Harga CPO Malaysia Turun ke Level Terendah Akhir Tahun Lalu

Oleh : Abraham Sihombing | Jumat, 04 Mei 2018 - 20:39 WIB

Kebun Kelapa Sawit (Ist)
Kebun Kelapa Sawit (Ist)

INDUSTRY.co.id - Jakarta – Harga minyak sawit mentah (crude palm oil/CPO) Malaysia pada perdagangan akhir pekan ini, Jumat 4 Mei 2018, dibuka relatif mendatar sebesar RM2.331 per ton dibanding harga di penutupan perdagangan sehari sebelumnya sebesar RM2.332 per ton.

“Hari ini, CPO mencapai harga terendah sebesar RM2.324 per ton dan tertinggi sebesar RM2.346 per ton. Adapun pada perdagangan Kamis (03/04/2018), harga terendah CPO Malaysia sebesar RM2.329 per ton dan tertinggi 2.375 per ton,” ujar Arie Nurhadi, analis riset PT Monex Investindo Futures, di Jakarta, Jumat (04/05/2018).

Arie mengemukakan, harga CPO Malaysia pada Kamis kemarin turun ke kisaran terendah sama seperti pada akhir 2017. Penurunan harga itu dikarenakan kurangnya fundamental yang dapat mendorong kenaikan permintaan sehingga dapat meningkatkan harga, terutama untuk ekspor.

“Pengenaan pajak ekspor CPO yang diberlakukan otoritas Malaysia pada Mei 2018 ini tampaknya akan memunculkan masalah di sisi permintaan. Karena itu, ekspor CPO Malaysia bulan ini tampaknya bakal tidak baik,” papar Arie.

Seperti diketahui, Otoritas Malaysia menerapkan pajak ekspor CPO sebesar 5% sejak Mei 2018 ini. Kebijakan itu tampaknya akan membuat pelaku pasar menjadi tidak tertarik dengan pasar CPO Malaysia. Awalnya, langkah tersebut diterapkan dengan tujuan untuk menahan penurunan persediaan atau stok CPO domestik Malaysia. (Abraham Sihombing)

 

 

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Dukung Keberhasilan Protokol Kesehatan Yonmarhanlan XII Tertibkan Pasar Tradisional

Jumat, 03 Juli 2020 - 04:00 WIB

Dukung Keberhasilan Protokol Kesehatan Yonmarhanlan XII Tertibkan Pasar Tradisional

Tingkatkan disiplin masyarakat terhadap Covid-19, prajurit Batalyon Marinir Pertahanan Pangkalan (Yonmarhanlan XII) Pontianak bersama unsur TNI - Polri dan Gugus Tugas Penanganan Percepatan…

Panglima TNI-Purnawirawan Militer Sepakat Tingkatkan Pertahanan

Jumat, 03 Juli 2020 - 03:38 WIB

Panglima TNI-Purnawirawan Militer Sepakat Tingkatkan Pertahanan

Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto, S.I.P. didampingi Kapuskersin TNI Laksma TNI Didik Kurniawan, S.T., M.Si., dan Waasintel Panglima TNI Laksma TNI Drs. I Putu Arya Angga menerima audiensi…

Ketua Kadin Rosan P. Roeslani

Jumat, 03 Juli 2020 - 03:30 WIB

Menghadap OJK, Sejumlah Pengusaha 'Teriak' Pemberian Stimulus Masih Lambat

Otoritas Jas Keuangan memanggil sejumlah pengusaha yang tergabung dalam Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia, Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo), dan Himpunan Pengusaha Muda Indonesia…

 Ketua Umum Persatuan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI), Hariyadi Sukamdani (Foto:jurnas)

Jumat, 03 Juli 2020 - 01:15 WIB

Pengusaha: Berapapun Stimulus yang Diberikan, Kalau Masyarakat Tidak Bergerak, Percuma

Dunia usaha tengah mengalami masalah krusial dalam menumbuhkan permintaan. Hal ini menjadi penting karena berapapun stimulus ekonomi yang disuntikkan tetap percuma jika tidak ada permintaan.

Penerbangan Batik Air Sesuai Protokol Kesehatan

Jumat, 03 Juli 2020 - 00:05 WIB

Gawat! Industri Penerbangan 'Mati Suri', Lion Air Group Rumahkan Ribuan Karyawan

Maskapai Lion Air Group menyampaikan penjelasan sehubungan dengan kabar pemutusan hubungan kerja (PHK) ribuan karyawan.