Harga CPO Malaysia Turun ke Level Terendah Akhir Tahun Lalu

Oleh : Abraham Sihombing | Jumat, 04 Mei 2018 - 20:39 WIB

Kebun Kelapa Sawit (Ist)
Kebun Kelapa Sawit (Ist)

INDUSTRY.co.id - Jakarta – Harga minyak sawit mentah (crude palm oil/CPO) Malaysia pada perdagangan akhir pekan ini, Jumat 4 Mei 2018, dibuka relatif mendatar sebesar RM2.331 per ton dibanding harga di penutupan perdagangan sehari sebelumnya sebesar RM2.332 per ton.

“Hari ini, CPO mencapai harga terendah sebesar RM2.324 per ton dan tertinggi sebesar RM2.346 per ton. Adapun pada perdagangan Kamis (03/04/2018), harga terendah CPO Malaysia sebesar RM2.329 per ton dan tertinggi 2.375 per ton,” ujar Arie Nurhadi, analis riset PT Monex Investindo Futures, di Jakarta, Jumat (04/05/2018).

Arie mengemukakan, harga CPO Malaysia pada Kamis kemarin turun ke kisaran terendah sama seperti pada akhir 2017. Penurunan harga itu dikarenakan kurangnya fundamental yang dapat mendorong kenaikan permintaan sehingga dapat meningkatkan harga, terutama untuk ekspor.

“Pengenaan pajak ekspor CPO yang diberlakukan otoritas Malaysia pada Mei 2018 ini tampaknya akan memunculkan masalah di sisi permintaan. Karena itu, ekspor CPO Malaysia bulan ini tampaknya bakal tidak baik,” papar Arie.

Seperti diketahui, Otoritas Malaysia menerapkan pajak ekspor CPO sebesar 5% sejak Mei 2018 ini. Kebijakan itu tampaknya akan membuat pelaku pasar menjadi tidak tertarik dengan pasar CPO Malaysia. Awalnya, langkah tersebut diterapkan dengan tujuan untuk menahan penurunan persediaan atau stok CPO domestik Malaysia. (Abraham Sihombing)

 

 

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Ilustrasi pengiriman barang (Doc:Pikiranrakyat)

Jumat, 27 November 2020 - 19:08 WIB

Gandeng Loggis.id, Paketku Tingkatkan Efisiensi dan Layanan

Dalam masa pandemi saat ini, salah satu tantangan pada hampir semua industri adalah melakukan efisiensi dalam berbagai bentuk.

Kantor pusat Pegadaian

Jumat, 27 November 2020 - 18:50 WIB

Pegadaian Panen Penghargaan di Penutupan November 2020

PT Pegadaian (Persero) meraih beberapa penghargaan atas kinerja yang dilakukan, satu di antaranya BUMN Award 2020 kategori Digital Marketing Transformation for Milennial Generation dari Warta…

Suasana diskusi Famara Jakarta di Jakarta, Jumat (27/11/2020).

Jumat, 27 November 2020 - 18:29 WIB

Diskusi Famara: Wujudkan Negara Kesejahteraan dari Advokat, Pakar Hukum: Banyak Advokat Bermain Tidak Jujur

Jakarta – Seluruh advokat di Indonesia harus melaksanakan penegakkan hukum dengan baik dan benar. Kalau advokat melaksanakan penegakkan hukum dengan baik dan benar maka konsep negara kesejahteraan…

Bank DKI bersama warga Rusun Pondok Bambu, Jakarta Timur luncurkan Program Kebun Hidroponik. Program tersebut merupakan Program Corporate Social Responsibility Bank DKI, dan juga upaya menyadarkan masyarakat pentingnya gaya hidup sehat melalui konsumsi sayur-sayuran dan buah-buahan organik.

Jumat, 27 November 2020 - 18:10 WIB

Keren! Bank DKI Ajak Warga Rusun DKI Jakarta Kembangkan Usaha Hidroponik

Jakarta – Ajak masyarakat DKI Jakarta kembangkan usaha hidroponik, Bank DKI bersama warga Rusun Pondok Bambu, Jakarta Timur luncurkan Program Kebun Hidroponik.

Dialog Produktif: Vaksin Sebagai Perencanaan Preventif Kesehatan

Jumat, 27 November 2020 - 18:00 WIB

Penyintas Covid-19: Tunjukkan Gejala yang Berbeda, Asupan Pangan Penting dalam Proses Pemulihan

Jakarta-Semua pihak harus mematuhi protokol kesehatan dengan sebaik-baiknya demi menekan tingkat penularan Covid-19. Selain itu, imunitas harus selalu dijaga supaya masyarakat memiliki daya…