Singapura Serius Bangun Kawasan Ekonomi Khusus di Kawasan Industri Kendal

Oleh : Hariyanto | Kamis, 06 Februari 2020 - 11:13 WIB

Kedutaan Besar Singapura mengadakan pertemuan dengan para pengusaha Indonesia
Kedutaan Besar Singapura mengadakan pertemuan dengan para pengusaha Indonesia

INDUSTRY.co.id - Jakarta - Guna meningkatkan hubungan baik dengan Indonesia, Kedutaan Besar Singapura untuk Indonesia mengadakan pertemuan yang dihadiri Presiden Singapura Madam Halimah Yacob dan para pengusaha Indonesia pada Selasa (4/2/2020) di Shangri-La Hotel, Jakarta. 

Salah satu pengusaha Indonesia yang diundang dalam acara tersebut adalah Setyono Djuandi Darmono selaku Founder dan Chairman Jababeka Group, yang merupakan perusahaan pengembang kota terkemuka di Indonesia.

Pertemuan tersebut diharapkan dapat meningkatkan hubungan kemitraan dan menjadi jembatan untuk menginformasikan potensi investasi antar negara serta pengembangan proyek bisnis yang telah berjalan.

Tak terkecuali ketika Madam Halimah Yacob bertemu S.D Darmono dan berdiskusi hangat. Hal itu karena Jababeka Group merupakan partnership Singapura yang telah mengembangkan proyek bersama dengan Sembcorp dengan membuat proyek joint venture Kawasan Industri Kendal. Ia bertanya tentang sudah sejauh mana pengembangan Kawasan Industri Kendal yang telah mendapat status baru menjadi Kawasan Ekonomi Khusus. 

"Sangat maju, karena dari dua pemerintah, baik Indonesia dan Singapura, sangat mendukung. Hingga saat ini sudah ada 61 investor dari 8 negara ( Indonesia, Singapura, Korea Selatan, Taiwan, Japan, China, Hong Kong dan Malaysia) dengan total investasi Rp.15. 8 triliun, dan telah mempekerjakan 8.950 orang," jelas S.D Darmono.

Mendengar hal itu, madam Halimah merasa puas dan berharap dalam waktu dekat semakin banyak investor yang membuka pabrik di Kendal.  S.D Darmono sendiri mengapresiasi perhatian pemerintah Singapura, khususnya madam Halimah yang ikut mempromosikan Kawasan Ekonomi Khusus Kendal hingga bisa berkembang dalam waktu cepat.

Adapun sebelumnya Menteri Perindustrian Republik Indonesia, Agus Gumiwang Kartasasmita bertemu Menteri Perdagangan dan Perindustrian Singapura, Chan Chun Sing di kantor Kementerian Industri, Selasa (1/28/2020) lalu. Mereka sepakat untuk menguatkan kerjasama bilateral untuk meningkatkan daya saing sektor industri, dengan meningkatkan investasi untuk implementasi program pendidikan vokasi. Di mana hal itu dipercaya akan mendorong pertumbuhan ekonomi kedua negara.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Hitachi Solutions

Kamis, 09 Desember 2021 - 11:31 WIB

Hitachi Solutions Dinobatkan Sebagai Perusahaan Terdepan di IDC MarketScape Asia Pasific 2021

Hitachi Solutions, perusahaan penyedia solusi industri global yang dikelola oleh Microsoft Cloud and Business Applications, dengan bangga mengumumkan posisinya dalam kategori Perusahaan Terdepan…

PT Pertamina International Shipping (PIS)

Kamis, 09 Desember 2021 - 11:26 WIB

Utamakan Productive & Efficient, 2021 PIS Optimalisasikan Tranformasi Bisnis Integrated Marine Logistics

Di penghujung tahun 2021, Pertamina International Shipping (PIS) justru semakin gencar mengoptimalisasikan pencapaian bisnisnya. Pencapaian tersebut antara lain ditorehkan oleh Direktorat Niaga…

Jalasenastri Donasi Sembako kepada Korban Bencana Gunung Semeru Lumajang

Kamis, 09 Desember 2021 - 11:00 WIB

Jalasenastri Donasi Sembako kepada Korban Bencana Gunung Semeru Lumajang

Sejumlah 44 Koli diserahkan dengan disaksikan Danlanud Abd. Saleh Marsma TNI Zulfahmi S.Sos., M.Han., dan Kadisops Lanud Abd. Saleh Kolonel Pnb Subhan, S.T dengan harapan dapat membantu meringankan…

Kecap Sedaap Rayakan Semangat Inovasi dalam Dunia Kuliner Nelalui Gerakan Revolusi Sedaap

Kamis, 09 Desember 2021 - 10:59 WIB

Kecap Sedaap Rayakan Semangat Inovasi dalam Dunia Kuliner Nelalui Gerakan Revolusi Sedaap

Eksplorasi dan inovasi terjadi di mana-mana. Setiap harinya, kita mempelajari hal-hal baru yang menarik melalui inovasi sebagai bentuk dari eksplorasi, tak terkecuali dunia kuliner. Didukung…

Prasetiya Mulya Perkuat Persepsi Sains Positif

Kamis, 09 Desember 2021 - 10:38 WIB

Sambut Babak Baru Dunia Bisnis, Prasetiya Mulya Perkuat Persepsi Sains Positif

Universitas Prasetiya Mulya melepaskan 1.022 lulusan terbaiknya dengan menggemakan “Pemupukan Persepsi Sains yang Positif dan Pemajuan Bisnis Berbasis STEM di Indonesia”