Palangkaraya Kini Jadi Kota yang Diburu Pencari Properti

Oleh : Ahmad Fadli | Selasa, 14 Mei 2019 - 09:54 WIB

Kota Palangkaraya (Ist)
Kota Palangkaraya (Ist)

INDUSTRY.co.id, Jakarta - Kabar bagus bagi Anda warga Palangkaraya, Kalimantan Tengah kini para pencari properti tengah berburu hunian di kota tersebut, terlebih saat tersiar kabar pemindahan Ibu Kota ke Palangkaraya. Hal itu juga disampaikan oleh perusahaan e-commerce OLX Indonesia yang merilis bahwa peminat properti ke kota tersebut melonjak,  lima kali lipat dari 25 April 2019 hanya 314 kali menjadi 1.500 pencarian pada 30 April 2019.

Head of Real Estate Category OLX Indonesia Ignasius Ryan Hasim mengaku peningkatan tersebut merupakan data awal yang masih butuh penambahan waktu pencarian. Namun, dia mengungkapkan isu pencarian properti pasca pemerintah mewacanakan pemindahan ibu kota merupakan fenomena menarik.

Ryan menjelaskan, opsi lokasi pemindahan ibu kota bukan hanya Palangkaraya, tetapi juga Kutai Kartanegara, Kalimantan Timur serta Gunung Mas, Kalimantan Tengah. "Pencarian properti di OLX untuk Palangkaraya naik lima kali lipat sejak Presiden Jokowi mengumumkan wacana pemindahan ibukota," katanya dalam konferensi pers di Jakarta, Senin (13/5/2019).

Dia menambahkan, peningkatan pencarian menunjukkan isu memicu pergerakan dari calon pembeli, spekulan, serta investor. Padahal, pemerintah belum mengkonfirmasi Palangkaraya sebagai ibu kota. Namun, peningkatannya paling tinggi daripada kota lain di Pulau Kalimantan. Menurutnya, pemindahan para Aparatur Sipil Negara (ASN) untuk eksekutif, yudikatif, dan legislatif bisa mencapai 4,3 juta orang. Alhasil, ada sekitar 15 juta orang yang butuh rumah jika perpindahan ibu kota benar terjadi. Sehingga, pencarian properti merupakan salah satu fokus riset OLX.

Ryan mengungkapkan, OLX bakal memperhatikan tiga detail terkait isu pemindahan ibu kota. Pertama, harga tanah di Pulau Kalimantan. "Pembangunan infrastruktur dan residensial itu butuh kurang lebih 40 ribu hektare," ujarnya.

 Kedua, penjualan mobil. Alasannya, kepemilikan mobil masih berada pada level 110 ribu mobil, terutama di Kalimantan Tengah. Apalagi, wacana perpindahan ibu kota menyebabkan kebutuhan mobil untuk 4,3 juta ASN sehingga bakal terjadi lonjakan penjualan mobil. Terakhir, harga properti di Jakarta-Bogor-Depok-Tangerang-Bekasi jika wacana perpindahan ibu kota berlangsung. "Wacana pemindahan ibu kota pasti berpengaruh jika ada koreksi harga properti di Jakarta dan sekitarnya," kata Ryan lagi.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Perdagangan saham di IDX (Rizki Meirino/Industry.co.id)

Jumat, 03 Juli 2020 - 19:06 WIB

Penjualan Menurun, PT Saraswati Anugerah Makmur Tbk Cetak Rp260,22 miliar Hingga Maret 2020

Emiten PT Saraswati Anugerah Makmur Tbk (SAMF) catat penjualan Rp260,22 miliar hingga periode 31 Maret 2020 turun dari penjualan Rp353,53 miliar di periode sama tahun sebelumnya.

Suasana konferensi pers virtual Dampak Sosial dan Ekonomi Fintech Lending di Indonesia (Studi Kasus Investree 2017-2019). (Foto: Humas Investree)

Jumat, 03 Juli 2020 - 19:00 WIB

Fintech Lending Berperan Besar untuk Dukung Inklusi Keuangan di Indonesia

Jakarta - Lembaga Demografi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia (LD FEB UI), memaparkan hasil riset terbarunya dalam konferensi pers bertajuk ‚ÄúDampak Sosial dan Ekonomi Fintech…

Penyedia transportasi berbasis aplikasi, Grab Indonesia (Foto Ist)

Jumat, 03 Juli 2020 - 18:50 WIB

Diputus Bersalah, Grab Kena Denda KPPU Sebesar Rp30 Miliar

Komisi Pengawas Persaingan Usaha (KPPU) memberikan sanksi kepada kepada PT Solusi Transportasi Indonesia (Grab) dan PT Teknologi Pengangkutan Indonesia (TPI).

Adian Natipulu dan Erick Thohir

Jumat, 03 Juli 2020 - 18:50 WIB

Adian-Erick Thohir Bersitegang, Kornas Jokowi: Hati-hati Politik Adu Domba, Jangan Mau Dimanfaatkan Orang Lain

"Kami hanya mengingatkan untuk berhati-hati dengan politik adu domba, ada yang manfaatkan beda pendapat antara Pak Erick dan Adian Napitupulu,"

Robert Alberts Pelatih Persib Bandung (Foto Dok PR)

Jumat, 03 Juli 2020 - 18:00 WIB

Pelatih Albert Robert Tetapkan Beberapa Aturan Saat Maung Bandung Berlatih

Persib Bandung akan kembali fokus menjalani latihan mempersiapkan diri menyambut lanjutan kompetisi Shopee Liga 1 2020. Stadion Gelora Bandung Lautan Api (GBLA) positif dipakai kembali Maung…