Perjalanan Domain BMW.ID Terus Berlanjut di Meja Hijau

Oleh : Hariyanto | Kamis, 31 Januari 2019 - 18:43 WIB

Ketua PANDI, Andi Budimansyah (Hariyanto/INDUSTRY.co.id)
Ketua PANDI, Andi Budimansyah (Hariyanto/INDUSTRY.co.id)

INDUSTRY.co.id - Jakarta - Sengketa Nama Domain bmw.id yang telah diputuskan dalam Putusan pada perkara No. 271/Pdt.G/2018/PN.TNG menuju babak baru. Benny Muliawan menyatakan akan menempuh upaya hukum banding dalam perkara tersebut.

Dalam perkara No. 271/Pdt.G/2018/PN.TNG, Pengadilan Negeri Tangerang menolak gugatan yang diajukan oleh Benny Muliawan terhadap putusan PPND tahun 2015.

Pada tahun 2015, PANDI dengan PPND-nya memutuskan bahwa Nama Domain bmw.id milik Benny Muliawan dialihkan ke BMW AG. Baik BMW AG dan Benny Muliawan, keduanya telah menandatangani pernyataan yang mengkonfirmasikan penyelesaian perselisihan oleh PPND dan tidak melalui pengadilan. Putusan yang dikeluarkan oleh PPND adalah agar Nama Domain tersebut dialihkan ke BMW AG.

Namun demikian, lebih dari 2 tahun setelah putusan tersebut, Benny Muliawan mengajukan gugatan di Pengadilan Negeri Tangerang yang menyatakan bahwa putusan PPND tersebut adalah salah karena PPND telah melakukan "perbuatan melawan hukum".

Pada tanggal 29 November 2018, Pengadilan Negeri Tangerang mengabulkan eksepsi yang diajukan oleh PANDI yang menyatakan bahwa gugatan tersebut tidak seharusnya dapat diproses lebih lanjut karena Benny Muliawan dan BMW AG telah setuju untuk menyelesaikan perselisihan Nama Domain di luar pengadilan.

"Kami percaya bahwa fakta-fakta harus dibuat sesederhana mungkin dan menghindari argumen yang sama yang diberikan oleh Benny Muliawan tentang kekuasaan PANDI." kata Ketua PANDI, Andi Budimansyah di Jakarta, Kamis (31/1/2019).

Saat ditanya mengenai potensi kerugian PANDI akibat berhadapan dengan Benny, Andi hanya tersenyum.

"Kerugian paling utama adalah kami menjadi sasaran gugatan pada kasus yang sebenarnya bukan tertuju kepada kami. Kami sadar bahwa PANDI sebagai Registri Nama Domain Indonesia harus siap melaksanakan amanat perundang-undangan dengan sebaik-baiknya, sekaligus menerima implikasi dari pihak-pihak yang belum memahami duduk perkara ini sepenuhnya. PANDI tidak melaksanakan sesuatu yang tidak memiliki dasar hukum yang kuat dan terang, jadi PANDI ada di pihak yang benar.” tambah Andi.

Lebih lanjut, Andi sangat menyayangkan adanya rentetan persoalan hukum ini. Sebab, Benny sebelumnya pernah terdaftar sebagai salah satu anggota Panelis PPND. Andi menilai bahwa Benny seharusnya memahami kebijakan tentang prosedur atau tata cara penyelesaian perselisihan Nama Domain.

”Padahal yang bersangkutan sangat mengerti bahwa PANDI memiliki dasar hukum kuat untuk menyelesaikan perselisihan Nama Domain. Tidaklah mungkin, pada saat menawarkan atau mendaftarkan dirinya sebagai Panelis PPND, yang bersangkutan tidak memahami posisi hukum PANDI, profesi Benny Muliawan pada saat menjadi bagian dari Panelis PPND adalah seorang Konsultan HKI," tutup Andi.

Sebagai tambahan informasi, saat ini PANDI sudah menang di tingkat pertama dan kasus tersebut sedang diajukan pengujian tingkat banding ke Pengadilan Tinggi Banten.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Aksi sosial MINISO di bulan Ramadhan ajak konsumen berdonasi online untuk para korban banjir Sentani, Jayapura

Sabtu, 25 Mei 2019 - 00:25 WIB

Aksi sosial MINISO di bulan Ramadhan ajak konsumen berdonasi online untuk para korban banjir Sentani, Jayapura

Aksi sosial MINISO di bulan Ramadhan ajak konsumen berdonasi online untuk para korban banjir Sentani, Jayapura

LIBURAN SEKOLAH PLUIT VILLAGE HADIRKAN KARAKTER DORA DAN BOOTS

Sabtu, 25 Mei 2019 - 00:13 WIB

LIBURAN SEKOLAH PLUIT VILLAGE HADIRKAN KARAKTER DORA DAN BOOTS

LIBURAN SEKOLAH PLUIT VILLAGE HADIRKAN KARAKTER DORA DAN BOOTS

BTN bakal kelola dana dan fasilitasi kredit bagi anggota dan pengurus Ikatan Keluarga Alumni Lemhanas (IKAL)

Jumat, 24 Mei 2019 - 23:44 WIB

Tingkatkan Bisnis, BTN Gandeng Lemhanas

akarta-PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk menjalin kerjasama dengan Ikatan Keluarga Alumni Lemhanas (IKAL) dalam pengelolaan dana dan pemanfaatan jasa layanan perbankan

Dirut Perum Jamkrindo Randi Anto memberikan santunan Yatim di Jakarta

Jumat, 24 Mei 2019 - 22:42 WIB

Perum Jamkrindo Bagikan Ribuan Paket Sembako dan santunan

Jakarta - Perum Jamkrindo secara rutin melaksanakan kegiatan sosial untuk masyarakat sekitar dalam rangka berbagi berkah pada bulan Ramadan. Selain dilaksanakan di kantor pusat, kegiatan sosial…

Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto

Jumat, 24 Mei 2019 - 19:45 WIB

Kemenperin Terus Bidik Investasi dari Taiwan

Kementerian Perindustrian (Kemenperin) terus membidik muculnya investasi-investasi baru bidang industri dari Taiwan.