KADIN Desak Pemerintah Lakukan Diversifikasi Produk Perdagangan

Oleh : Herry Barus | Minggu, 08 Maret 2020 - 18:00 WIB

Wakil Ketua Umum Kadin Bidang Hubungan Internasional Shinta W. Kamdani
Wakil Ketua Umum Kadin Bidang Hubungan Internasional Shinta W. Kamdani

INDUSTRY.co.id - Jakarta– Efek domino. Wabah virus corona yang melanda Tiongkok membuat perekonomian negara tersebut terkoreksi 1-2 persen. Penurunan ini akan berimbas pada pertumbuhan ekonomi Indonesia sebagai salah satu mitra dagangterbesar. Kadin Indonesia berharap pemerintah melakukan diversifikasi terhadap produk perdagangan.

Wakil Ketua Kadin Indonesia Bidang Hubungan Internasional Shinta WidjajaKamdani mengatakan diversifikasi perdagangan dipercaya mampu menjagakestabilan pertumbuhan ekonomi dalam negeri. Menurutnya, jika pertumbuhanekonomi Tiongkok merosot satu persen akan berdampak pada perlambatanekonomi dalam negeri sebesar 0,3 sampai 0,6 persen.

“Kalau kita bisa prudent, menjaga stabilitas makro ekonomi denganmendiversifikasi perdagangan dengan lebih gencar, maka tidak ada alasan untukkhawatir Indonesia akan resesi hanya karena pertumbuhan Tiongkok turun 1-2%,”ujarnya sepertidilansir katadata.co

Shinta menambahkan, pertumbuhan ekonomi Indonesia tahun ini akanmengalami penurunan jika dibandingkan dengan tahun lalu. Diketahui,pertumbuhan ekonomi tahun lalu berada di angka lima persen, sementara tahunini diproyeksi Indonesia mampu mencapai pertumbuhan di angka 4-4,7 persen.

Kendati menurun, lanjutnya, angka tersebut lebih baik dari negara-negaraberkembang lainnya. “Maka itu, saat ini diperlukan stimulasi ekonomi daripemerintah baik melalui kebijakan maupun melalui pengeluaran belanja danpengadaan barang pemerintah."

Hingga akhir pekan kemarin, jumlah korban tewas akibat Corona telah mencapai1.486 jiwa di seluruh dunia. Komisi Kesehatan Provinsi Hubei, Tiongkokmelaporkan mencatat terdapat 36 ribu jiwa lebih yang saat ini tengah dirawat diwilayahnya dimana 1.685 jiwa diantaranya mengalami kondisi kritis. Virus Coronajuga diprediksi berdampak pada kegiatan ekonomi di negara tersebut dengan terbatasnya aktivitas penduduk.

 

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Penandatanganan dilakukan oleh Direktur Retail Banking BSI Kokok Alun Akbar (kedua dari kiri) dan Direktur Utama PT Jasamarga Related Business Dian Takdir Badrsyah (kedua dari kanan)

Selasa, 17 Mei 2022 - 22:48 WIB

BSI Gandeng Anak Usaha Jasa Marga

PT Bank Syariah Indonesia Tbk (BSI) tandatangani nota kesepahaman dengan anak usaha Jasa Marga yaitu PT Jasa Marga Related Business.

Ilustrasi batubara

Selasa, 17 Mei 2022 - 22:36 WIB

Kian Kokoh di Ranah Tambang! Anak usaha PT Delta Dunia Raih Kontrak Tambang Batu Bara di Australia

Jakarta - PT Bukit Makmur Mandiri Utama (BUMA), anak perusahaan PT Delta Dunia Makmur Tbk (Perseroan), melalui anak perusahaannya di Australia BUMA Australia Pty Ltd (BUMA Australia) akan memulai…

(Foto dari kiri ke kanan) Section Head PT Multipolar Technology Tbk Ignasius Oky Yoewono, Director Enterprise Application Services Business PT Multipolar Technology Tbk Jip Ivan, dan Department Head Hybrid Database Solution PT Multipolar Technology Tbk Yemmy Sukandar sedang berbincang di sela-sela seminar tentang keamanan siber yang diselenggarakan oleh Infobank di Pullman Jakarta Thamrin, Jakarta, Selasa (17/5).

Selasa, 17 Mei 2022 - 22:25 WIB

Multipolar Technology mengusung solusi IBM Guardium dan IBM Security QRadar XDR sekaligus ke pasar Indonesia

Jakarta-PT Multipolar Technology Tbk (IDX: MLPT), anak perusahaan PT Multipolar Tbk (IDX: MLPL) yang berperan sebagai mitra dalam mendukung pengembangan teknologi digital perusahaan di berbagai…

Gedung Bank KB Bukopin

Selasa, 17 Mei 2022 - 21:58 WIB

KB Bukopin Masuk Indeks Global MSCI, Sentimen Positif Investor Saham

PT. Bank KB Bukopin, Tbk. terus bergerak positif pada lantai bursa. Morgan Stanley Capital International (MSCI) mengumumkan hasil tinjauan indeks semi tahunan pada Mei 2022.

Jalan Tol Serang-Panimbang

Selasa, 17 Mei 2022 - 18:40 WIB

Beroperasi 2024, Jalan Tol Serang-Panimbang Permudah Akses Wisata ke Tanjung Lesung

Sebagai salah satu Proyek Strategis Nasional (PSN), Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) melalui Direktorat Jenderal Bina Marga tengah menyelesaikan pembangunan infrastruktur…