Sinergi Pelatihan Vokasi dan Dunia Industri Diperlukan Untuk Tingkatkan Daya Saing Tenaga Kerja

Oleh : Hariyanto | Rabu, 17 Juli 2019 - 06:58 WIB

Focus Group Discussion Meningkatkan Daya Saing Nasional Melalui Pelatihan Vokasi
Focus Group Discussion Meningkatkan Daya Saing Nasional Melalui Pelatihan Vokasi

INDUSTRY.co.id - Jakarta - Ekonom senior Raden Pardede mengatakan, ketertinggalan tenaga kerja Indonesia dikarenakan kurangnya sinergi antara dunia pendidikan yang cenderung teoritis dengan realita dunia kerja sebagai octame vokasi.

“Akibatnya, sungguh ironis, banyak pengangguran dari lulusan sekolah kejuruan (SMK) ketimbang lulusan sekolah umum (SMA),” kata Raden dalam Focus Group Discussion "Meningkatkan Daya Saing Nasional Melalui Pelatihan Vokasi" di Jakarta, Selasa (16/7/2019).

Untuk itu, guna mengejar ketertinggalan tersebut, Dirjen Binalattas Kemnaker Bambang Satrio Lelono mengatakan, saat ini pemerintah menggenjot program Triple Skilling yaitu Skilling, Re-skilling, & Up-skilling yang dilaksanakan melalui balai-balai latihan kerja (BLK) Kemnaker.

“Indonesia sekarang ini baru memiliki 57 tenaga kerja terampil. Sehingga perlu menyiapkan 3,7 juta tenaga kerja terampil per tahun untuk sampai pada bonus demografi Indonesia pada 2030,” ungkap Bambang.

Ia mengatakan perlu adanya sinergi antara kurikulum pendidikan pelatihan vokasi dengan dunia industri sebagai penampung output vokasi. "BLK menjadi sarana sinkronisasi antara dunia pendidikan, pelatihan, dan industri, dalam menyongsong bonus demografi Indonesia," kata Bambang.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

SystemEver

Sabtu, 18 Januari 2020 - 13:48 WIB

Software ERP SystemEver Siap Perkuat UKM Hadapi Revolusi Industri 4.0

Era Revolusi Industri 4.0 semakin menuntut dunia usaha mulai dari skala kecil, sedang hingga besar untuk melakukan berbagai lompatan bisnis agar menghasilkan produk barang dan jasa yang kompetitif…

Shopee

Sabtu, 18 Januari 2020 - 13:35 WIB

Shopee Berhasil Catatkan Pencapaian Spesial di Tahun 2019

2019, Shopee berhasil mempelopori serangkaian inisiatif yang berhasil mengubah cara konsumen berbelanja online di daerah tempatnya beroperasi.

Marcedes Benz (ist)

Sabtu, 18 Januari 2020 - 13:05 WIB

Mercedes-Benz Catat Penjualan 3.344 Unit Kendaraan Penumpang dan Van di 2019

PT Mercedes-Benz Distribution Indonesia berhasil menjual 3.344 unit mobil tahun lalu meskipun situasi industri otomotif yang menantang

Ilustrasi pembangunan Jalan

Sabtu, 18 Januari 2020 - 12:53 WIB

Kementerian PUPR Genjot Pembangunan Jalan Lingkar Raja Ampat

Kehadiran jalan tersebut akan meningkatkan konektivitas antar destinasi wisata di Kabupaten Raja Ampat, Provinsi Papua Barat yang terkenal dengan keindahan destinasi wisata gugusan pulau karang…

Kementerian PUPR Bersama Pemrov Jawa Barat Bahas Rencana Aksi Penanggulangan Bencana Banjir

Sabtu, 18 Januari 2020 - 12:40 WIB

Kementerian PUPR Bersama Pemrov Jawa Barat Bahas Rencana Aksi Penanggulangan Bencana Banjir

Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) bersama Provinsi Jawa Barat mengadakan Rapat Koordinasi (Rakor) membahas Rencana Aksi Penanggulangan Bencana banjir di Jawa Barat, Kamis…