INDEF: Porsi Industri Tahun Ini Terbilang Rendah Sejak Era Reformasi

Oleh : Ridwan | Kamis, 28 Desember 2017 - 15:00 WIB

Industri Tekstil
Industri Tekstil

INDUSTRY.co.id - Jakarta, Pertumbuhan industri nasional di tahun 2017 mengalani perlambatan sehingga diproyeksi tumbuh rata-rata 4 persen atau dibawah pertumbuhan industri yang mencapai 5,05 persen.

Hal tersebut diungkapkan oleh Ekonom Institute for Development of Economics and Finance (Indef) Bhima Yudhistira Adhinegara saat dihubungi INDUSTRY.co.id di Jakarta, Kamis (28/12/2017).

Selain itu, Bhima menyayangkan share industri manufaktur terhadap PDB pun terus menurun hingga di bawah 20 persen.

"Porsi industri tahun ini terbilang paling rendah sejak era reformasi. Deindustrialisasi ini membahayakan," ujar Bhima.

Menurutnya, faktor yang membuat kinerja industri lesu dipengaruhi oleh lemahnya daya beli masyarakat khususnya kelas menengah kebawah.

"Konsumsi rumah tangga hanya mampu tumbuh 4,9 persen," terangnya.

Dari sisi insentif, lanjutnya, 16 paket kebijakan pun dampaknya belum dirasakan oleh pelaku industri. "Harga gas murah, tax allowance dan tax holiday implementasinya masih belum optimal," tegas Bhima.

Bhima menambahkan, proyek infrastruktur dinilai minim dampak ke penyerapan hasil industri. "Buktinya kondisi semen masih oversupply, industri logam dasar juga masih melambat," katanya.

Bhima berharap di tahun 2018 pertumbuhan sektor industri bisa diatas 5 persen, hal ini didorong oleh tahun politik dan naiknya daya beli serta perbaikan ekspor barang jadi.

"Sektor industri pengolahan makanan minuman, pengolahan tembakau, alas kaki dan tekstil jadi penopang perbaikan industri tahun depan," pungkasnya.

Sebelumnya, Kementerian Perindustrian menargetkan pertumbuhan industri pengolahan non-migas pada tahun 2018 sebesar 5,67 persen.

Capaian ini akan dipacu oleh semua subsektor terutama industri logam dasar, makanan dan minuman, alat angkutan, mesin dan perlengkapan, farmasi, kimia, serta elektronika. Selain itu didukung pula pembangunan kawasan industri di berbagai daerah di Indonesia.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Menteri Erick Thohir: 26 Tahun Kementerian BUMN, Mari Rayakan Kebersamaan Dengan Terus Berprestasi.

Senin, 06 Mei 2024 - 05:59 WIB

Menteri Erick Thohir: 26 Tahun Kementerian BUMN, Mari Rayakan Kebersamaan Dengan Terus Berprestasi.

Menyadari pentingnya support keluarga demi meningkatkan produktivitas karyawan di tempat kerja, Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) menggelar acara Family Gathering di Plaza Keong Mas,…

Mitraruma Kini Hadir di The Darmawangsa Square, Tawarkan Kitchen Set dan Kabinet Premium

Senin, 06 Mei 2024 - 05:36 WIB

Mitraruma Kini Hadir di The Darmawangsa Square, Tawarkan Kitchen Set dan Kabinet Premium

Mitraruma, penyedia one-stop design & build interior untuk kebutuhan kitchen set dan cabinetry di bawah unit bisnis SCG Distribution & Retail Indonesia, PT Kokoh Inti Arebama Tbk, membuka showroom…

Ilustrasi Investasi Bodong (Foto Dok Industry.co.id)

Senin, 06 Mei 2024 - 00:11 WIB

Catat Ya! Jadi Korban Investasi Bodong, Nasabah Disarankan Tempuh Jalur Hukum

Jakarta - Kasus dugaan dana nasabah hilang di rekening tabungan PT Bank Tabungan Negara Tbk menarik perhatian publik.

PJ Gubernur Turut Hadir dalam Paskah ASN DKI Jakarta 2024

Minggu, 05 Mei 2024 - 22:53 WIB

Hadiri Paskah, Heru Imbau ASN Tingkatkan Pelayanan Bagi Masyarakat

Jakarta- Pemerintah Provinsi DKI Jakarta menggelar perayaan Paskah Bersama 2024 dengan mengangat tema "Aktualisasi Nilai-Nilai Paskah Pemerintah Provinsi DKI Jakarta Tahun 2024" yang digelar…

Atlet tim Thomas dan Uber

Minggu, 05 Mei 2024 - 22:38 WIB

BNI Apresiasi Tim Thomas dan Uber Indonesia  

PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk atau BNI selaku sponsor resmi Persatuan Bulu Tangkis Seluruh Indonesia (PBSI) menyampaikan apresiasi setinggi-tingginya atas prestasi luar biasa Tim Thomas…