Meningkat 45%, Astragraphia Bukukan Laba Bersih Sebesar Rp141 Miliar

Oleh : Hariyanto | Rabu, 24 April 2024 - 11:19 WIB

RUPST Astragraphia 2024
RUPST Astragraphia 2024

INDUSTRY.co.id - Jakarta - Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan (RUPST) Astra Graphia Tbk (Astragraphia) yang dilaksanakan pada Selasa (23/4/2024) menyetujui pembagian dividen kepada pemegang saham sebesar 45% dari total laba bersih tahun buku 2023. 

Masing-masing pemegang saham Astragraphia akan mendapatkan total dividen sebesar Rp47,- (empat puluh tujuh rupiah) per lembar saham, di mana dividen interim sebesar Rp13,- (tiga belas rupiah) per lembar saham sudah dibayarkan pada tanggal 24 Oktober 2023, dan sisanya sebesar Rp34,- (tiga puluh empat rupiah) per lembar saham akan dibayarkan selambat-lambatnya pada tanggal 22 Mei 2024.

Presiden Direktur PT Astra Graphia Tbk, Hendrix Pramana mengatakan, sepanjang tahun 2023, Astragraphia berhasil membukukan laba bersih sebesar Rp141 miliar atau tumbuh sebesar 45% dibandingkan tahun 2022, dengan pendapatan bersih sebesar Rp2.969 miliar. 

"Pendapatan pada unit usaha Solusi Dokumen meningkat sebesar 7% akibat dari adanya peningkatan volume penjualan mesin pada sektor graphic art dan sektor perkantoran," kata Hendrix di Jakarta, Selasa (23/4/2024). 

Lalu, lanjut Hendrix, Astragraphia juga mencatat pendapatan pada unit usaha Solusi Teknologi Informasi meningkat 16% sebagai hasil dari realisasi peluang bisnis di area IT Trading dan IT Services. 

"Melalui unit usaha Solusi Dokumen, Astragraphia secara konsisten mampu mempertahankan posisi pemimpin pasar untuk segmen multifungsi berwarna A3 dan printer produksi di Indonesia. Astragraphia terus melakukan inovasi dan digitalisasi di dalam setiap lini bisnis untuk membangun bisnis yang kuat dan berkelanjutan," ungkap Hendrix.

Selain menetapkan pembagian dividen, RUPST mengangkat kembali anggota Dewan Komisaris dan Direksi Astragraphia, sehingga berdasarkan keputusan RUPST tersebut, susunan anggota Dewan Komisaris dan Direksi Astragraphia adalah sebagai berikut:

Presiden Komisaris : Santosa

Komisaris : Gunawan Geniusahardja

Komisaris Independen : Arya N. Soemali

Komisaris Independen : Sidharta Utama

Presiden Direktur : Hendrix Pramana

Direktur : King Iriawan Sutanto

Direktur : Widi Triwibowo

Direktur : Trivena Nalsalita

"Astragraphia berkomitmen untuk memberikan solusi-solusi yang inovatif serta menjadi perusahaan yang lebih tangguh dan berkelanjutan dalam layanan printing solution, technology, dan digital transformation," ujar Hendrix. 

Astragraphia optimis akan kelangsungan usaha dengan mempertahankan bisnis inti melalui penguatan portofolio solusi dokumen dan IT Services serta mengembangkan inisiatif-inisiatif baru untuk mendorong pertumbuhan bisnis. 

"Astragraphia juga terus berupaya menjalankan operational excellence dalam setiap proses di seluruh lini bisnis serta secara konsisten menjalankan kontribusi sosial di pilar kesehatan, pendidikan, lingkungan, dan kewirausahaan," pungkas Hendrix. 

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Umana Bali Resort

Senin, 20 Mei 2024 - 16:29 WIB

Umana Bali, Resort di Ungasan yang Masuk Daftar Hotel Baru Terbaik Travel + Leisure

Sebuah resor yang terletak di lokasi paling selatan Bali, Umana Bali, LXR Hotels & Resorts berhasil masuk ke dua kategori yang disusun Travel + Leisure. Pertama, Umana Bali menjadi salah satu…

PT Pertamina Trans Kontinental (PTK)

Senin, 20 Mei 2024 - 16:08 WIB

Kapal PTK Resmi Beroperasi di Perairan Internasional

PT Pertamina Trans Kontinental (PTK) agresif melakukan ekspansi bisnis di pasar global. Ekspansi bisnis global ditandai dengan dimulainya operasional Transko Moloko di perairan Malaysia.

UOB Lady’s Card

Senin, 20 Mei 2024 - 15:42 WIB

UOB Indonesia Meluncurkan Desain dan Tagline Terbaru Lady’s Card

UOB Indonesia mengumumkan pembaruan UOB Lady’s Card yang merupakan kartu kredit pertama di Asia Tenggara dengan fokus pada kaum perempuan. UOB Lady’s Card dirancang untuk menawarkan keuntungan,…

SPKLU

Senin, 20 Mei 2024 - 14:33 WIB

Tren Mobil Listrik dan Renewable Energy Daya Pikat Investasi Kawasan Industri Kendal

Pemerintah Indonesia saat ini tengah giat mendorong pemanfaatan energi baru dan terbarukan (renewable energy) guna menurunkan emisi gas rumah kaca. Berbagai upaya dilakukan pemerintah, seperti…

PT Gunung Raja Paksi Tbk (GGRP)

Senin, 20 Mei 2024 - 14:31 WIB

Mengusung Produk Baja Ramah Lingkungan, GRP Siap Bersaing di Pasar Baja Dunia

PT Gunung Raja Paksi Tbk (GGRP) terus menggenjot penjualan baja ke pasar ekspor. Perseroan optimistis prospek dan permintaan ekspor baja pada tahun 2024 masih ada ruang untuk terus bertumbuh.…