Sertijab Komandan Puslatpsus dan Komandan Pustalurmar 6 Atralina

Oleh : Herry Barus | Kamis, 12 Desember 2019 - 03:00 WIB

Sertijab Komandan Puslatpsus dan Komandan Pustalurmar 6 Atralina
Sertijab Komandan Puslatpsus dan Komandan Pustalurmar 6 Atralina

INDUSTRY.co.id - Surabaya- Komandan Komando Latih Korps Marinir (Kolatmar) Kolonel Marinir Suliono, S.E. memimpin jalannya serah terima jabatan Komandan Pusat Latihan Khusus (Puslatjabsus) dan Komandan Pusat Latihan Tempur Marinir (Puslatpurmar)  6 Antralina di Lapangan Apel Mako Kolatmar Grati Pasuruan, Selasa (10/12/2019).

Serah terima jabatan ke dua Komandan Satuan Pelaksana (Satlak) Kolatmar yaitu Komandan Pusat Latihan Jabatan Khusus (Puslatjabsus) dari Komandan Kolatmar kepada Mayor Marinir Mohammad Abdilah, M.Tr (Opsla) dan  Komandan Puslatpurmar-6 Antralina  dari Letnan Kolonel Marinir Ayub Wibowo, S.E. kepada Mayor Marinir Sonny Mahendra.

Upacara Sertijab tersebut diikuti oleh 1 Unit Detasemen Musik Pangkalan Korps Marinir Surabaya, 1 SST pasukan Mako/Kima Kolatmar, 1 SST pasukan Puslatjabsus dan 1 SST pasukan Puslatpurmar-3 Grati. Adapun Komandan Kolatmar Kolonel Marinir Suliono, S.E. memimpin langsung jalannya upacara Sertijab tersebut, sebagai Komandan Upacara Kapten Marinir Kamilius Kiapati dan sebagai Perwira Upacara Letda Marinir Ilyas.

Pada amanat Komandan Kolatmar Kolonel Marinir Suliono, S.E. menyampaikan bahwa   serah terima jabatan pada hakekatnya merupakan suatu proses penting dalam dinamika perjalanan organisasi guna mendorong semangat pembaharuan dan penyegaran pemikiran yang diorientasikan pada peningkatan kinerja organisasi, selain itu juga merupakan bagian pembinaan personel secara berkesinambungan sekaligus peremajaan dan kaderisasi kepemimpinan, dengan harapan akan muncul ide-ide baru yang lebih segar, kreatif, inovatif dan responsif guna menjamin pelaksanaan tugas pokok yang lebih optimal.

Perlu diketahui bersama bahwa, Puslatjabsus merupakan satuan pelaksana Kolatmar yang memiliki tugas pokok merencanakan dan menyelenggarakan kursus yang berkualifikasi pada jabatan khusus, latihan operasi khusus dan pelatihan para ampibi serta menguji kesiapan tempur prajurit dikesatuan jajaran Korps Marinir, sedangkan Puslatpurmar-6 Antralina merupakan satuan pelaksana Kolatmar yang memiliki tugas pokok merencanakan dan menyelenggarakan kepelatihan maupun kursus di bidang taktik, operasi ampibi, operasi khusus dan pengujian kesiapan satuan tempur prajurlt Korps Marinir.

 

Jabatan DanPuslatjabsus dan Danpuslatpurmar-6 Antralina merupakan jabatan sangat penting dan strategis dalam organisasi Korps Marinir khususnya Kolatmar, karena kedua jabatan tersebut memiliki dua dimensi tugas yang cukup berat dan harus berjalan seiring dan selaras yaitu secara eksternal mampu meningkatkan kemampuan satuan-satuan jajaran Korps Marinir dan secara internal mampu menampilkan performen prajuritnya sebagai sosok pelatih yang memiliki kemampuan dan keilmuan di atas kemampuan prajurit yang dilatih, bila dihadapkan dampak negatif pengaruh perkembangan lingkungan dewasa yang mempengaruhi perilaku, moral, moril serta menurunya kinerja dan kemampuan prajurit maka tugas DanPuslatjabsus dan Danpuslatpurmar-6 Antralina tidaklah ringan, Satuan tersebut harus mampu menyamakan derap langkah dan komitment prajuritnya untuk mampu tampil sebagai sosok pelatih yang berilmu, terampil, cerdas, tegas dan berwibawa, disisi lain keterbatasan fasilitas, sarana dan prasarana serta alins dan alongins yang dimiliki saat ini menuntut seorang komandan untuk mampu mengembangkan kreatifitas, inovasi, gagasan/ ide-ide serta pemikiran-pemikiran yang tidak normatif sehingga mampu melaksanakan tugas pokoknya secara optimal ditengah-tengah keterbatasan yang dihadapi. 

