Serap Gabah Petani, Kementan Gerakkan Kostraling di Wilayah Jateng

Oleh : Wiyanto | Sabtu, 15 Februari 2020 - 06:17 WIB

Dirjen Tanaman Pangan Suwandi serahkan simbolis KUR ke Petani
Dirjen Tanaman Pangan Suwandi serahkan simbolis KUR ke Petani

INDUSTRY.co.id - Jakarta - Menjelang panen raya padi bulan Maret-April, Kementan lakukan terobosan melalui gerakan Komando Strategi Penggilingan Padi (Kostraling). Gerakan yang digagas Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo (SYL) ini sebagai langkah perlindungan petani di musim puncak panen supaya harga tetap stabil.

Hal ini disampaikan oleh Suwandi Direktur Jenderal Tanaman Pangan Kementan pada saat acara implementasi kostraling melalui Kredit Usaha Rakyat (KUR) di Kabupaten Demak hari Jumat (14/2).

"KUR ini adalah akses pembiayaan yang memudahkan petani dengan bunga yang rendah. Mari bareng-bareng kita dorong petani bisa serap KUR yang sudah disediakan untuk pertanian ini," ungkap Suwandi.

Disampaikan Suwandi targetnya setiap penggilingan dapat menyerap KUR sebesar Rp 1,5 Miliar. "Minggu kemarin kami di DIY ada penggilingan masing-masing dapat 500 juta, total bisa serap Rp 3 Miliar, uangnya dipakai buat operasional beli gabah petani saat panen raya," sebut Suwandi.

Sesuai dengan arahan Mentan SYL bahwa bulan Februari harus tuntas menyerap KUR dari alokasi target yang ada. Untuk Jateng targetnya 2020 serap KUR paling tidak dari Rp 2 Triliun jadi Rp 7 Triliun.

"Intinya kostraling ini, kami gandeng penggilingan padi supaya mereka menyerap gabah petani saat panen raya, bagaimana caranya ya lewat pembiayaan permodalan ini. Bisa lewat KUR perbankan bisa juga lewat LPDB dari Kemenkop UKM," ujar Suwandi.

Ditegaskan kembali oleh Dirjen Tanaman Pangan tersebut bahwa KUR bisa diumpamakan sebagai bahan bakar perekonomian di pedesaan.

Selain arahan penyerapan KUR, Dirjen Suwandi juga meminta beberapa hal terkait budidaya tanaman pangan. Seperti halnya pergantian varietas untuk meningkatkan provitas, penggunaan benih kemasan yang lebih intens pengawasannya melalui sistem barcode, serta pengendalian OPT ramah lingkungan.

Terkait hilirisasi, Suwandi meminta produksi beras jangan biasa-biasa saja. "Tingkatkan kualitas mutu beras. Bisa organik, beras khusus, beras premium varietas pandanwangi, menthik, supaya lebih kompetitif dan masuk ke kelas ekspor," ujarnya.

Hilirisasi juga sampai dengan produk sisa seperti jerami, sekam dan dedak bisa dimanfaatkan untuk kompos dan sebagainya. Intinya minimalisir pembuangan limbah dengan prinsip reduce, reuse dan recycle.

Bupati Demak M Natsir yang hadir saat acara tersebut mengapresiasi apa yang dilakukan Kementan. Diakuinya Demak sebagai lumbung pangan di Jateng. Sebanyak 56,74 persen dari luas lahan 89.743 hektar merupakan lahan sawah dengan produkai 897 ton GKG tahun 2018.

"Demak ini penghasil beras urutan ke 3 se Jateng jadi sudah jadi tanggungjawab kami untuk menaukseskan program Kementan ini, seperti halnya Gratieks kita bertekad bisa capai 3 kali lipat ekspor kacang hijau di tahun ini," ujarnya.

Ketua Perpadi Sutarto Alimoeso yang hadir sebagai wakil perpadi juga bertekad membantu penyerapan gabah petani. "Ini mimpi kami selama ini, dengan adanya bantuan pembiayaan maka industri penggilingan kecil saya yakin bisa berlembang dan tentu membantu perekonomian petani kita," ungkapnya.

Teguh Budi dari BNI berkomitmen untuk memberikan akses seluas-luasnya bagi petani yang ingin mengembangkan usahanya sesuai prosedur yang berlaku. "Kami bantu petani supaya bisa mengembangkan usahanya," sebutnya.

Rangkaian acara ditutup dengan penandatanganan kerjasama antara BNI, Distan Jateng dan Perpadi Jateng dilanjutkan pemberian simbolis bantuan KUR untuk petani penggilingan masing masing senilai Rp 500 juta serta usaha mikro senilai Rp 17 juta. Total KUR yang diserap kali ini senilai Rp 6 Miliar.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Tim voli putri profesional dengan nama Jakarta Livin’ Mandiri

Jumat, 19 April 2024 - 19:28 WIB

Siap Tanding ! Bank Mandiri Resmi Umumkan Tim Proliga 2024 Putri, Jakarta Livin' Mandiri

Menjelang kompetisi voli terbesar di Indonesia, Proliga 2024, Bank Mandiri secara resmi mengumumkan tim voli putri profesional dengan nama Jakarta Livin’ Mandiri (JLM). Tim yang terdiri dari…

Gelorakan Sportivitas, PIS Jadi Sponsor Tim Voli Jakarta Pertamina Enduro dan Jakarta Pertamina Pertamax

Jumat, 19 April 2024 - 19:20 WIB

Gelorakan Sportivitas, PIS Jadi Sponsor Tim Voli Jakarta Pertamina Enduro dan Jakarta Pertamina Pertamax

Jakarta- PT Pertamina International Shipping menjadi salah satu sponsor resmi tim voli Jakarta Pertamina Pertamax dan Jakarta Pertamina Enduro yang akan berlaga di kompetisi Proliga 2024 musim…

Pembukaan ATARU Mal

Jumat, 19 April 2024 - 17:17 WIB

ATARU Mal Delipark Medan Resmi Dibuka Sebagai Toko Terbesar di Indonesia

ATARU yang merupakan bagian dari Kawan Lama Group di bawah naungan PT ACE Hardware Indonesia Tbk resmi membuka toko terbesar di Indonesia dan hadir pertama kali di Kota Medan.

Dok. microchip

Jumat, 19 April 2024 - 17:08 WIB

Perluas Pasar Jaringan Otomotif, Microchip Akuisisi ADAS dan Digital Cockpit Connectivity Pioneer VSI Co. Ltd.

Microchip Technology Inc. mengumumkan rampungnya pengakuisisian VSI Co. Ltd. yang berbasis di Seoul, Korea, pelopor industri yang menyediakan teknologi dan produk konektivitas kamera, sensor,…

PathGen

Jumat, 19 April 2024 - 16:50 WIB

PathGen Raih Pendanaan dari East Ventures dan Royal Group Indonesia

PathGen atau PathGen Diagnostik Teknologi, sebuah startup bioteknologi kesehatan berbasis di Indonesia yang berfokus pada solusi pengujian molekuler memperoleh pendanaan dari East Ventures,…