Buru Lumbung Pangan Baru Indonesia

Oleh : Wiyanto | Rabu, 30 Januari 2019 - 17:27 WIB

Kegiatan hortikultura di Buru Selatan, Maluku
Kegiatan hortikultura di Buru Selatan, Maluku

INDUSTRY.co.id -

Kabupaten Buru - Geliat produksi hortikultura di wilayah Namrole, Kabupaten Buru Selatan, Provinsi Maluku berlangsung seru. Pasalnya, massa panen yang digelar selama beberapa hari ini masuk dalam pencanangan lumbung pangan dunia. Utamanya produksi Bawang Merah, Bawang Putih dan Jagung.

Sekretaris Daerah Latulipu, menjelaskan kegiatan panen ini digelar di dua lokasi berbeda. Bawang merah misalnya, lokasi panen berlangsung di Desa Simi. Di sana, turut hadri Direktur PPHP Direktorat Hortikultura Kementan yang didampingi Sekda, Kapolsek, Dandim serta seluruh SKPD Kabupaten Buru Selatan.

"Sedangkan untuk bawang putih dan Jagung berlangsung di kecamatan Wasema. Di sana turut hadir Sekretaris Daerah Kabupaten Buru Selatan, Ketua Komisi B DPRD Kabupaten Bursel dan Kapolsek Namrole," kata dia (28/1).

Menurut Latulipu, rangkaian panen ini tak lepas dari peran masyarakat dalam menjalankan program gempita. Belum lagi adanya bantuan sarana produksi dari Kementerian Pertanian (Kementan) untuk pengelolaan bawang putih di lahan seluas 140 hektare.

"Targetnya Kabupaten Buru Selatan akan memasok kebutuhan bawang putih ke wilayah Maluku, Maluku Utara dan Papua," katanya.

Dikatakan Latulipu, pihaknya sangat mengapresiasi semua perhatian Kementerian Pertanian dalam memberi kepercayaan pada Kabupaten Buru. Apalagi, Kementan mencanangkan Kabupaten ini sebagai wilayah swasembada bawang putih melalui program gempita.

"Kementan telah mengoperkan bola ke Kabupaten kami. Tentu saja ini peluang yang harus dismash dan dimanfaatkan oleh kaum muda agar kita tidak tertinggal dan kebobolan," katanya.

Latulipu menambahkan, saat ini ada kurang lebih 33 ribu hektar lahan sentra bawang putih yang tersedia di wilayahnya. Luasan ini diharapkan mampu mendongkrak kesejahteraan petani dan masyarakat sekitar.

"Apalagi dukungan sistem pertanian sudah disiapkan oleh kementan. Makanya sekarang tidak boleh lagi ada petani yang kesusahan, sebab pemda akan kerahkan semua dinas terkait untuk mendukung gempita melayani petani hingga terjamin pendapatannya," katanya.

Semua dinas diharapkan Latulipu mau bergerak bersama dalam manfaatkan peluang pertanian agar PAD daerah terus meningkat. Lahan pertanian juga harus terus berlimpah untuk dipakai sebagai modal pembangunan daerah. Yang pasti, Program Kementan ini harus menjadikan Buru sebagai ATM rakyat," katanya.

Koordinator Nasional Gerakan Pemuda Tani Indonesia (Gempita), Muh Riyada mengatakan, kelompok Gempita saat ini sedang merancang masuknya 500 ribu generasi milenial untuk kembali pada sektor pertanian. Secara proses, kata dia, Gempita terus meyakinkan kaum muda agar menjadikan lahan pertanian sebagai mesin uang.

"Sistem pertanian modern dan segala dukungan teknologi akan mangkrak bila kaum milenial tidak terlibat. Kehadiran mereka sebagai operator akan menjadi bonus bagi petani di buru selatan. Jasa pertanian modern sampai pemasaran nantinya akan disediakan Gempita," katanya.

Sekedar diketahui, Pulau Buru merupakan salah satu pulau terbesar di Kepulauan Maluku. Dahulu, pulau ini terkenal sebagai tempat pembuangan tahanan politik di masa Orde Baru. Namun, secara perlahan Buru berubah menjadi daerah penyangga perekonomian Kota Ambon, bahkan Indonesia Timur khususnya di bidang pertanian.

Badan Pusat Statistik Provinsi Maluku mencatat, Pulau Buru merupakan kabupaten terbesar yang memproduksi padi pada bulan Januari-Desember 2018 yaitu sebesar 54,42 ribu ton. Lebih besar dibandingkan dua kabupaten lainnya yaitu Maluku Tengah (27,63 ribu ton) dan Seram Bagian Barat (5,42 ribu ton). Produksi ini membuat Pulau Buru surplus padi.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Menteri ESDM Ignasius Jonan (ist)

Kamis, 20 Juni 2019 - 12:14 WIB

Menteri Jonan Bantah Isu Kenaikan Tarif Listrik

Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Ignasius Jonan akhirnya menanggapi isu kenaikan tarif dasar listrik mencuat di media soal di tengah berlangsungnya sidang Mahkamah Konstitusi (MK).…

Taman Impian Jaya Ancol (Foto Dok Industry.co.id)

Kamis, 20 Juni 2019 - 12:00 WIB

Enam Aktivitas Seru Masuk Taman Impian Jaya Ancol Gratis

Dalam rangka menyambut HUT DKI Jakarta ke-492, Ancol Taman Impian turut merayakan dengan memberlakukan masuk Ancol gratis khusus pada 21 Juni 2019. Kebijakan ini merupakan salah satu yang rutin…

OYO Hotels & Homes

Kamis, 20 Juni 2019 - 10:30 WIB

Selama Ramadhan dan Libur Lebaran, OYO Catat Kenaikan Pesanan di Bandung Capai 540 Persen

Tercatat, selama Ramadan dan libur Lebaran 2019, OYO mengalami kenaikan pemesanan di Bandung mencapai 540% dibanding libur Natal dan Tahun Baru 2018.

Direktur Jenderal Industri Kecil Menengah dan Aneka (IKMA) Kemenperin Gati Wibawaningsih

Kamis, 20 Juni 2019 - 10:03 WIB

Inilah Program Kerja Ditjen IKMA Kemenperin Bawa IKM Nasional Naik Kelas

Kementerian Perindustrian melalui Direktorat Jenderal Industri Kecil Menengah dan Aneka (IKMA) melakukan pembinaan terhadap para pelaku usaha dan calon wirausaha Industri Kecil dan Menengah…

BCA Mobile (Foto Dok Industry.co.id)

Kamis, 20 Juni 2019 - 10:00 WIB

BCA-Digitaraya Umumkan Delapan Startup Terpilih Program SYNRGY Accelerator

PT Bank Central Asia Tbk (BCA) sebagai institusi perbankan swasta terbesar di Indonesia terus berinovasi menerapkan transformasi digital untuk turut memajukan ranah ekonomi digital di Indonesia.…