 

Pada kesempatan yang baik tersebut Komadan Kolatmar menyampaikan ucapan terima kasih dan penghargaan yang tinggi kepada prajurit Puslatjabsus yang telah mampu melaksanakan tugas dengan baik, selama Ta. 2019 dengan berbagai kegiatan pembinaan antara lain, Lattap Danyon Korps Marinir, Suspara Dasar, Suspelatih korps Marinir. Semua terlaksana dengan lancar, aman dan maksimal, kepada kepada Mayor Marinir Muhammad Abdilah, Komandan Kolatmar Kolonel Marinir Suliono, E.E. nengucapkan selamat datang, selamat bergabung di Kolatmar dan selamat atas kepercayaan dan kehormatan yang diberikan oleh pemimpin TNI AL untuk menjabat sebagai Komandan Puslatjabsus, Komandan Kolatmar yakin dan percaya dengan bekal pengalaman kedinasan dan penugasan serta pendidikan dan latihan yang dimiliki akan mampu mengemban tugas tersebut dengan baik dan optimal.

Kepada Letkol Marinir Ayub Wibowo Komandan Kolatmar juga mengucapkan terimakasih dan penghargaan yang tinggi atas dedikasi, loyalitas, semangat dan pengabdian yang tulus yang telah ditunjukan dalam memimpin Pulatpurmar-6 Antralina, selama kurun waktu penugasan di Satuan Kolatmar beberapa kegiatan pembinaan yang telah diselenggarakan diantaranya Lattap Rupanpur, Lat Pratugas Ambalat, Pam Puter, Lattap Danki, Danton dan Danru/Karu/Kasi, Kursus Kibi Perwira Remaja, Lomba Binsat Korps Marinir Th 2019, Menembak Sniper Nasional, Baksos HUT Korps Marinir dan kegiatan-kegiatan yang bekerjasama dengan instansi Pemda setempat semua terlaksana dengan lancar, tertib dan aman, selain itu juga melaksanakan kegiatan perbaikan dan renovasi fasilitas, sarana dan prasarana penunjang kegiatan kesatuan.

Untuk itu Komandan Kolatmar mengucapkan apresiasi dan penghargaan yang tinggi, selanjutnya Dankolatmar mengucapkan selamat atas jabatan baru sebagai Pasops Lanmar Jakarta, Dankolatmar yakin dengan berbekal pengalaman, penugasan, pengetahuan dan kompetensi yang dimiliki, Letkol Marinir Ayub Wibisono, S.E. akan mampu mengemban tugas di kesatuan yang baru. Demikian juga kepada Ibu Ayub Wibowo, Komandan Kolatmar menyampaikan ucapan terima kasih atas segala jerih payah dan pengabdian Ibu dalam memimpin organisasi isteri prajurit Pusaltpurmar-6 Antralina serta mendampingi suami dalam melaksanakan tugasnya dengan penuh kesetiaan.

Selanjutnya Dankolatmar mengucapkan selamat datang di Kolatmar kepada Mayor Marinir Sonny Mahendra sebagai Komandan Puslatpurmar-6 Antralina, Dankolatmar yakin dengan berbekal pengalaman, penugasan, pengetahuan dan kompetensi yang dimiliki, Mayor Marinir Sonny Mahendra akan mampu dan berhasil dalam memimpin satuan nantinya, dan kepada Ibu Sonny Mahendra dan Ibu Muhammad Abdilah Komandan Kolatmar berharap mampu memimpin organisasi istri prajurit dengan baik serta akan mendampingi suami dalam dinas dengan setia, tulus dan ikhlas.

