Mentan Andi Amran Ingin Sektor Pertanian Fokus Inovasi Tekologi

Oleh : Wiyanto | Rabu, 30 Mei 2018 - 14:38 WIB

Mentan Amran Andi Sulaiman bersama BEM se Indonesia
Mentan Amran Andi Sulaiman bersama BEM se Indonesia

INDUSTRY.co.id - Jakarta- Menteri Pertanian Andi Amran Sulaiman menginginkan berbagai pemangku kepentingan di sektor pertanian Republik Indonesia dapat berfokus untuk menerapkan inovasi teknologi guna memajukan produksi dan meningkatkan kesejahteraan petani.

"Yang bisa mengubah pertanian adalah teknologi dan inovasi," kata Amran Sulaiman di kantor Kementerian Pertanian, Jakarta, Rabu (30/5/2018)

Untuk itu, ujar dia, bagi siapa saja yang memiliki paten untuk alat sektor pertanian jangan ragu untuk memberitahukan kepada Kementan.

Mentan mengemukakan, secara internal saat ini pihaknya telah benar-benar memperhatikan royalti dari panen sehingga peneliti juga semakin termotivasi.

Sebelumnya, Mentan juga pernah menyatakan untuk mencapai swasembada pangan dan ekspor hasil pertanian harus menggunakan teknologi atau alat mesin pertanian.

"Swasembada pangan dan bahkan ekspor bisa dicapai oleh kami, selain menggunakan teknologi juga mekanisasi. Tujuan mekanisasi, yaitu bisa menekan biaya tanam hingga 40 persen," kata Mentan saat meninjau Optimalisasi Pemanfaatan Alsintan (OPA) di Desa/Kecamatan Tenggarang, Kabupaten Bondowoso, Jawa Timur, Selasa (22/5).

Selain itu dengan menggunakan mekanisasi, lanjut dia, indeks pertanamannya bisa meningkat dua kali lipat atau jika sebelumnya petani hanya bisa menanam satu kali per tahun naik bisa menanam dua kali per tahun.

Kemudian, katanya, susut panen (padi yang hilang selama proses panen) yang biasanya hilang sekitar 10 persen bisa ditarik kembali dan menggunakan teknologi dan mekanisasi juga dapat mempercepat tanam.

"Yang tidak kalah pentingnya menggunakan teknologi dan mekanisasi juga untuk mendorong generasi muda turun ke pertanian, dan kami lihat tadi banyak pemuda yang mengoperasikan traktor di sawah ini," tuturnya.

Sementara itu, Kepala Badan Penyuluhan dan Pengembangan SDM Pertanian Kementan Momon Rusmono di Jember, Rabu (23/5) mengatakan pihaknya mendapat tugas untuk melakukan monitoring, evaluasi, dan mengoptimalkan pemanfaatan alsintan bantuan pemerintah, terutama olah tanah dan panen.

Kementerian Pertanian mendorong petani memaksimalkan teknologi pertanian untuk meningkatkan produksi hasil panen yang akan berdampak pada kesejahteraan masyarakat yang bekerja di sektor pertanian.

Tujuan mekanisasi itu adalah untuk menurunkan biaya produksi 40 persen, meningkatkan indeks pertanaman, mempercepat tanam, dan meningkatkan produktifitas yang akan berdampak pada kesejahteraan petani meningkat.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

PT. CAR SOME INDONESIA (Carsome), sebuah perusahaan penyedia layanan jual beli mobil berbasis aplikasi digital.

Jumat, 21 Juni 2019 - 06:09 WIB

Carsome Diduga Melanggar Aturan dalam Praktik Bisnis Jual Beli Mobil

Masyarakat Peduli Hukum Teknologi Indonesia (MPHTI) melayangan aduannya ke Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) terkait praktik jual beli yang dilakukan PT. CAR SOME INDONESIA (Carsome),…

Jenny Widjaja, selaku pendiri Paberik Mie tampak antusias menyambut pengunjung menikmati kuliner mie ayam sehat dan alami

Jumat, 21 Juni 2019 - 05:50 WIB

Waralaba Paberik Mie, Bisnis Sehat dan Aman

Bagi Anda pengunjung Pekan Raya Jakarta, JIExpo Kemayoran selain menikmati hiburan live musik, kurang pas tanpa menjajaki aneka kuliner disana. Dari bermacam aneka kuliner yang hadir disana,…

Volvo Trucks Indonesia memberi gebrakan baru bagi dunia truk di Indonesia, Volvo memperkenalkan inovasi terbarunya yang bernama Volvo Dynamic Steering.

Jumat, 21 Juni 2019 - 03:46 WIB

Volvo Trucks Hadirkan Inovasi Setir Mobil Anti Lelah

Volvo Trucks Indonesia memberi gebrakan baru bagi dunia truk di Indonesia. Pada demonstrasi produk di Sentul Kamis (20/6/2019). V

Pemenang Traveloka Experience

Kamis, 20 Juni 2019 - 23:16 WIB

Traveloka Xperience Hadir Tawarkan Ribuan Pengalaman Menyenangkan di Seluruh Dunia

Tahukah Anda bahwa kebutuhan hiburan dan gaya hidup orang Indonesia meningkat secara signifikan belakangan ini? Berdasarkan data dari Badan Pusat Statistik (BPS) sejak 2015 hingga 2017, secara…

Lion Air (Ist)

Kamis, 20 Juni 2019 - 22:00 WIB

Lion Air Mengajak Millennials Traveling Jelajahi Destinasi Indonesia

Lion Air (kode penerbangan JT) member of Lion Air Group hari ini mengumumkan program promo yang bertemakan #wujudkanmimpiterbang untuk rute penerbangan domestik. Tarif spesial ini bertepatan…