Bupati Sumenep Buka Acara Madura Writers Readers Festival

Oleh : Nina Karlita | Selasa, 23 April 2024 - 23:38 WIB

Pengukuhan Nia Kurnia sebagai Bunda Literasi Sumenep di acara Madura Writers Readers Festival 2024.
Pengukuhan Nia Kurnia sebagai Bunda Literasi Sumenep di acara Madura Writers Readers Festival 2024.

INDUSTRY.co.id - Kabupaten Sumenep - Pertunjukkan teatrikal mengawali dibukanya kegiatan Madura Writers Readers Festival (MWRF) di Kabupaten Sumenep oleh Bupati Sumenep Achmad Fauzi Wongsojudo di Universitas Bahaudin, Selasa, (24/4/2024). 

Teatrikal berjudul 'Kembalikan Kejayaan Nusantara Dengan Membaca' itu dipentaskan oleh Teater Tatak Parjuga SDN Juluk I Saronggi.
 
Dalam kesempatannya, Bupati Sumenep Achmad Fauzi mengatakan saat ini kompetisi di dunia sangat ketat. Tanpa ilmu mustahil bisa melakukan perubahan. Tanpa ilmu akan sulit menjadi pemenang. Namun, ilmu tidak akan diperoleh jika tidak diupayakan atau lewat pendidikan. 

"Sulit dikatakan sebagai manusia yang kompetitif jika tidak membaca," ucap Bupati Achmad Fauzi.
 
Indonesia menargetkan ketika memasuki usia satu abad kemerdekaan pada 2045 mendatang menargetkan masuk ke dalam jajaran negara terkuat di dunia. Hal ini beralasan mengingat bonus demografi yang dimiliki Indonesia saat ini. 

Bonus demografi adalah masa di mana penduduk usia produktif (15-64 tahun) akan lebih besar dibanding usia nonproduktif (65 tahun ke atas) dengan proporsi lebih dari 60% dari total jumlah penduduk Indonesia. 

"Keunggulan tersebut harus dibarengi dengan kemampuan yang kompetitif," tambah Bupati Sumenep. 

Dalam sesi bincang-bincang dengan Duta Baca Indonesia Gol A Gong, penulis buku Gramedia Vivi Nafidzatin Nadhor mengajak masyarakat mengubah mind set (pola pikir) gagalnya kebiasaan membaca dilakukan bukan karena kesibukan, melainkan rasa malas. 

"Justru kebiasaan itu harus dipaksa. Kita harus berani menargetkan, misal satu buku habis dibaca dalam sebulan. Atau komitmen mematikan HP selama satu jam, demi kebiasaan membaca, " ujar Vivi.
 
Pegiat literasi Widawati menambahkan hingga kini sudah banyak tumbuh komunitas literasi di Sumenep. Bahkan, mayoritas anggota komunitas merupakan penulis. 

"Bagi seorang pegiat literasi, aktivitas menulis dan menghasilkan karya merupakan letak kebahagiaan," ungkapnya. 

Selain disemarakkan dengan kehadiran budayawan senior Kyai Zawawi Imron dan para penggerak literasi budaya, serta bazar buku murah, MWRF 2024 juga diselenggarakan pengukuhan Nia Kurnia sebagai Bunda Literasi Sumenep.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Kendal Industrial Park

Senin, 20 Mei 2024 - 14:33 WIB

Tren Mobil Listrik dan Renewable Energy Daya Pikat Investasi Kawasan Industri Kendal

Pemerintah Indonesia saat ini tengah giat mendorong pemanfaatan energi baru dan terbarukan (renewable energy) guna menurunkan emisi gas rumah kaca. Berbagai upaya dilakukan pemerintah, seperti…

PT Gunung Raja Paksi Tbk (GGRP)

Senin, 20 Mei 2024 - 14:31 WIB

Mengusung Produk Baja Ramah Lingkungan, GRP Siap Bersaing di Pasar Baja Dunia

PT Gunung Raja Paksi Tbk (GGRP) terus menggenjot penjualan baja ke pasar ekspor. Perseroan optimistis prospek dan permintaan ekspor baja pada tahun 2024 masih ada ruang untuk terus bertumbuh.…

TikTok

Senin, 20 Mei 2024 - 12:55 WIB

Analyzing TikTok's Marketing Model

In the digital age, social media platforms have revolutionized marketing strategies, offering innovative ways for brands to connect with their audiences. Among these platforms, TikTok has emerged…

Menhan Prabowo Subiato Hadiri The 10th World Water Forum Yang Dibuka Resmi Presiden Jokowi di Bali

Senin, 20 Mei 2024 - 12:42 WIB

Menhan Prabowo Subiato Hadiri The 10th World Water Forum Yang Dibuka Resmi Presiden Jokowi di Bali

Menteri Pertahanan Republik Indonesia (Menhan RI) Prabowo Subianto menghadiri acara forum air terbesar sedunia, “The 10th World Water Forum (WWF) yang dibuka secara resmi oleh Presiden RI…

Peresmian Kantor Baru Skinproof

Senin, 20 Mei 2024 - 12:23 WIB

Komitmen Tingkatkan Keamanan dan Inovasi Produk di Industri Kecantikan, Skinproof Buka Kantor Baru di Jakarta

Industri kecantikan secara global maupun nasional tumbuh begitu pesat dalam beberapa tahun terakhir. Sejalan dengan pertumbuhan tersebut, juga terjadi lonjakan jumlah produk kecantikan yang…