Jelang HUT Ke74, Korps Marinir Gelar Go Green

Oleh : Herry Barus | Minggu, 10 November 2019 - 03:32 WIB

Korps Marinir Gelar Go Green
Korps Marinir Gelar Go Green

INDUSTRY.co.id - Surabaya- Dalam rangka memperingati HUT ke-74 Korps Marinir, prajurit Korps Marinir menggelar acara Go Green dengan menanam ribuan pohon di Kesatrian Marinir Sutedi Senaputra Karangpilang, Surabaya. Sabtu (09/11/2019).

Marinir Go Green, yang dibuka secara langsung oleh Komandan Pasmar 2 Brigjen TNI (Mar) Ipung Purwadi, M.M. mewakili Komandan Korps Marinir Mayjen TNI (Mar) Suhartono, M.Tr (Han) tersebut, bertujuan untuk menjadikan area di lingkungan Kesatrian Marinir Sutedi Senaputra Karangpilang menjadi lebih hijau dan sejuk, acara tersebut dilaksanakan sebagai bagian dari rangkaian kegiatan dalam rangka memperingati HUT ke-74 Korps Marinir tahun 2019.

Dalam program Go Green kali ini, selain pohon produktif juga ditanam pohon tanaman keras, dipilihnya pohon tanaman keras sebagai peneduh, pohon Trembesi yang dikenal mampu bertahan hidup pada lahan-lahan marginal dan lahan-lahan kritis, seperti  Karangpilang yang tanahnya keras dan gersang, sedangkan pohon-pohon produktif yang menghasilkan buah agar bisa dikonsumsi, dimaksudkan hasilnya juga dapat dinikmati oleh prajurit, selain itu kegiatan ini juga bertujuan untuk mendukung salah satu progam penghijauan yang sedang di canangkan oleh pemerintah.

Dalam kegiatan ini, ditanam ribuan bibit pohon dengan bermacam-macam jenis, diantaranya trembesi, mahoni, sengon, palem, asem, durian, jambu, sirsak, petai, matoa, kelengkeng, tabelnea, glodokan, sukun dan nangka. Selain itu ditanam pula ratusan bibit tanaman keras lainnya, seperti jati dan akasia yang di tanam dengan menyesuaikan lokasi.

Dalam sambutannya yang dibacakan Komandan Pasmar 2, Komandan Korps Marinir menyampaikan bahwa penanaman pohon tersebut merupakan salah satu bentuk kepedulian Korps Marinir untuk meningkatkan dan menciptakan lingkungan yang sehat dengan kualitas udara yang baik sebagai keseimbangan hidup di wilayah Surabaya khususnya di Kesatrian Marinir Sutedi Senaputra Karangpilang, selian itu juga untuk konservasi keanekaragaman hayati dan penyerapan karbon di atmosfir sehingga mencegah dampak perubahan iklim, juga menghasilkan lingkungan yang semakin hijau, sejuk dan sehat serta guna mengajak masyarakat agar mempunyai rasa peduli akan keselamatan dan kelestarian lingkungan.

Korps Marinir dihari jadinya yang ke-74, selain kegiatan penanaman 3.400 pohon, bersama dengan Komunitas Kendaraan Bermotor Jawa Timur juga mengadakan pemberian santunan kepada anak yatim, dan penyerahan dana bakti sosial yang diserahkan secara simbolis oleh Ketua Komunitas Kendaraan Bermotor Jawa Timur.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut Wadan Pasmar 2 Kolonel Marinir Herry Djuhaeri, M.M, para Asisten Danpasmar 2, para Dankolak Pasmar 2, Wadan Lanmar Surabaya, Dansatlak dijajaran Pasmar 2, Danpuslatpur 7 Lampon mewakili Dankolatmar, Ketua Korcab Pasmar 2 Gabungan Jalasenastri Korps Marinir Ny. Mira Ipung Purwadi beserta pengurus Korcab Pasmar 2, dan ratusan anggota Komunitas Kendaraan Bermotor Jawa Timur.

 

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Luanada, Generasi Milenial yang ikut meramaikan Konser lagu -lagu 80-90an Hip Hip Hura Hura di Balai Sarbini 6 Desember mendatang (Foto: Amz)

Kamis, 14 November 2019 - 10:04 WIB

Luanada Meski Milenial Tapi Menyukai Lagu-lagu 80-90an Untuk Asah Kemampuan

Salah satu penyanyi yang ikut meramaikan Konser ‘Hip Hip Hura Hura’ yang khusus menyanyian lagu-lagu 80’s-90’s’ pada 6 Desember 2019 mendatang adalah Luanada. Nama ini memang terdengar…

Direktur Jenderal Industri Kecil Menengah dan Aneka (IKMA) Kemenperin Gati Wibawaningsih

Kamis, 14 November 2019 - 10:02 WIB

Kemenperin Pastikan Penurunan Bunga KUR Bakal Dongkrak Produksi IKM

Kementerian Perindustrian (Kemenperin) menyambut baik penurunan bunga kredit usaha rakyat (KUR). Hal ini dinilai akan meningkatkan kapasitas produksi industri kecil dan menengah (IKM).

kebakaran hutan dan lahan (karhutla).

Kamis, 14 November 2019 - 10:00 WIB

Cegah Karhutla, Pemegang Konsesi Harus Dibebani Tanggung Jawab

Pemegang konsesi wajib dibebani tanggung jawab atas setiap peristiwa yang terjadi di area konsesi hutan dan lahan yang dikuasainya. Cara pencegahan ini dinilai efektif dan tidak membutuhkan…

Tri Handoko Seto, Kepala Balai Besar Teknologi Modifikasi Cuaca- BPPT

Kamis, 14 November 2019 - 09:55 WIB

BPPT Terapkan Teknologi Modifikasi Cuaca di Das Brantas Jawa Timur.

Malang- Jawa Timur mulai terapkan Teknologi Modifikasi Cuaca (TMC), di daerah aliran Sungai Brantas Hulu untuk pengisian waduk Ir Sutami.

Sebagian Artis yang akan mengisi acara Konser Hip Hip Hura Hura di Balai Sarbini 6 Desember mendatang a.l. Mus Mujiono, Deddy Dhukun, Ratu Ira, dan Oddie Agam . (Foto : AMZ)

Kamis, 14 November 2019 - 09:39 WIB

Konser ‘HIP HIP HURA HURA’ Tawarkan Lagu 80-90an Sambil Berdansa Ramai Ramai

Nampaknya musik tahun 80 hinga 90an kembali menjadi tren pertunjukan musik saat ini. Sudah banyak promotor yang menghadirkan musisi dan artis penyanyi era tahun tersebut untuk konser nostalgia.…