Dosen President University Ciptakan Mesin Pembuat Briket Arang Sekam Bernilai Jual Tinggi

Oleh : Hariyanto | Rabu, 09 Oktober 2019 - 21:19 WIB

Dosen President University Ciptakan Mesin Pembuat Briket Arang Sekam Bernilai Jual Tinggi
Dosen President University Ciptakan Mesin Pembuat Briket Arang Sekam Bernilai Jual Tinggi

INDUSTRY.co.id - Cikarang - Menjadi salah satu sentra padi di wilayah Pantai Utara Jawa, Kabupaten Bekasi, khususnya Desa Sukamaju menghadapi tantangan yang perlu segera diselesaikan yaitu pencemaran oleh limbah kulit padi (sekam). Pada saat panen, sekam yang dihasilkan dari proses penggilingan padi seringkali terkena angin dan mengganggu lingkungan. 

Dalam jangka panjang, hal ini dapat mengganggu kesehatan manusia. Selain itu, apabila dijual langsung pun, hasilnya kurang menguntungkan. Menanggapi fakta ini, tim dosen dari President University melakukan penelitian melalui Program Kemitraan Masyarakat (PKM) berjudul “Pemanfaatan Limbah Sekam Padi Menjadi Briket Arang Untuk Meningkatkan Pendapatan Masyarakat Desa Sukamaju Kecamatan Tambelang Kabupaten Bekasi”. 

Diketuai oleh Nanang Ali Sutisna, M.Eng yang merupakan dosen Program Studi Teknik Mesin President University dan beranggotakan Filda Rahmiati, BBA., MBA. dan Grace Amin, S.Psi., M.Psi. yang merupakan dosen Program Studi Manajemen President University, penelitian ini berhasil mendapatkan hibah dari Direktorat Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat, Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud). 

Menurut ketiga dosen ini, langkah penting yang harus diambil untuk mengatasi tantangan yang dihadapi Desa Sukamaju adalah memanfaatkan sekam untuk dijadikan produk yang bernilai jual tinggi sehingga dapat meningkatkan perekonomian desa. 

Melalui penelitian ini, mereka berhasil membuat alat pembuat arang sekam dan mesin pres briket arang sekam. Briket arang sekam banyak diminati negara-negara seperti Jepang, Arab, Turki, dan beberapa negara lain karena dapat dimanfaatkan untuk kebutuhan memasak, penerangan, maupun kegiatan industri. Maka dari itu, potensi ekspor briket arang sekam ini menjanjikan.

Acara serah terima dan sosialisasi penggunaan mesin ini dilaksanakan di Kantor Desa Sukamaju, Kabupaten Bekasi pada Senin, 7 Oktober 2019. Acara dihadiri oleh warga, jajaran perangkat desa serta karang taruna dari Desa Sukamaju.

Acara terbagi menjadi dua sesi. Sesi pertama merupakan sosialisasi penggunaan dari alat dan mesin yang diberikan oleh tim dosen President University. Dalam sesi ini, Nanang menjelaskan dan mempraktekkan langsung cara membakar sekam menggunakan alat yang timnya ciptakan. 

“Prinsipnya sederhana. Pembakaran sekam menggunakan alat ini hanya memerlukan waktu 30-40 menit, kemudian sudah siap dicetak dengan mesin pres. Namun sebelum dicetak, arang yang sudah berbentuk serbuk tersebut harus dicampur dengan perekat misalnya tepung tapioca (kanji) baru kemudian dipress atau dicetak untuk selanjutnya dikeringkan,” kata Nanang.

Menurut tim dosen President University, ketersediaan produk tidaklah menjadi nilai jual apabila tidak ada yang membeli produk tersebut. Untuk itu, di sesi yang kedua, Dosen Program Studi Manajemen President University Dr. Ir. Chairy, S.E., M.M. hadir untuk memberikan materi mengenai metode pemasaran yang dapat dilakukan oleh masyarakat Desa Sukamaju. 

