Bupati Sumenep Buka Acara Madura Writers Readers Festival

Oleh : Nina Karlita | Selasa, 23 April 2024 - 23:38 WIB

Pengukuhan Nia Kurnia sebagai Bunda Literasi Sumenep di acara Madura Writers Readers Festival 2024.
Pengukuhan Nia Kurnia sebagai Bunda Literasi Sumenep di acara Madura Writers Readers Festival 2024.

INDUSTRY.co.id - Kabupaten Sumenep - Pertunjukkan teatrikal mengawali dibukanya kegiatan Madura Writers Readers Festival (MWRF) di Kabupaten Sumenep oleh Bupati Sumenep Achmad Fauzi Wongsojudo di Universitas Bahaudin, Selasa, (24/4/2024). 

Teatrikal berjudul 'Kembalikan Kejayaan Nusantara Dengan Membaca' itu dipentaskan oleh Teater Tatak Parjuga SDN Juluk I Saronggi.
 
Dalam kesempatannya, Bupati Sumenep Achmad Fauzi mengatakan saat ini kompetisi di dunia sangat ketat. Tanpa ilmu mustahil bisa melakukan perubahan. Tanpa ilmu akan sulit menjadi pemenang. Namun, ilmu tidak akan diperoleh jika tidak diupayakan atau lewat pendidikan. 

"Sulit dikatakan sebagai manusia yang kompetitif jika tidak membaca," ucap Bupati Achmad Fauzi.
 
Indonesia menargetkan ketika memasuki usia satu abad kemerdekaan pada 2045 mendatang menargetkan masuk ke dalam jajaran negara terkuat di dunia. Hal ini beralasan mengingat bonus demografi yang dimiliki Indonesia saat ini. 

Bonus demografi adalah masa di mana penduduk usia produktif (15-64 tahun) akan lebih besar dibanding usia nonproduktif (65 tahun ke atas) dengan proporsi lebih dari 60% dari total jumlah penduduk Indonesia. 

"Keunggulan tersebut harus dibarengi dengan kemampuan yang kompetitif," tambah Bupati Sumenep. 

Dalam sesi bincang-bincang dengan Duta Baca Indonesia Gol A Gong, penulis buku Gramedia Vivi Nafidzatin Nadhor mengajak masyarakat mengubah mind set (pola pikir) gagalnya kebiasaan membaca dilakukan bukan karena kesibukan, melainkan rasa malas. 

"Justru kebiasaan itu harus dipaksa. Kita harus berani menargetkan, misal satu buku habis dibaca dalam sebulan. Atau komitmen mematikan HP selama satu jam, demi kebiasaan membaca, " ujar Vivi.
 
Pegiat literasi Widawati menambahkan hingga kini sudah banyak tumbuh komunitas literasi di Sumenep. Bahkan, mayoritas anggota komunitas merupakan penulis. 

"Bagi seorang pegiat literasi, aktivitas menulis dan menghasilkan karya merupakan letak kebahagiaan," ungkapnya. 

Selain disemarakkan dengan kehadiran budayawan senior Kyai Zawawi Imron dan para penggerak literasi budaya, serta bazar buku murah, MWRF 2024 juga diselenggarakan pengukuhan Nia Kurnia sebagai Bunda Literasi Sumenep.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Menparekraf Sandiaga Uno saat mengajak delegasi The 2nd UN Tourism Regional Conference tanam Bakau

Sabtu, 04 Mei 2024 - 10:45 WIB

Menteri Sandiaga Uno Ajak Delegasi The 2nd UN Tourism Regional Conference Tanam Bakau di Telaga Waja, Benoa

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf), Sandiaga Salahuddin Uno mengajak delegasi "The 2nd UN Tourism Regional Conference on the Empowerment of Women in Tourism in Asia and the…

Ilustrasi emas. (Ulrich Baumgarten/Getty Images)

Sabtu, 04 Mei 2024 - 09:58 WIB

Analisa Harga Emas Tahun 2024: Menyentuh Tempat Tertinggi

Tahun 2024 diprediksi menjadi tahun yang menarik bagi pasar emas. Dengan beberapa analis dan sumber berbagai institusi memperkirakan harga emas akan mencapai tingkat yang belum pernah terjadi…

Presiden saat meresmikan Bendungan Tiu Suntuk NTB

Sabtu, 04 Mei 2024 - 07:56 WIB

PTPP Selesaikan Proyek Bendungan Tiu Suntuk Paket II

PT PP (Persero) Tbk sebagai salah satu BUMN Konstruksi dan Investasi di Indonesia (“PTPP”) berhasil menyelesaikan pembangunan proyek Bendungan Tiu Suntuk Paket II dengan luas 464,63 Ha.

PT JIEP Segera Hadirkan Salah Satu Masjid Terbesar di Jakarta Timur

Sabtu, 04 Mei 2024 - 04:17 WIB

PT JIEP Segera Hadirkan Salah Satu Masjid Terbesar di Jakarta Timur

PT Jakarta Industrial Estate Pulogadung (JIEP) menggelar seremoni peletakan batu pertama (groundbreaking) Pembangunan Masjid JIEP Jayakarta yang akan menjadi salah satu Masjid terbesar di Jakarta…

Moshiro Hadir di BeautyFest Asia di Lima Kota

Sabtu, 04 Mei 2024 - 04:06 WIB

Moshiro Hadir di BeautyFest Asia di Lima Kota

Festival kecantikan terbesar di Asia Tenggara, BeautyFest Asia 2024. Tahun ini, BeautyFest Asia siap memukau para penggemar kecantikan di lima kota! Acara perdana dimulai di hotel bergengsi…