Mentan Andi Amran Ingin Sektor Pertanian Fokus Inovasi Tekologi

Oleh : Wiyanto | Rabu, 30 Mei 2018 - 14:38 WIB

Mentan Amran Andi Sulaiman bersama BEM se Indonesia
Mentan Amran Andi Sulaiman bersama BEM se Indonesia

INDUSTRY.co.id - Jakarta- Menteri Pertanian Andi Amran Sulaiman menginginkan berbagai pemangku kepentingan di sektor pertanian Republik Indonesia dapat berfokus untuk menerapkan inovasi teknologi guna memajukan produksi dan meningkatkan kesejahteraan petani.

"Yang bisa mengubah pertanian adalah teknologi dan inovasi," kata Amran Sulaiman di kantor Kementerian Pertanian, Jakarta, Rabu (30/5/2018)

Untuk itu, ujar dia, bagi siapa saja yang memiliki paten untuk alat sektor pertanian jangan ragu untuk memberitahukan kepada Kementan.

Mentan mengemukakan, secara internal saat ini pihaknya telah benar-benar memperhatikan royalti dari panen sehingga peneliti juga semakin termotivasi.

Sebelumnya, Mentan juga pernah menyatakan untuk mencapai swasembada pangan dan ekspor hasil pertanian harus menggunakan teknologi atau alat mesin pertanian.

"Swasembada pangan dan bahkan ekspor bisa dicapai oleh kami, selain menggunakan teknologi juga mekanisasi. Tujuan mekanisasi, yaitu bisa menekan biaya tanam hingga 40 persen," kata Mentan saat meninjau Optimalisasi Pemanfaatan Alsintan (OPA) di Desa/Kecamatan Tenggarang, Kabupaten Bondowoso, Jawa Timur, Selasa (22/5).

Selain itu dengan menggunakan mekanisasi, lanjut dia, indeks pertanamannya bisa meningkat dua kali lipat atau jika sebelumnya petani hanya bisa menanam satu kali per tahun naik bisa menanam dua kali per tahun.

Kemudian, katanya, susut panen (padi yang hilang selama proses panen) yang biasanya hilang sekitar 10 persen bisa ditarik kembali dan menggunakan teknologi dan mekanisasi juga dapat mempercepat tanam.

"Yang tidak kalah pentingnya menggunakan teknologi dan mekanisasi juga untuk mendorong generasi muda turun ke pertanian, dan kami lihat tadi banyak pemuda yang mengoperasikan traktor di sawah ini," tuturnya.

Sementara itu, Kepala Badan Penyuluhan dan Pengembangan SDM Pertanian Kementan Momon Rusmono di Jember, Rabu (23/5) mengatakan pihaknya mendapat tugas untuk melakukan monitoring, evaluasi, dan mengoptimalkan pemanfaatan alsintan bantuan pemerintah, terutama olah tanah dan panen.

Kementerian Pertanian mendorong petani memaksimalkan teknologi pertanian untuk meningkatkan produksi hasil panen yang akan berdampak pada kesejahteraan masyarakat yang bekerja di sektor pertanian.

Tujuan mekanisasi itu adalah untuk menurunkan biaya produksi 40 persen, meningkatkan indeks pertanaman, mempercepat tanam, dan meningkatkan produktifitas yang akan berdampak pada kesejahteraan petani meningkat.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

TOTAL Synthetic Leather kembali menggelar kembali ajang kreativitas di bidang pemasangan jok mobil sekaligus mengumumkan kehadirannya di ajang pameran Indonesia International Motor Show (IIMS) 2019

Sabtu, 20 April 2019 - 21:31 WIB

TOTAL Kembali Gelar Lomba Pasang Jok Paten di IIMS 2019

TOTAL Synthetic Leather kembali menggelar kembali ajang kreativitas di bidang pemasangan jok mobil sekaligus mengumumkan kehadirannya di ajang pameran Indonesia International Motor Show (IIMS)…

Badan Perlindungan Konsumen Nasional (BPKN) memperingati hari ulang tahun ke 20 tahun Undang-Undang Perlindungan Konsumen (UUPK), di Gramedia Matraman, Sabtu (20/4/2019)

Sabtu, 20 April 2019 - 21:10 WIB

Hari Perlindungan Konsumen, Sektor Properti Paling Banyak Diadukan Konsumen

Badan Perlindungan Konsumen Nasional (BPKN) memperingati hari ulang tahun ke 20 tahun Undang-Undang Perlindungan Konsumen (UUPK). Dalam peringatan tersebut, pihaknya menyebut bahwa sektor perumahan…

The Museum of Innocence Turki (Foto Dok Industry.co.id)

Sabtu, 20 April 2019 - 21:00 WIB

Destinasi Wisata Wajib Dikunjungi Para Kutu Buku di Hari Buku Dunia

Buku dapat membawa Anda ke tempat-tempat yang baru dan menarik, bahkan dunia yang sama sekali baru. Di Hari Buku Dunia (World Book Day, 23 Maret 2019) kali ini, Agoda akan membawa Anda dalam…

Huawei Undang Penggunanya Ikuti Huawei Next-Image Masterclass

Sabtu, 20 April 2019 - 18:40 WIB

Huawei Undang Penggunanya Ikuti Huawei Next-Image Masterclass

Huawei Indonesia mendorong pengguna memandang dengan lebih luas melalui smartphone mereka lewat HUAWEI Next Image Masterclass

Direktur Kesehatan Hewan, Fadjar Sumping Tjatur Rasa bertemu produsen obat hewan

Sabtu, 20 April 2019 - 18:24 WIB

Dorong ekspor, Kementan ajak produsen tingkatkan kualitas obat hewan Indonesia

Jakarta - Kementerian Pertanian mengajak seluruh Produsen Obat Hewan Indonesia untuk terus memperluas akses pasar melalui peningkatan kualitas obat hewan dengan penerapan Cara Pembuatan Obat…