Palangkaraya Kini Jadi Kota yang Diburu Pencari Properti

Oleh : Ahmad Fadli | Selasa, 14 Mei 2019 - 09:54 WIB

Kota Palangkaraya (Ist)
Kota Palangkaraya (Ist)

INDUSTRY.co.id, Jakarta - Kabar bagus bagi Anda warga Palangkaraya, Kalimantan Tengah kini para pencari properti tengah berburu hunian di kota tersebut, terlebih saat tersiar kabar pemindahan Ibu Kota ke Palangkaraya. Hal itu juga disampaikan oleh perusahaan e-commerce OLX Indonesia yang merilis bahwa peminat properti ke kota tersebut melonjak,  lima kali lipat dari 25 April 2019 hanya 314 kali menjadi 1.500 pencarian pada 30 April 2019.

Head of Real Estate Category OLX Indonesia Ignasius Ryan Hasim mengaku peningkatan tersebut merupakan data awal yang masih butuh penambahan waktu pencarian. Namun, dia mengungkapkan isu pencarian properti pasca pemerintah mewacanakan pemindahan ibu kota merupakan fenomena menarik.

Ryan menjelaskan, opsi lokasi pemindahan ibu kota bukan hanya Palangkaraya, tetapi juga Kutai Kartanegara, Kalimantan Timur serta Gunung Mas, Kalimantan Tengah. "Pencarian properti di OLX untuk Palangkaraya naik lima kali lipat sejak Presiden Jokowi mengumumkan wacana pemindahan ibukota," katanya dalam konferensi pers di Jakarta, Senin (13/5/2019).

Dia menambahkan, peningkatan pencarian menunjukkan isu memicu pergerakan dari calon pembeli, spekulan, serta investor. Padahal, pemerintah belum mengkonfirmasi Palangkaraya sebagai ibu kota. Namun, peningkatannya paling tinggi daripada kota lain di Pulau Kalimantan. Menurutnya, pemindahan para Aparatur Sipil Negara (ASN) untuk eksekutif, yudikatif, dan legislatif bisa mencapai 4,3 juta orang. Alhasil, ada sekitar 15 juta orang yang butuh rumah jika perpindahan ibu kota benar terjadi. Sehingga, pencarian properti merupakan salah satu fokus riset OLX.

Ryan mengungkapkan, OLX bakal memperhatikan tiga detail terkait isu pemindahan ibu kota. Pertama, harga tanah di Pulau Kalimantan. "Pembangunan infrastruktur dan residensial itu butuh kurang lebih 40 ribu hektare," ujarnya.

 Kedua, penjualan mobil. Alasannya, kepemilikan mobil masih berada pada level 110 ribu mobil, terutama di Kalimantan Tengah. Apalagi, wacana perpindahan ibu kota menyebabkan kebutuhan mobil untuk 4,3 juta ASN sehingga bakal terjadi lonjakan penjualan mobil. Terakhir, harga properti di Jakarta-Bogor-Depok-Tangerang-Bekasi jika wacana perpindahan ibu kota berlangsung. "Wacana pemindahan ibu kota pasti berpengaruh jika ada koreksi harga properti di Jakarta dan sekitarnya," kata Ryan lagi.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Raja Ampat Papua Barat (Foto Dok Industry.co.id)

Minggu, 19 Mei 2019 - 21:00 WIB

Pemkab Raja Ampat Dukung Pengelolaan Destinasi Terapkan Prinsip Pariwisata Berkelanjutan

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Raja Ampat, Provinsi Papua Barat mendorong dua kampung wisata meraih penghargaan "Indonesia Sustainable Tourism Award" atau Pengelolaan destinasi mererapkan prinsip-prisip…

Pantai Air Manis Padang (Foto Dok Industry.co.id)

Minggu, 19 Mei 2019 - 18:00 WIB

Icon Kota Padang, Pantai Air Manis Terus Percantik Diri

Pemerintah Kota Padang bersama Pemerintah Pusat mengucurkan anggaran sebesar Rp16 miliar untuk membenahi objek wisata Pantai Air Manis Padang yang kerap dikenal dengan legenda Malin Kundang.

Ilustrasi Biodiesel 20 Persen (B20)

Minggu, 19 Mei 2019 - 16:30 WIB

Tekan Impor Migas, Kemenperin Bakal Dongkrak Produksi Green Fuel

Kementerian Perindustrian (Kemenperin) tengah berusaha mendongkrak kontribusi industri nonmigas dengan mendorong produksi bahan bakar yang masih ketergantungan pada impor, di antaranya memproduksi…

Ilustrasi Ekspor (ist)

Minggu, 19 Mei 2019 - 15:40 WIB

Ekspor Produk Manufaktur Masih Tertinggi

Industri pengolahan nonmigas konsisten memberikan kontribusi paling besar terhadap nilai ekspor nasional.

Industri Tekstil

Minggu, 19 Mei 2019 - 15:01 WIB

Upaya Pemerintah Dongkrak Produktivitas Industri Tekstil dan Pakaian Menuju Lima Besar Dunia

Berdasarkan Making Indonesia 4.0, industri TPT merupakan satu dari lima sektor manufaktur yang tengah diprioritaskan pengembangannya sebagai pionir dalam peta jalan penerapan revolusi industri…