Kementerian ESDM Pastikan PLTSa Benowo Berkapasitas 95 MW Beroperasi Juni 2020

Oleh : Candra Mata | Sabtu, 14 Maret 2020 - 18:30 WIB

Kementerian ESDM Pastikan PLTSa Benowo Berkapasitas 95 MW Beroperasi Juni 2020
Kementerian ESDM Pastikan PLTSa Benowo Berkapasitas 95 MW Beroperasi Juni 2020

INDUSTRY.co.id - Jakarta, Kementerian ESDM melalui Direktur Pembinaan Pengusahaan Ketenagalistrikan Hendra Iswahyudi meninjau proyek Pembangkit Listrik Tenaga Sampah (PLTSa) Benowo di Surabaya Jawa Timur, Jumat (13/3), memastikan amanat Presiden Jokowi untuk mempercepat pembangunan PLTSa melalui Perpres 35/2018 berjalan dengan baik, salah satunya di PLTSa Benowo di Surabaya.

Hendra yang didampingi oleh Kadiv EPV Operasi Regional Jawa BagianTimur, Madura dan Bali I B Ari Wardana dan GM PLN Distribusi Jawa Timur Bob Saril menyampaikan bahwa Surabaya merupakan salah satu dari 12 kota yang termasuk dalam program percepatan pembangunan PLTSa melalui Perpres 35/2018. 

"PLTsa Benowo berkapasitas 9 MW diharapkan segera dapat diselesaikan dan dapat dioperasikan sehingga dapat menjadi contoh bagi implementasi Perpres di 11 Kota yang lain," ungkap Hendra.

Dalam peninjauan tersebut, Dirut PT Sumber Organik Agus Nugroho Santoso selaku pengembang menyampaikan bahwa PLTSa berkapasitas 9MW ini telah selesai dibangun dan saat ini tengah memasuki tahap akhir yaitu serangkaian pengujian dan pengetesan individual peralatan dan sistem sebelum nanti dioperasikan. 

Diharapkan sebelum tengah tahun, PLTSa ini sudah dapat menyuplai listrik bagi warga Surabaya dan sekitarnya.

GM PLN Disjatim pun menyatakan bahwa PLN telah siap menerima listrik yang dihasilkan oleh PLTsa Benowo berkapasitas 9MW ini. 

Infrastruktur seperti jaringan 20kV telah disiapkan di daerah tersebut sehingga saat beroperasi nanti, PLTSa Benowo dapat menjadi solusi permasalahan sampah di Kota Surabaya dan sekitarnya.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

BRI pastikan narasi ini hoax

Rabu, 24 April 2024 - 15:35 WIB

BRI Pastikan Hoax Berita Uang Nasabah Hilang Akibat Bansos Saat Pemilu

PT Bank Rakyat Indonesia Tbk (BRI) kembali diterpa hoax. Itu dipastikan narasi di media sosial tidaklah benar.

Prabowo dan Gibran (foto Istimewa)

Rabu, 24 April 2024 - 13:06 WIB

KPU: Prabowo-Gibran, Presiden & Wapres Terpilih

Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka secara sah dan resmi ditetapkan sebagai pasangan Presiden dan Wakil Presiden RI untuk Tahun 2024-2029. Ketetapan tersebut disampaikan langsung oleh…

Ketua MPR RI Dukung Fashion Show 'Keindahan Karya Kain Tenun dan Batik Ku Indonesia' di Italia

Rabu, 24 April 2024 - 13:00 WIB

Ketua MPR RI Dukung Fashion Show 'Keindahan Karya Kain Tenun dan Batik Ku Indonesia' di Italia

Ketua MPR RI sekaligus Wakil Ketua Umum Partai Golkar Bambang Soesatyo mendukung rencana pagelaran fashion show, 'Keindahan Karya Kain. Tenun dan Batik Ku Indonesia', oleh Dian Natalia Assamady.…

Edukasi Keuangan Pegadaian

Rabu, 24 April 2024 - 11:33 WIB

Peringati Hari Kartini, PT Pegadaian Laksanakan Kegiatan Edukasi Keuangan Perempuan

Dalam rangka memperingati Hari Kartini, PT Pegadaian dukung Kegiatan Edukasi Keuangan bertema "Perempuan Cerdas Keuangan, Perempuan Indonesia Hebat" yang diselenggarakan oleh Otoritas Jasa Keuangan…

RUPST Astragraphia 2024

Rabu, 24 April 2024 - 11:19 WIB

Meningkat 45%, Astragraphia Bukukan Laba Bersih Sebesar Rp141 Miliar

Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan (RUPST) Astra Graphia Tbk (Astragraphia) yang dilaksanakan pada Selasa (23/4/2024) menyetujui pembagian dividen kepada pemegang saham sebesar 45% dari total…