Impor Bawang Putih Masih Akan Dilakukan Hingga 2021

Oleh : Ahmad Fadli | Selasa, 16 April 2019 - 16:17 WIB

Bawang Putih (ist)
Bawang Putih (ist)

INDUSTRY.co.id, Jakarta- Kebutuhan bawang putih Indonesia diprediksi masih dipenuhi oleh pasokan impor hingga 2021 mendatang. Guna mengejar target swasembada, pemerintah melalui Kementerian Pertanian (Kementan) tengah menggenjot produksi benih di 20-30 hektare lahan tanam yang ditargetkan tersedia pada tahun ini.

Direktur Jenderal Hortikultura Kementan Suwandi menjelaskan, konsep swasembada bawang putih pada 2021 mendatang dijalankan dengan skema tanam panen benih. Produksi bawang putih di dalam negeri saat ini, kata dia, akan dipanen dan dijadikan benih. Setelah itu, benih kemudian ditanam kembali hingga menghasilkan berlipat-lipat benih untuk kebutuhan lahan yang tersedia.

“Saat ini produksi bawang putih kami ada 8,9 ton per hektare dalam setahun. Jumlah itu nantinya akan susut, karena kan kita harus proses dulu jadi benih,” kata Suwandi di sela acara uji coba penggunaan bahan bakar biodisel 100 persen (B100) Gedung Kementan, Jakarta, belum lama ini.

Dia menjelaskan, untuk memenuhi target swasembada pada 2021 tersebut, dibutuhkan setidaknya 69 ribu hektare lahan tanam. Sementara, untuk produksi benih pihaknya menyiapkan kebutuhan lahan yang lebih besar sehingga diperlukan lahan tanam sekitar 90-100 ribu hektare.

Menurutnya, kebijakan produksi benih tersebut berlaku kepada beberapa pelaku tanam seperti petani, swadaya, hingga importir. Hal itu disebabkan adanya anggaran program tanam bawang putih sebagiannya berasal dari anggaran pendapatan dan belanja negara (APBN), dari investor, dari wajib tanam, hingga dari kalangan swadaya.

 

Komentar Berita

Industri Hari Ini

PT Telkom Indonesia. (Foto: IST)

Senin, 24 Februari 2020 - 05:37 WIB

Mengupas Saham Pilihan Awal Pekan

IHSG masih terlihat berusaha untuk keluar dari fase konsolidasi wajarnya, memanfaatkan momentum koreksi wajar masih bisa dijadikan peluang oleh investor. IHSG akan berada di level 5821 - 6024.

Ilustrasi ATM BCA (Foto Ist)

Senin, 24 Februari 2020 - 05:28 WIB

IHSG Konsolidasi, Enam Saham Jadi Perhatian

Secara teknikal seakan pulled back Moving Average 20 hari dan upper bollinger bands dengan konfirmasi break out support Moving Average 5 hari dilevel 5900. indikator Stochastic terkonsolidasi…

Fintech payment aplikasi Cashbac

Senin, 24 Februari 2020 - 05:05 WIB

Berburu Cashbac Reward 4 Kali Lipat

Tahun Kabisat (leap year) adalah tahun spesial, karena tahun ini tidak terdiri dari 365 hari akan tetapi 366 hari. Inilah keunikan lain dari bulan Februari yang membuatnya kian spesial. Tahun…

Kepala Bakamla RI Laksdya TNI Aan Kurnia, S.Sos., M.M.

Senin, 24 Februari 2020 - 04:00 WIB

Bakamla RI Tindak Lanjuti Arahan Presiden Dalam Penguatan Indonesian Coast Guard

Kepala Bakamla RI Laksdya TNI Aan Kurnia, S.Sos., M.M., langsung menindaklanjuti arahan Presiden RI Joko Widodo tentang Penguatan Bakamla RI menjadi Indonesian Coast Guard dengan melaksanakan…

Danmenbanpur 2 Mar Bentuk IOF Surabaya Sebagai Pasukan Relawan Bencana Alam

Senin, 24 Februari 2020 - 03:20 WIB

Danmenbanpur 2 Mar Bentuk IOF Surabaya Sebagai Pasukan Relawan Bencana Alam

Dalam rangka meningkatkan komunikasi sosial dan tanggap penanggulangan bencana alam maka Komandan Resimen Bantuan Tempur 2 Marinir (Danmenbanpur 2 Mar) Kolonel Marinir Citro Subono, memimpin…