Sinergi Pelatihan Vokasi dan Dunia Industri Diperlukan Untuk Tingkatkan Daya Saing Tenaga Kerja

Oleh : Hariyanto | Rabu, 17 Juli 2019 - 06:58 WIB

Focus Group Discussion Meningkatkan Daya Saing Nasional Melalui Pelatihan Vokasi
Focus Group Discussion Meningkatkan Daya Saing Nasional Melalui Pelatihan Vokasi

INDUSTRY.co.id - Jakarta - Ekonom senior Raden Pardede mengatakan, ketertinggalan tenaga kerja Indonesia dikarenakan kurangnya sinergi antara dunia pendidikan yang cenderung teoritis dengan realita dunia kerja sebagai octame vokasi.

“Akibatnya, sungguh ironis, banyak pengangguran dari lulusan sekolah kejuruan (SMK) ketimbang lulusan sekolah umum (SMA),” kata Raden dalam Focus Group Discussion "Meningkatkan Daya Saing Nasional Melalui Pelatihan Vokasi" di Jakarta, Selasa (16/7/2019).

Untuk itu, guna mengejar ketertinggalan tersebut, Dirjen Binalattas Kemnaker Bambang Satrio Lelono mengatakan, saat ini pemerintah menggenjot program Triple Skilling yaitu Skilling, Re-skilling, & Up-skilling yang dilaksanakan melalui balai-balai latihan kerja (BLK) Kemnaker.

“Indonesia sekarang ini baru memiliki 57 tenaga kerja terampil. Sehingga perlu menyiapkan 3,7 juta tenaga kerja terampil per tahun untuk sampai pada bonus demografi Indonesia pada 2030,” ungkap Bambang.

Ia mengatakan perlu adanya sinergi antara kurikulum pendidikan pelatihan vokasi dengan dunia industri sebagai penampung output vokasi. "BLK menjadi sarana sinkronisasi antara dunia pendidikan, pelatihan, dan industri, dalam menyongsong bonus demografi Indonesia," kata Bambang.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

President Director PT Duta Pratama Konsulindo, Eddy Faisal, Kandidat Terkuat Ketua Umum IKPI 2019—2024

Senin, 19 Agustus 2019 - 21:37 WIB

Eddy Faisal Kandidat Terkuat Ketua Umum IKPI 2019—2024

Jakarta-Kongres XI Ikatan Konsultan Pajak Indonesia (IKPI), dengan tema “Memperkuat Profesi Konsultan Pajak Indonesia yang Profesional, Bebas, Mandiri dan Bertanggung Jawab,” akan digelar…

Pegadaian Gandeng 18 Perguruan Tinggi Cetak SDM Unggul Bersertifikat

Senin, 19 Agustus 2019 - 20:35 WIB

Pegadaian Gandeng 18 Perguruan Tinggi Cetak SDM Unggul Bersertifikat

PT Pegadaian (persero) berkomitmen membangun kapasitas sumber daya manusia (SDM) unggul yang dicanangkan pemerintah, ditandai dengan  penandatanganan perjanjian kerja sama (MoU) Program Magang…

Ilustrasi pertumbuhan ekonomi Indonesia

Senin, 19 Agustus 2019 - 20:20 WIB

Faktor Penunjang Peretumbuhan Ekonomi Tahun Ini

Secara rata-rata pertumbuhan melambat selama dua triwulan sebelum Pemilu dan menguat rata-rata sebesar 0,7% dalam dua triwulan berikutnya.

Ilustrasi pertumbuhan ekonomi.(Ist)

Senin, 19 Agustus 2019 - 20:08 WIB

Pertumbuhan Ekonomi Kuat Pada Paruh Pertama 2019

Penggerak utama pertumbuhan pada triwulan kedua 2019 adalah konsumsi masyarakat maupun swasta.

Serah terima pemberian bantuan multivitamin anak di Palangkaraya. (Ist)

Senin, 19 Agustus 2019 - 19:54 WIB

Kalbe Lakukan Aksi Peduli Bencana Asap Kabut di Palangkaraya

Pemberian masker, multivitamin kesehatan, dan permen pelega tenggorokan kepada masyarakat umum dan beberapa sekolah TK/SD di sekitar Palangaraya.