Terapkan Industri 4.0, Menperin Bidik Industri TPT Jadi Lima Besar Dunia

Oleh : Ridwan | Selasa, 04 September 2018 - 10:10 WIB

Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto
Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto

INDUSTRY.co.id - Jakarta, Industri tekstil dan produk tekstil (TPT) merupakan satu dari lima sektor manufaktur yang tengah diprioritaskan pengembangannya sebagai pionir dalam peta jalan penerapan revolusi industri keempat. 

Aspirasi besar yang akan diwujudkan adalah menjadikan produsen tekstil dan pakaian jadi nasional masuk jajaran lima besar dunia pada tahun 2030.

"Khusus untuk industri shoes and sport apparels, produksi kita sudah melewati China. Bahkan, di Brasil, kita sudah menguasai pasar di sana hingga 80 persen," kata Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto di Jakarta, Selasa (4/9/2018).

Menperin meyakini, industri TPT dalam negeri mampu kompetitif di kancah global karena telah memiliki daya saing tinggi. Hal ini didorong lantaran struktur industrinya sudah terintegrasi dari hulu sampai hilir dan produknya juga dikenal memiliki kualitas yang baik di pasar internasional. 

“Oleh karena itu, pemerintah terus memacu kinerja industri TPT. Apalagi sektor ini tergolong padat karya dan berorientasi ekspor sehingga memberikan kontribusi yang signifikan bagi perekonomian kita," ujarnya.

Ditambahkan Menperin, pihaknya telah mempersuapkan beberapa langkah strategis agar industri TPT nasional bisa memasuki era digital. Misalnya, selama tiga-lima tahun ke depan, Kementerian Perindustrian fokus mendongkrak kemampuan di sektor hulu untuk meningkatkan produksi serat sintetis. 

"Upaya yang dilakukan, antara lain menjalin kerja sama atau menarik investasi perusahaan penghasil serat berkualitas. Ini juga bertujuan guna menguragi impor," tutur Airlangga.

Kemudian, mendorong pemanfaatan teknologi digital seperti 3D printing, automation, dan internet of things. Transformasi ini diyakini dapat mengoptimalkan efisiensi dan produktivitas. 

"Jadi, kami akan membangun klaster industri tekstil terintegrasi dengan terkoneksi teknologi industri 4.0," imbuhnya.

Lebih lanjut, seiring dengan pertumbuhan ekonomi dan pergeseran permintaan dari pakaian dasar (basic clothing) menjadi pakaian fungsional seperti baju olahraga, industri TPT nasional pun perlu membangun kemampuan produksi dan meningkatkan skala ekonomi agar dapat memenuhi permintaan pakaian fungsional di pasar domestik maupun ekspor.

"Oleh karena itu, kita akan terus memacu peningkatan produksi industri TPT nasional," tutup Airlangga. 

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Kementerian PUPR Siapkan Tambahan 3 Tower Wisma Atlet Guna Tampung Pasien Covid-19

Kamis, 09 April 2020 - 14:50 WIB

Kementerian PUPR Siapkan Tambahan 3 Tower Wisma Atlet Guna Tampung Pasien Covid-19

Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) melalui Direktorat Jenderal Perumahan kembali mempersiapkan tambahan sebanyak tiga tower tambahan di Wisma Atlet Kemayoran guna penanganan…

Humanity Food Van ACT Luaskan Pendistribusian Makanan Saat Pandemi Corona

Kamis, 09 April 2020 - 14:45 WIB

Humanity Food Van ACT Luaskan Pendistribusian Makanan Saat Pandemi Corona

Aksi Cepat Tanggap (ACT) kembali meluncurkan program varian dari Operasi Makan Gratis, yaitu Humanity Food Van dari Humanity Central Kitchen. Program ini diluncurkan di Sentul, Bogor, Jawa Barat…

CEO Dana, Vincent Iswara (Hariyanto/INDUSTRY.co.id)

Kamis, 09 April 2020 - 14:44 WIB

Dana Sediakan Fitur Pendataan Warung Lewat Miniprogram Siap Siaga COVID-19

Fitur ini merupakan bentuk dukungan Dana terhadap gerakan #BelanjadiWarungTetangga yang digagas oleh Kemenkop. UMKM yang didaftarkan melalui miniprogram Siap Siaga Covid-19 akan mendapatkan…

Peluncuran Zilingo

Kamis, 09 April 2020 - 14:33 WIB

Sambut Bulan Suci Ramadhan, Zilingo Ajak Pelanggan Lakukan Pengadaan Dari Rumah

Festival pengadaan online yang berlaku dari 30 Maret hingga 20 Mei 2020 ini akan memberikan berbagai penawaran dan promosi menarik untuk produk fesyen, kecantikan, gaya hidup, dan kebutuhan…

Pertamina Lubricants salurkan paket sembako untuk pengemudi transportasi online

Kamis, 09 April 2020 - 14:15 WIB

Pertamina Lubricants Salurkan Paket Sembako untuk Pengemudi Transportasi Umum

Seluruh karyawan PT Pertamina Lubricants Production Unit Jakarta bersatu dan tergerak untuk meringankan beban sehari-hari para pengemudi ojek online, angkot, taxi dan pengemudi transportasi…