Gelar Munas 2017, IISIA Minta Semua Pihak Tingkatkan Penggunaan Baja Nasional

Oleh : Ridwan | Rabu, 15 November 2017 - 13:20 WIB

Ilustrasi Industri Baja
Ilustrasi Industri Baja

INDUSTRY.co.id - Jakarta, Indonesian Iron and Steel Industry Associations (IISIA) hari ini (15/11/2017) menggelar Musyawarah Nasional (Munas) tahun 2017 dengan tema "Revitalisasi Industri Baja Nasional Untuk Mendukung Pembangunan Ekonomi Nasional".

Chairman IISIA, Mas Wigrantoro Roes Setiyadi mengatakan, acara Munas ini sangat penting dan strategis karena mempertemukan seluruh anggota IISIA yang merupakan produsen baja, industri pengguna, dan seluruh pemangku kepentingan industri baja nasional.

Berdasarkan data yang dirilis oleh South East Asia Iron & Steel Institute (SEAISI) hampir seluruh negara ASEAN-Six mencatatkan laju pertumbuhan konsumsi baja 2 digit pada tahun 2016.

"Khusus di Indonesia, konsumsi baja meningkat signifikan dibandingkan tahun sebelumnya, dari 11.47 juta ton (finished steel) di 2015 menjadi lebih dari 12.67 juta ton di tahun 2016 (finished steel) atau mencatat pertumbuhan sebesar 11%," ujar Mas Wigrantoro di Jakarta, Rabu (15/11/2017).

Ia menambahkan, dari indikator ini kita dapat melihat dengan jelas bahwa permintaan baja Indonesia yang terus tumbuh ini sejalan dengan pertumbuhan ekonomi domestik. "Sektor-sektor pengguna baja yang terpenting adalah sektor konstruksi dan industri manufaktur," tambahnya.

Lebih lanjut, ia mengungkapkan, konsumsi baja perkapita kita saat ini masih sangat rendah yaitu 49 kg pada tahun 2016. "Hal ini tentu saja justru menjadi peluang bagi industri baja domestik untuk terus tumbuh dan berkembang mengingat peluang peningkatan kebutuhuan baja masih terbuka sangat lebar," ungkap Mas Wig.

Menurutnya, diperlukan upaya semua pihak untuk terus meningkatkan penggunaan baja. Kami melihat masa depan Indonesia yang gemilang dan kami percaya kami dapat terus berkontribusi dalam pertumbuhan ekonomi nasional dengan memasok baja untuk sektor konstruksi dan industri manufaktur.

"Hal ini di-indikasikan konsumsi baja nasional masih akan meningkat hingga mencapai 25 juta ton pada tahun 2025," terangnya.

IISIA sangat mendukung dan berterima kasih dengan adanya kebijakan Pemerintah yang mengutamakan penggunaan produk baja domestik dalam berbagai proyek infrastruktur dan energi.

Tentu kami berharap agar kita semua mengutamakan penggunaan produk nasional, bukan hanya baja tetapi juga produk pangan dan berbagai produk kebutuhan kita sehari-hari.

"Semoga Bangsa Indonesia menjadi bangsa yang besar dan lebih mandiri dalam penggunaa produk anak bangsanya sehingga pada akhirnya rakyatnya dapat hidup lebih sejahtera," katanya.

Ia berharap semoga dengan Munas ini, komunikasi yang terjalin bermanfaat bagi kita semua. "Mari kita gelorakan terus semangat untuk mengembangkan industri baja nasional sebagai mother of industries, meningkatkan penggunaan produk dalam negeri, dan sinergi sebagai sesama anak bangsa," tutupnya.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Minggu, 23 Februari 2020 - 14:00 WIB

Ascada Musik Ramikan Industri Musik Nasional

Meski band-band besar sudah tidak produktif lagi, namun lain halnya dengan Dadali. Band yang pernah mendapatkan rekor MURI sesebagai "Viewer Terbanyak Dan Tersingkat", dari sebuah video musik…

Eddy Cahyono Sugiharto

Minggu, 23 Februari 2020 - 13:20 WIB

Omnibus Law: Strategi Akselerasi Peningkatan Investasi dan Indonesia Maju

Visi Indonesia Maju 2045 dengan melabuhkan Indonesia menjadi negara yang memiliki pendapatan Rp 320 juta per kapita per tahun, dengan Produk Domestik Bruto (PDB) mencapai 7 triliun dollar AS,…

Rizal Calvary Marimbo

Minggu, 23 Februari 2020 - 12:47 WIB

Kisah Investasi Mangkrak Penyandang Disabilitas

(Bambang Susilo (42). Pengusaha kecil menengah (UKM) asal Klaten tak pernah membayangkan sebelumnya. Duduk sederet investor-investor kakap asing di Rakornas Investasi yang digelar Badan Koordinasi…

Menikmati BBQ dan Waroeng Wedangan di Aston Inn Pandanaran Semarang

Minggu, 23 Februari 2020 - 12:17 WIB

Menikmati BBQ dan Waroeng Wedangan di Aston Inn Pandanaran Semarang

Menutup akhir bulan Februari ini Aston Inn Pandanaran Semarang menyuguhkan dua promo F&B sekaligus yaitu Waroeng Wedangan dan BBQ On The Sky pada tanggal 28 Februari 2020 di Altitude Sky Lounge…

Galaxy S10 Lite

Minggu, 23 Februari 2020 - 11:50 WIB

Samsung Hadirkan Galaxy S10 Lite Dengan Mengusung Fitur-fitur Superior, Seperti Apa?

Sasar para creator of live, gamers dan para muda ekspresif yang membutuhkan gawai tangguh performa, tiga kamera belakang serbaguna, dan kepremiuman gaya