Tingkatkan Produksi, PTPN VII Jalin Kerja Sama Operasional

Oleh : Herry Barus | Senin, 20 Agustus 2018 - 09:19 WIB

Kebun Kelapa Sawit (Ist)
Kebun Kelapa Sawit (Ist)

INDUSTRY.co.id - Bandarlampung- PTPN VII menjalin kerja sama operasional (KSO) dengan sejumlah perusahaan swasta atau mitra usaha untuk meningkatkan pendapatan dari aset yang mengalami penurunan produksi.

"KSO dilakukan PTPN VII untuk beberapa aset yang mengalami kemunduran produksi. Saat ini, sebagai uji coba dan menunjukkan hasil sangat baik adalah KSO Pabrik Kelapa Sawit (PKS) Unit Talopino di Kabupaten Seluma, Bengkulu," kata Direktur Utama PTPN VII M Hanugroho di Bandarlampung seperti dilansir Antara Sabtu (18/8/2018) .
 

Ia menyebutkan, KSO Talopino mendapatkan mitra dari PT Bengkulu Sawit Lestari (BSL) dengan penawaran terbuka (lelang).  Menurutnya, dari PKS Talopino ini, PTPN VII mampu menghasilkan profit pada kisaran Rp1,5 miliar per bulan. Dan langkah KSO Talopino ini menjadi model kerja sama untuk aset PTPN VII yang lain.

Model KSO yang juga sedang diformulasikan adalah kebun dan pabrik Teh Gunung Dempo di Pagar Alam. Dalam hal ini, PTPN VII Menggandeng PT Chakra. Saat ini sedang dalam proses perumusan model dan teknis kerja sama.

Selain itu, pihaknya melakukan beberapa langkah strategis yang telah dilakukan manajemen sehingga grafik pertumbuhan PTPN VII mulai membaik.

Salah satunya dengan program restrukturisasi sumber daya manusia (human capital), manajemen telah menemukan pola-pola kerja yang sesuai dengan kondisi lapangan.

"Saat ini, hasil dari berbagai upaya perbaikan kinerja, terutama pada aspek attitude dan budaya kerja, telah terjadi 'revolusi mental' di seluruh lapisan," jelasnya.

Hanugroho menjelaskan, hasil dari upaya untuk menyusupkan inti budaya kerja "jujur, tulus, ikhlas", saat ini semua unit bisnis di PTPN VII menunjukkan kenaikan produksi dan produktivitas.

Beberapa contoh, antara lain produksi karet di setiap unit menunjukkan kenaikan lebih dari 100 persen. Bahkan, ada yang sampai 250 persen.

Namun, lanjutnya, kenaikan ini bukan seluruhnya dari faktor perbaikan mentalitas. Ada faktor alam yang mendukung, faktor usia produktif tanaman, faktor eksternal (keamanan hasil produksi dari pencurian), pengawasan yang lebih intensif, juga motivasi dan sikap positif dari karyawan.

PTPN VII lanjutnya, juga melakukan optimalisasi aset mengingat banyak aset PTPN VII yang tidak maksimal, bahkan tidak termanfaatkan tetapi memilik potensi di luar bisnis.

"Antara lain kawasan Pantai Teluk Nipah. Ada bangunan dan lahan strategis di depan kantor Direksi. Ada lahan yang terkandung deposit batu bara di lahan dan lainnya," tambah Hanugroho.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

JTTS Sigli-Banda Aceh Seksi 4 Siap Diperasikan

Sabtu, 04 Juli 2020 - 10:00 WIB

JTTS Sigli-Banda Aceh Seksi 4 Siap Diperasikan

PT Hutama Karya (Persero) (Hutama Karya) terus berupaya menjalankan mandat pemerintah untuk menyelesaikan pembangunan Jalan Tol Trans Sumatera (JTTS) sepanjang 2.765Km. Setelah dilakukan Uji…

BKPM ilustrasi

Sabtu, 04 Juli 2020 - 09:45 WIB

Luluh Lantah Dirayu BKPM, Perusahaan Asal AS Pindahkan Pundi-pundi Uang dari China ke Indonesia

Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) berhasil merayu PT CDS Asia (Alpan Lighting) asal Amerika Serikat untuk merelokasi pabrik nya ke Indonesia.

Menteri PUPR Bertemu Mentan Bahas Food Estate Kalteng

Sabtu, 04 Juli 2020 - 09:36 WIB

Menteri PUPR Bertemu Mentan Bahas Food Estate Kalteng, Lahan Seluas 28.000 Hektare Akan Jadi Prioritas di 2020

Dalam pengembangan food estate ini, menurut Menteri Basuki, Kementerian PUPR mendukung manajemen water melalui rehabilitasi dan peningkatan saluran dan jaringan irigasi, baik mulai irigasi primer,…

Tenaga Medis Memeriksa Sampel darah Pasien

Sabtu, 04 Juli 2020 - 09:25 WIB

Pasien Positif COVID-19 Jadi 60.695, Yurianto: Tertinggi Jatim 13.048, Jakarta 11.961, Sulsel 5.559, Jateng 4.293 dan Jabar 3.374

Pemerintah Indonesia melalui Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 (Gugus Tugas Nasional) mencatat total kasus terkonfirmasi positif COVID-19 menjadi 60.695.

Sertifikasi pekerja

Sabtu, 04 Juli 2020 - 09:22 WIB

Kementerian PUPR Lakukan Sertifikasi Pekerja Bangunan Program Sarhunta

Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) terus melakukan pembekalan dan sertifikasi pada para pekerja bangunan. Salah satunya pekerja bangunan yang mengerjakan program Sarana Hunian…