“Dengan kemasan yang telah didesain oleh tim President University, briket arang sekam ini dapat dipasarkan tidak hanya melalui organisasi tingkat desa, namun juga secara online,” jelasnya. 

Dalam wawancara terpisah, pria yang saat ini menjabat sebagai Sekretaris Yayasan Pendidikan Universitas Presiden mengatakan, tim President University akan terus memonitor proses produksi briket arang sekam ini sehingga kualitasnya baik dan siap serta layak untuk dipasarkan.

Terkait proses produksi dan pemasaran ke depannya, Sekretaris Desa Sukamaju Nakim Suhardi mengatakan bahwa karang taruna akan bertanggung jawab atas produksi briket arang sekam dan proses pemasarannya akan diserahkan kepada Badan Usaha Milik Desa (BUMDes). “Kami harap kehadiran mesin ini dapat menambah pendapatan masyarakat Desa Sukamaju serta memberikan kegiatan yang positif bagi karang taruna di desa ini,” ujarnya.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

PELNI Mulai Layari Trayek Luar Negeri

Rabu, 22 Januari 2020 - 07:00 WIB

Dukung Industri Lgistik, PELNI Mulai Layari Trayek Luar Negeri

PT Pelayaran Nasional Indonesia (Persero) - PT PELNI (Persero) akan memulai pelayaran trayek luar negeri. Untuk tahap awal Perseroan mengambil pasar ASEAN. Pelayaran perdana dari Tanjung Priok,…

Ketua DPR RI Bambang Soesatyo. (Foto: Bamsoet.com)

Rabu, 22 Januari 2020 - 06:00 WIB

Bamsoet Harap Konflik Dewas dan Direksi TVRI Bisa Segera Selesai

Ketua MPR RI Bambang Soesatyo (Bamsoet) berharap polemik yang terjadi di tubuh TVRI pasca diberhentikannya Direktur Utama TVRI Helmy Yahya oleh Dewan Pengawas (Dewas) TVRI, bisa segera mereda.…

Batalyon Polisi Militer 2 Marinir Temukan dan Amankan Obyek Vital

Rabu, 22 Januari 2020 - 05:30 WIB

Batalyon Polisi Militer 2 Marinir Temukan dan Amankan Obyek Vital

Prajurit Batalyon Polisi Militer 2 Marinir (Yon POM 2 Mar) mendalami kembali llmu Medan Membaca Peta (IMMP) yang tengah melaksanakan kegiatan Latihan Perorangan Dasar (LPD) dan Latihan Perorangan…

Pangkogabwilhan II Marsdya TNI Fajar Prasetyo, S.E., M.M

Rabu, 22 Januari 2020 - 05:00 WIB

Pangkogabwilhan II Kukuhkan 45 Pamen TNI di Jajaran Kogabwilhan II

Pangkogabwilhan II Marsdya TNI Fajar Prasetyo, S.E., M.M. mengukuhkan 45 Perwira Menengah (Pamen) TNI di lingkungan Kogabwilhan II, terdiri dari 44 Kolonel untuk menjabat 7 Wakil Asisten, 3…

Executive Vice President Telkom Regional II Area Jakarta, Banten, Bogor, Tangerang, Bekasi (Jababotabek) Teuku Muda Nanta (tengah) didampingi General Manager Wilayah Telkom Jakarta Timur Zahrial Hamid Nasution (kiri) dan Operation Senior Manager Consumer Marketing Telkom Regional II Area Jakarta, Banten, Bogor, Tangerang, Bekasi (Jababotabek) Mustakim Wahyudi

Rabu, 22 Januari 2020 - 00:58 WIB

IndiHome Apresiasi Pelanggan dengan Total Hadiah Hingga Rp5 M

IndiHome sebagai layanan triple play milik PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk terus berupaya memberikan layanan terbaik dan apresiasi bagi pelanggan. Pada Selasa (21/1), IndiHome mengumumkan…