Palangkaraya Kini Jadi Kota yang Diburu Pencari Properti

Oleh : Ahmad Fadli | Selasa, 14 Mei 2019 - 09:54 WIB

Kota Palangkaraya (Ist)
Kota Palangkaraya (Ist)

INDUSTRY.co.id, Jakarta - Kabar bagus bagi Anda warga Palangkaraya, Kalimantan Tengah kini para pencari properti tengah berburu hunian di kota tersebut, terlebih saat tersiar kabar pemindahan Ibu Kota ke Palangkaraya. Hal itu juga disampaikan oleh perusahaan e-commerce OLX Indonesia yang merilis bahwa peminat properti ke kota tersebut melonjak,  lima kali lipat dari 25 April 2019 hanya 314 kali menjadi 1.500 pencarian pada 30 April 2019.

Head of Real Estate Category OLX Indonesia Ignasius Ryan Hasim mengaku peningkatan tersebut merupakan data awal yang masih butuh penambahan waktu pencarian. Namun, dia mengungkapkan isu pencarian properti pasca pemerintah mewacanakan pemindahan ibu kota merupakan fenomena menarik.

Ryan menjelaskan, opsi lokasi pemindahan ibu kota bukan hanya Palangkaraya, tetapi juga Kutai Kartanegara, Kalimantan Timur serta Gunung Mas, Kalimantan Tengah. "Pencarian properti di OLX untuk Palangkaraya naik lima kali lipat sejak Presiden Jokowi mengumumkan wacana pemindahan ibukota," katanya dalam konferensi pers di Jakarta, Senin (13/5/2019).

Dia menambahkan, peningkatan pencarian menunjukkan isu memicu pergerakan dari calon pembeli, spekulan, serta investor. Padahal, pemerintah belum mengkonfirmasi Palangkaraya sebagai ibu kota. Namun, peningkatannya paling tinggi daripada kota lain di Pulau Kalimantan. Menurutnya, pemindahan para Aparatur Sipil Negara (ASN) untuk eksekutif, yudikatif, dan legislatif bisa mencapai 4,3 juta orang. Alhasil, ada sekitar 15 juta orang yang butuh rumah jika perpindahan ibu kota benar terjadi. Sehingga, pencarian properti merupakan salah satu fokus riset OLX.

Ryan mengungkapkan, OLX bakal memperhatikan tiga detail terkait isu pemindahan ibu kota. Pertama, harga tanah di Pulau Kalimantan. "Pembangunan infrastruktur dan residensial itu butuh kurang lebih 40 ribu hektare," ujarnya.

 Kedua, penjualan mobil. Alasannya, kepemilikan mobil masih berada pada level 110 ribu mobil, terutama di Kalimantan Tengah. Apalagi, wacana perpindahan ibu kota menyebabkan kebutuhan mobil untuk 4,3 juta ASN sehingga bakal terjadi lonjakan penjualan mobil. Terakhir, harga properti di Jakarta-Bogor-Depok-Tangerang-Bekasi jika wacana perpindahan ibu kota berlangsung. "Wacana pemindahan ibu kota pasti berpengaruh jika ada koreksi harga properti di Jakarta dan sekitarnya," kata Ryan lagi.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Gedung Bank Mandiri

Minggu, 21 Juli 2019 - 21:50 WIB

OJK Monitor Mitigasi IT Bank Mandiri

Jakarta - OJK terus memonitor upaya mitigasi yang dilakukan oleh Bank Mandiri dalam mengatasi permasalahan teknologi informasi bank tersebut. Perbankan harus memiliki dan menerapkan standard…

Ketua Dewan Komisioner OJK Wimboh Santoso bersama Gubernur BoT Thailand

Minggu, 21 Juli 2019 - 21:13 WIB

OJK, Bank Sentral Thailand Kerjasamakan Pengaturan Pinjaman Online

Bangkok - Otoritas Jasa Keuangan (OJK) mengadakan pertemuan bilateral dengan Bank of Thailand (BoT) di Bangkok, Jumat (19/7) dalam rangka penguatan kerja sama peran sektor jasa keuangan di kedua…

Alice Norin (Foto Dok Industry.co.id)

Minggu, 21 Juli 2019 - 21:00 WIB

Alice Norin Akhirnya Main Film Horor

Tidak pernah sedikitpun kepikiran untuk bisa main film horor, karena sebelumnya ia selalu menolak main film setan-setanan. Tapi lantaran atas nama persahabatan dengan Shandy Aulia, akhirnya…

Pure Saturday menyapa dan menghibur para pengunjung di booth Suzuki GIIAS 2019

Minggu, 21 Juli 2019 - 19:50 WIB

Suzuki Setia Menemani Keseharian Personel Band Pure Saturday

PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) meriahkan panggung booth Suzuki di Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2019 dengan penampilan Pure Saturday.

Suzuki Jimny (Foto: Ridwan)

Minggu, 21 Juli 2019 - 19:30 WIB

Jimny Hadir Dengan Konsep "Functional Beauty, Designed for Professionals"

Jimny merupakan mobil legendaris yang diperkenalkan oleh Suzuki dan telah menjadi bagian masyarakat Indonesia. Mengaspal sejak tahun 1979 di Indonesia, Jimny telah melalui tiga generasi dengan…