Meski Persaingan Reservasi Hotel Kian Ketat, Agoda Akui Pertumbuhan Bisnisnya Terus Meningkat

Oleh : Ridwan | Rabu, 27 November 2019 - 07:05 WIB

Country Manager Agoda Indonesia Gede Gunawan (Foto: Ridwan/Industry.co.id)
Country Manager Agoda Indonesia Gede Gunawan (Foto: Ridwan/Industry.co.id)

INDUSTRY.co.id - Bandung - Perusahaan layanan reservasi properti hotel atau resor secara online, Agoda mengakui bahwa pertumbuhan bisnisnya terus meningkat dari tahun ke tahun. Hal ini dibuktikan dengan makin bertambahnya jumlah listing properti (hotel, resor, dan villa) yang menjadi rekanan Agoda.

"Pertumbuhan listing kita di dunia dalam kurun waktu dua tahun bisa tumbuh 1,6 juta juta listing properti (termasuk hotel, villa, resor), dan saat ini sudah 2,2 juta listing kita di dunia," kata Country Manager Agoda Indonesia Gede Gunawan dalam media breafing di Bandung, Jawa Barat (26/11).

Untuk di Indonesia, jelas Gunawan, Agoda telah memiliki lebih dari 62 ribu properti dan 19 ribu lebih Agoda Homes. Agoda Homes adalah fasilitas penginapan non-hotel yang disediakan oleh pemilik properti atau disebut host. Agoda Homes bisa berupa apartemen, homestay, bahkan rumah pohon.

Menurutnya, Indonesia menjadi salah satu pasar potensial bagi Agoda. "Indonesia masih menjadi pasar potensial buat kami, ceruk pasarnya masih besar," terangnya.

Berdasarkan data statistik yang dihimpun Agoda, pertumbuhan bisnis sharing economy di tahun 2025 akan sebanding dengan pertumbuhan ekonomi tradisional. Bahkan, jumlah transaksi bisnis sharing ecomomy pada tahun 2021 mencapai USD 194 juta dengan jumlah pengunjung mencapai 174 juta orang.

"Jadi, saya melihat potensi bisnis ini sangat luar biasa kedepannya," ungkap Gunawan.

Dijelaskan Gunawan, keindahan alam dan ragam budaya menjadi magnet tersendiri bagi wisatawan mancanegara (wisman) untuk menghabiskan waktu liburnya di Indonesia. Tercatat, Singapura, Malaysia, dan Australia negara asal kunjungan terbanyak ke Indonesia dan melakukan reservasi lewat Agoda.

"Tentu saja dengan meningkatnya jumlah wisman yang datang ke Indonesia akan mendongkrak permintaan hotel, resor, villa serta penginapan non-hotel. Ini menjadi peluang bagi kami (Agoda)," terangnya.

lebih lanjut, Gunawan mengatakan, Bali, Jakarta, Bandung, Yogyakarta masih menjadi destinasi teratas di Indonesia untuk wisatawan internasional. Sedangkan, Singapura, Kuala Lumpur, Tokyo, Bangkok, dan Penang menjadi destinasi internasional teratas untuk wisatawan Indonesia.

Sementara itu, China, India, Jepang menjadi negara tiga teratas di Asia dengan properti paling banyak di Agoda. "Orlando, Bali, London, Roma, Mayorka, menjadi lima kota dengan properti paling banyak di Agoda," ungkap Gunawan.

Untuk menarik pasar di Asia, terang Gunawan, pihaknya telah merumuskan strategi marketing yang luar biasa diantaranya, layanan pelangga 24 jam penuh melalui telepon, email, dan chating dalam 17 bahasa. Tak hanya itu, aplikasi Agoda kini telah tersedia dalam 38 bahasa. "Ini yang menjadi kelebihan kami dibanding kompetitor lainnya," sambungnya.

Gunawan optimis dengan strategi marketing yang konsisten dapat mengambil ceruk pasar yang besar di Indonesia. "Kami optimis sekali Indonesia akan menjadi pasar yang potensial bagi Agoda," tutupnya.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Menparekraf Sandiaga Uno membuka Road to Run for Independence (RFID) 2024 yang diigelar untuk peringati Hari Kartini

Jumat, 26 April 2024 - 23:19 WIB

Gelorakan Gaya Hidup Sehat di Kalangan Perempuan, RFID Kembali Digelar di Hari Kartini

Road to RFID 2024 ini diadakan dengan mengambil momentum Hari Kartini yang jatuh pada 21 April, dengan misi menggelorakan kembali semangat dan gaya hidup sehat di kalangan kaum perempuan

Penandantanganan kerja sama Singapore Tourism Board dan GDP Venture yang manfaatkan teknologi AI.

Jumat, 26 April 2024 - 22:52 WIB

Lanjutkan Kemitraan, Singapore Tourism Board dan GDP Venture Manfaatkan Teknologi AI

Kolaborasi strategi pemasaran yang komprehensif dan unik ini memanfaatkan kekuatan berbagai perusahaan dalam portofolio GDP Venture untuk meningkatkan kesadaran sekaligus mendorong pertumbuhan…

Kota Podomoro Tenjo

Jumat, 26 April 2024 - 17:08 WIB

Kota Podomoro Tenjo Luncurkan Tiga Produk Properti Terbaru

Kota Podomoro Tenjo meluncurkan 3 (tiga) produk properti terbaru melalui pameran properti bertajuk “Fantastic Milenial Home; Langkah Mudah Punya Rumah” yang berlangsung selama tanggal 23…

Ilustrasi perumahan

Jumat, 26 April 2024 - 16:44 WIB

Bogor dan Denpasar Jadi Wilayah Paling Konsisten dalam Pertumbuhan Harga Hunian di Kuartal I 2024

Sepanjang Kuartal I 2024, Bogor dan Denpasar menjadi wilayah paling konsisten dan resilient dalam pertumbuhan harga dan selisih tertinggi di atas laju inflasi tahunan

Bank Raya

Jumat, 26 April 2024 - 16:33 WIB

Bank Raya Kembali Torehkan Pertumbuhan Laba Double Digit di Triwulan 1 Tahun 2024

Fokus Bank Raya di 2024 adalah berinvestasi pada pertumbuhan bisnis yang  berkualitas untuk menjadikan Bank Raya sebagai bank digital utama untuk segmen mikro dan kecil. Strategi pengembangan…