

Minggu, 05 Mei 2024 - 22:11 WIB

Oreo Rayakan Kolaborasinya Bersama Pokemon. Ada Kepingan Biskuit Langka Berhadiah Perjalanan ke Jepang

Kolaborasi ini mengajak masyarakat untuk menemukan seluruh gambar koleksi karakter Pokemon pada kepingan biskuit Oreo dan berkesempatan mengikuti undian berhadiah istimewa.