Kembangkan Energi Baru dan Terbarukan, Len MOU dengan IPS Bulgaria

Oleh : Ridwan | Kamis, 22 Februari 2018 - 15:15 WIB

Penandatanganan MoU PT Len Industri dengan IPS Bulgaria (Foto: Dok. INDUSTRY.co.id)
Penandatanganan MoU PT Len Industri dengan IPS Bulgaria (Foto: Dok. INDUSTRY.co.id)

INDUSTRY.co.id -Jakarta, PT Len Industri (Persero) jalin kerja sama dengan International Power Supply (IPS) perusahaan Bulgaria yang berpengalaman dalam pengembangan dan konversi teknologi energi.

Kerja sama yang disepakati adalah memaksimalkan kemampuan para pihak untuk peningkatan sumberdaya dan keahlian dalam pendidikan, penelitian dan pengembangan teknologi energi baru terbarukan dan ketenagalistrikan.

Direktur Utama Len, Zaky Gamal Yasin menjelaskan, kerja sama dengan IPS ini terkait pengembangan energi baru terbarukan di Indonesia.

"Kerja sama ini dalam bentuk mengembangkan energi terbarukan di Indonesia bersama dengan ITB & Unhan agar dapat segera di gunakan dengan lebih efisien dan efektif" kata Zaky dalam konferensi pers di Renewable Innovation Forum di Hotel Kempinski Jakarta, Kamis (22/2/2018).

Acara yang diselenggarakan oleh The Purnomo Yusgiantoro Center turut menghadirkan Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Ignasius Jonan, CEO IPS Alexander Rangelov serta Duta Besar Indonesia untuk Bulgaria Astari Rasjid.

Zaky menambahkan, dalam kerja sama ini, Len bersama IPS akan mengembangkan teknologi baru agar investasi dalam solar energy ini semakin murah. "Rencana akan disusun agar sesuai dengan kebutuhan dan rencana pengembangan energi baru terbarukan di Indonesia," terangnya.

Selain itu, Zaky mengatakan, ke depannya juga akan dibentuk tim perancang kerja sama. "Dengan adanya tim ini, diharapkan dapat menyusun secara rinci hal-hal yang akan dikerjasamakan antara Len dan IPS," kata Zaky.

Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral Ignasius Jonan yang hadir dalam acara tersebut mengapresiasi adanya kerja sama antara Len dan IPS tersebut. Jonan berharap ke depannya Len bersama IPS dapat mengembangkan energi baru terbarukan di Indonesia.

"Saya senang akhirnya Len dan IPS menjalin kerjasama seperti ini, IPS yang telah memiliki pengalaman dalam energi baru terbarukan dapat diaplikasikan bersama Len," ungkap Jonan.

Jonan berharap dengan kerja sama ini dapat membantu mengembangkan dan mengaplikasikan energi baru terbarukan di Indonesia. "Rencana kerja nya harus sesuatu yang bisa diimplementasikan dengan cepat lalu dikembangkan setiap tahunnya." Harap Jonan.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

GP Ansor geruduk Holywings

Minggu, 26 Juni 2022 - 16:12 WIB

Ansor Minta Walkot Jakut Tutup Holywings di Kelapa Gading dan Penjaringan

GP Gerakan Pemuda (GP) Ansor Kota Jakarta Utara meminta pemkot setempat mengevaluasi perizinan tempat hiburan Holywings di Wilayah Kelapa Gading, dan Penjaringan.

 Kantor Pusat Kementerian PUPR

Minggu, 26 Juni 2022 - 16:04 WIB

Terapkan Green Building, Kantor Pusat Kementerian PUPR Jadi Destinasi Wisata Sebumi Jakarta City Tour

Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) mendukung upaya pengurangan dampak emisi karbon akibat pencemaran lingkungan yang salah satunya diterapkan pada bangunan gedung kantor…

Menteri Basuki Kunjungi IPAL Krukut

Minggu, 26 Juni 2022 - 14:58 WIB

Kunjungi IPAL Krukut, Menteri Basuki : Kurangi Pencemaran, Berikan Nilai Tambah untuk Kota

Memanfaatkan waktu libur akhir pekan, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono melakukan kunjungan lapangan ke Instalasi Pengelolaan Air Limbah (IPAL) Krukut, di…

Mahasiswa LPDP

Minggu, 26 Juni 2022 - 14:53 WIB

BPSDM Kementerian PUPR Dorong Generasi Muda PUPR Daftar Beasiswa LPDP

Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) terus berkomitmen mendukung peningkatan kualitas sumber daya manusia (SDM) yang merupakan visi Presiden Joko Widodo bersama Wakil Presiden…

Pegadaian dan PPATK Gelar Transplantasi Terumbu Karang

Minggu, 26 Juni 2022 - 14:44 WIB

Peringati 2 Dekade Gerakan APU PPT, Pegadaian dan PPATK Gelar Transplantasi Terumbu Karang

PT Pegadaian terus berkomitmen untuk mendukung pencegahan dan pemberantasan pencucian uang serta pendanaan terorisme di Indonesia. Sebagaimana Arahan Presiden RI di acara Peringatan Dua Dekade…