Mantan Kepala BNN dan GPAN Berharap Nunung Srimulat Bisa Direhabilitasi

Oleh : Amazon Dalimunthe | Sabtu, 10 Agustus 2019 - 16:30 WIB

Ketua Umum GPAN, Drs Siswandi, Mantan Kepala BNN Anang Iskandar dan Pelawak Polo memberikan komentar tentang kasus yang menimpa Nunung.
Ketua Umum GPAN, Drs Siswandi, Mantan Kepala BNN Anang Iskandar dan Pelawak Polo memberikan komentar tentang kasus yang menimpa Nunung.

INDUSTRY.co.id - Jakarta-- Kasus penyalahgunaan narkoba yang menimpa komedian Tri Retno Prayudati atau Nunung mendapat sorotan dari Mantan Kepala BNN Komjen Pol (Purn) Anang Iskandar, SIK SH MH dan juga  Komjen pol (Purn) Drs Siswandi yang kini memimpin LSM Generasi Peduli Anti Narkoba (GPAN). Mereka sepakat setelah proses peradilan Nunung Srimulat lebih layak direhabilitasi daripada di penjara

“Nunung sebagai pengguna semestinya direhabilitasi. Karena narkoba yang digunakannya itu masih sebatas di konsumsi sendiri ukan untuk diedrakan untuk tujuan memperoleh keuntungan” kata Anang dalam diskusi di Kantor GPAN Jl. Gunawarman No. 75, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Jumat (9/8/2019).

Anang membeberkan pendapatnya itu didasari atas regulasi yang mengatur tentang narkotika. “Pada prinsipnya UU Narkotika mengatur dua kejahatan, kejahatan pengguna dan peredaran. “Kejahatan penyalahgunaan (narkotika) sifatnya penegak hukum (memberlakukan) rehabilitatif,” paparnya.

Saat ini Anang melihat dalam kasus Nunung pihak kepolisian menjalani represif, bukan rehabilitatif. “Kalau Nunung dipenjara, itu bertentangan dengan UU Narkotika,” tegas Anang.

Akan tetapi, pendapat Anang itu bukan berarti untuk menekan proses hukum Nunung. Ia justru setuju dengan proses hukum yang sedang bergulir, hanya saja penerapannya haruslah tepat.

“Saya setuju, Nunung sampai pengadilan. Nunung memang bersalah dan penjahat. Yang tidak boleh dilakukan penegak hukum menahan dan memvonis nunung dengan penjara. Harus dihukum rehabilitasi,” pungkas Anang.

Sementara itu Siswandi selaku ketua Umum GPAN mengatakan pihaknya siap memediasi kasus Nunung dengan pihak Kepolisian. “Bukan mencampuri kasus pidananya jika ada. Tetapi jika memang ini asih kasuh penyalahgunaan maka Nunung kita minta di rehabilitasi,” kata Siswandi. 

Selama ini  GPAN sudah banyak membantu korban penyalahgunaan Narkoba untuk direhabilitasi.

“Kalau korban sampai masuk penjara yang dikhawatirkan bukan sembuh malah akan semakin parah. Karena di daam penjara dia akan banyak bertemu para pengedar dan jaringan narkotika lainnya,” pungkas Siswandi. (AMZ)

 

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Ketua Dewan Komisioner OJK Wimboh Santoso di Universitas Sebelas Maret

Minggu, 25 Agustus 2019 - 09:20 WIB

Wimboh Dikukuhkan jadi Guru Besar Tidak Tetap FEB UNS

Surakarta—Untuk pertama kalinya, Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta mengukuhkan guru besar tidak tetap di bidang Ilmu Manajemen Risiko pada Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB). Beliau…

Singapore Airlines (SIA) Grup (Foto Ist)

Minggu, 25 Agustus 2019 - 09:00 WIB

SIA-BCA Travel Fair 2019 Tawarkan Harga dan Paket Perjalanan Menarik

Singapore Airlines (SIA) bersama Bank Central Asia (BCA) kembali menyelenggarakan Singapore Airlines – BCA Travel Fair 2019 pada tanggal 23 – 25 Agustus 2019. Travel fair ini akan diselenggarakan…

Petani santri milenial

Minggu, 25 Agustus 2019 - 08:13 WIB

Dorong Kerjasama Program Santri Tani dan OPOP

Surabaya - Ketua Bidang Pengabdian Masyarakat Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM) Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya (Unusa), sekaligus koordinator OPOP Training Center, Mohammad…

Kepala Badan Karantina Kementan di Sumbar

Minggu, 25 Agustus 2019 - 07:43 WIB

Sumbar Ekspor Cangkang Sawit Ke Jepang

Padang -  Kementerian Pertanian melalui Badan Karantina Pertanian (Barantan) melepas 22,8 ribu ton produk turunan sawit asal Sumatera Barat. Produk turunan sawit  masing-masing minyak sawit…

Direktur Utama BNI Syariah, Abdullah Firman Wibowo di UGM

Minggu, 25 Agustus 2019 - 07:24 WIB

BNI Syariah Dorong Kedaulatan Pangan Melalui Ekonomi Syariah

Jogjakarta - BNI Syariah berusaha mendorong kedaulatan pangan. Salah satunya dilakukan dengan partisipasi bank di acara Seminar Nasional Hasil Penelitian Sosial Ekonomi Pertanian yang diadakan…