Sebelum mengakhiri amanatnya Komandan Kolatmar Kolonel Marinir Suliono, S.E. menyampaikan beberapa hal penting yang perlu untuk dipedomani dalam pelaksananan tugas sebagai Komandan Puslatjabsus dan Komandan Puslatpur-6 Antralina yang baru sebagai berikut, Pertama, Pelihara dan tingkatkan keimanan dan ketaqwaan prajurit kepada Tuhan Yang Maha Esa, Allah Subhanahu Wa Ta'ala sebagai landasan moral dalam pelaksanaan tugas di kesatuan. Kedua, Pelihara dan tingkatkan kemampuan ilmu pengetahuan dan keterampilan prajurlt khususnya dibidang kepelatihan agar mampu tampil sebagai sosok pelatih yang terampil, profesional, berilmu dan berkarakter. Ketiga, Ciptakan suasana yang harmonis dilingkungan kerja saudara dan ciptakan kegembiraan bagi seluruh prajurit dan keluarganya agar terwujud prestasi kerja yang lebih baik. Keempat, Tingkatkan soliditas dan sinergitas dengan instansi TNI, Polri dan masyarakat setempat guna menjamin pelaksanaan tugas yang lebih optimal.

 

Kepada seluruh prajurit Puslatjabsus dan Puslatpur-6 Antralina Dankolatmar memerintahkan agar memberikan dukungan maksimal pada Komandan yang baru sebagaimana mendukung Komandan sebelumnya dalam pelaksanaan tugasnya.

Hadir dalam Upacara Serah Terima Jabatan tersebut Ketua Cabang 5 Jalasenastri PG Kormar beserta pengurusnya, seluruh Perwira Staf Kolatmar, seluruh Komandan Satuan Kolatmar, Kaprim Kolatmar Mayor Marinir Poniman, para Perwira Mako Kima Kolatmar, Pulatjabsus serta Puslatpurmar-3 Grati.

 

Komentar Berita

Industri Hari Ini

OYO Berikan Layanan Komprehensif bagi Acara yang Diselenggarakan Pemerintah

Sabtu, 20 April 2024 - 10:06 WIB

OYO Berikan Layanan Komprehensif bagi Acara yang Diselenggarakan Pemerintah

OYO implementasikan kesuksesan bisnis akomodasi pemerintahan di India dengan sediakan layanan integrasi akomodasi, transportasi dan katering untuk berikan layanan komprehensif bagi acara yang…

IFG Life

Sabtu, 20 April 2024 - 09:48 WIB

Sambut Hari Konsumen Nasional, IFG Life Tegaskan Komitmen Customer-Centric

Menyambut Hari Konsumen Nasional yang jatuh pada 20 April 2024, PT Asuransi Jiwa IFG (IFG Life) kembali menekankan komitmen perusahaan untuk senantiasa memprioritaskan konsumen (customer-centric)…

Property Guru Awards 2024 kembali digelar

Sabtu, 20 April 2024 - 09:16 WIB

PropertyGuru Indonesia Property Awards 2024 Memperkenalkan Kategori Baru

PropertyGuru Indonesia Property Awards adalah bagian dari rangkaian PropertyGuru Asia Property Awards regional, yang memasuki tahun ke-19 pada tahun 2024.

Girl grup Arize rilis single keempat, Say Yes.

Sabtu, 20 April 2024 - 08:10 WIB

Formasi Baru, Girl Grup Arize Percaya Diri Rilis Single Say Yes

Dalam single Say Yes, girl grup Arize tampil dalam formasi baru. Berempat dengan beberapa diantaranya wajah baru yang memiliki kemampuan saling melengkapi.

Omega Hotel Management Segera Meluncurkan Restoran Indonesia "Ramela - Cultural Taste of Indonesia"

Sabtu, 20 April 2024 - 06:12 WIB

Omega Hotel Management Segera Meluncurkan Restoran Indonesia "Ramela - Cultural Taste of Indonesia"

Omega Hotel Management dengan bangga akan segera meluncurkan restoran terbaru mereka yang menampilkan kekayaan kuliner Indonesia, "Ramela - Cultural Taste of Indonesia". Restoran ini akan menjadi…