Hasil Operasional SIA Sepanjang Juni 2019

Oleh : Herry Barus | Selasa, 16 Juli 2019 - 18:30 WIB

Singapore Airlines (SIA) Grup (Foto Ist)
Singapore Airlines (SIA) Grup (Foto Ist)

INDUSTRY.co.id - Jakarta Pada bulan Juni 2019, jumlah penumpang yang diangkut oleh Grup SIA (diukur dalam pendapatan penumpang per kilometer) mengalami peningkatan sebesar 8,5% dibandingkan dengan tahun sebelumnya, hal tersebut melebihi pertumbuhan kapasitas (diukur dalam jumlah kursi yang tersedia per kilometer) sebesar 6,5%. Tingkat keterisian penumpang (PLF) mengalami peningkatan sebesar 1,6 poin persentase menjadi 86,2%.

 PLF Singapore Airlines meningkat sebesar 1,8 poin persentase dibandingkan dengan tahun sebelumnya menjadi 86,7%. Jumlah penumpang yang diangkut meningkat sebesar 10,1% dibandingkan dengan tahun sebelumnya, sementara kapasitas bertambah sebesar 7,8%. PLF meningkat pada seluruh wilayah rute penerbangan, kecuali wilayah Amerika yang mengalami penurunan marjinal dibandingkan dengan tahun sebelumnya yang disebabkan oleh pertumbuhan kapasitas. Berbagai upaya terus dilakukan untuk mempertahankan kinerja RASK (pendapatan per kursi yang tersedia-kilometer) pada beberapa bulan mendatang.

Jumlah penumpang yang diangkut oleh SilkAir mengalami peningkatan sebesar 6,3%, sementara kapasitas mengalami penurunan sebesar 0,5%. Pengalihan beberapa rute penerbangan ke Scoot dan penarikan armada Boeing 737 MAX 8 dari layanan telah mempengaruhi kapasitas SilkAir. PLF mengalami peningkatan sebesar 5,2 poin persentase menjadi 81,0%, dengan peningkatan pada seluruh wilayah penerbangan.

Jumlah penumpang yang diangkut oleh Scoot juga mengalami pertumbuhan sebesar 3,7%, sejalan dengan pertumbuhan kapasitas sebesar 4,5%. Akibatnya, PLF Scoot mengalami penurunan sebesar 0,7 poin persentase menjadi 86,2%. PLF Scoot meningkat di wilayah Asia Barat, sementara wilayah Asia Timur dan wilayah lainnya mengalami penurunan sebagaimana permintaan tidak dapat mengimbangi peningkatan kapasitas. Pada bulan Juni 2019, Scoot meluncurkan rute baru dari Singapura menuju Changsha dan Kunming, dimana rute ini sebelumnya dilayani oleh SilkAir.

 Tingkat keterisian kargo (CLF) mengalami penurunan sebesar 2,3% yang disebabkan oleh penurunan lalu lintas kargo (diukur dalam ton beban kargo per kilometer) sebesar 2,4%, sementara kapasitas meningkat sebesar 1,6%. CLF di seluruh wilayah rute mengalami penurunan, kecuali Amerika.

 

Komentar Berita

Industri Hari Ini

President Director PT Duta Pratama Konsulindo, Eddy Faisal, Kandidat Terkuat Ketua Umum IKPI 2019—2024

Senin, 19 Agustus 2019 - 21:37 WIB

Eddy Faisal Kandidat Terkuat Ketua Umum IKPI 2019—2024

Jakarta-Kongres XI Ikatan Konsultan Pajak Indonesia (IKPI), dengan tema “Memperkuat Profesi Konsultan Pajak Indonesia yang Profesional, Bebas, Mandiri dan Bertanggung Jawab,” akan digelar…

Pegadaian Gandeng 18 Perguruan Tinggi Cetak SDM Unggul Bersertifikat

Senin, 19 Agustus 2019 - 20:35 WIB

Pegadaian Gandeng 18 Perguruan Tinggi Cetak SDM Unggul Bersertifikat

PT Pegadaian (persero) berkomitmen membangun kapasitas sumber daya manusia (SDM) unggul yang dicanangkan pemerintah, ditandai dengan  penandatanganan perjanjian kerja sama (MoU) Program Magang…

Ilustrasi pertumbuhan ekonomi Indonesia

Senin, 19 Agustus 2019 - 20:20 WIB

Faktor Penunjang Peretumbuhan Ekonomi Tahun Ini

Secara rata-rata pertumbuhan melambat selama dua triwulan sebelum Pemilu dan menguat rata-rata sebesar 0,7% dalam dua triwulan berikutnya.

Ilustrasi pertumbuhan ekonomi.(Ist)

Senin, 19 Agustus 2019 - 20:08 WIB

Pertumbuhan Ekonomi Kuat Pada Paruh Pertama 2019

Penggerak utama pertumbuhan pada triwulan kedua 2019 adalah konsumsi masyarakat maupun swasta.

Serah terima pemberian bantuan multivitamin anak di Palangkaraya. (Ist)

Senin, 19 Agustus 2019 - 19:54 WIB

Kalbe Lakukan Aksi Peduli Bencana Asap Kabut di Palangkaraya

Pemberian masker, multivitamin kesehatan, dan permen pelega tenggorokan kepada masyarakat umum dan beberapa sekolah TK/SD di sekitar Palangaraya.