Gelar Munas 2017, IISIA Minta Semua Pihak Tingkatkan Penggunaan Baja Nasional

Oleh : Ridwan | Rabu, 15 November 2017 - 13:20 WIB

Ilustrasi Industri Baja
Ilustrasi Industri Baja

INDUSTRY.co.id - Jakarta, Indonesian Iron and Steel Industry Associations (IISIA) hari ini (15/11/2017) menggelar Musyawarah Nasional (Munas) tahun 2017 dengan tema "Revitalisasi Industri Baja Nasional Untuk Mendukung Pembangunan Ekonomi Nasional".

Chairman IISIA, Mas Wigrantoro Roes Setiyadi mengatakan, acara Munas ini sangat penting dan strategis karena mempertemukan seluruh anggota IISIA yang merupakan produsen baja, industri pengguna, dan seluruh pemangku kepentingan industri baja nasional.

Berdasarkan data yang dirilis oleh South East Asia Iron & Steel Institute (SEAISI) hampir seluruh negara ASEAN-Six mencatatkan laju pertumbuhan konsumsi baja 2 digit pada tahun 2016.

"Khusus di Indonesia, konsumsi baja meningkat signifikan dibandingkan tahun sebelumnya, dari 11.47 juta ton (finished steel) di 2015 menjadi lebih dari 12.67 juta ton di tahun 2016 (finished steel) atau mencatat pertumbuhan sebesar 11%," ujar Mas Wigrantoro di Jakarta, Rabu (15/11/2017).

Ia menambahkan, dari indikator ini kita dapat melihat dengan jelas bahwa permintaan baja Indonesia yang terus tumbuh ini sejalan dengan pertumbuhan ekonomi domestik. "Sektor-sektor pengguna baja yang terpenting adalah sektor konstruksi dan industri manufaktur," tambahnya.

Lebih lanjut, ia mengungkapkan, konsumsi baja perkapita kita saat ini masih sangat rendah yaitu 49 kg pada tahun 2016. "Hal ini tentu saja justru menjadi peluang bagi industri baja domestik untuk terus tumbuh dan berkembang mengingat peluang peningkatan kebutuhuan baja masih terbuka sangat lebar," ungkap Mas Wig.

Menurutnya, diperlukan upaya semua pihak untuk terus meningkatkan penggunaan baja. Kami melihat masa depan Indonesia yang gemilang dan kami percaya kami dapat terus berkontribusi dalam pertumbuhan ekonomi nasional dengan memasok baja untuk sektor konstruksi dan industri manufaktur.

"Hal ini di-indikasikan konsumsi baja nasional masih akan meningkat hingga mencapai 25 juta ton pada tahun 2025," terangnya.

IISIA sangat mendukung dan berterima kasih dengan adanya kebijakan Pemerintah yang mengutamakan penggunaan produk baja domestik dalam berbagai proyek infrastruktur dan energi.

Tentu kami berharap agar kita semua mengutamakan penggunaan produk nasional, bukan hanya baja tetapi juga produk pangan dan berbagai produk kebutuhan kita sehari-hari.

"Semoga Bangsa Indonesia menjadi bangsa yang besar dan lebih mandiri dalam penggunaa produk anak bangsanya sehingga pada akhirnya rakyatnya dapat hidup lebih sejahtera," katanya.

Ia berharap semoga dengan Munas ini, komunikasi yang terjalin bermanfaat bagi kita semua. "Mari kita gelorakan terus semangat untuk mengembangkan industri baja nasional sebagai mother of industries, meningkatkan penggunaan produk dalam negeri, dan sinergi sebagai sesama anak bangsa," tutupnya.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Tempat Wisata di Venesia (Foto: Instagram/fabianalorenzon_tma)

Jumat, 27 Mei 2022 - 09:30 WIB

Venesia Tunda Pajak Turis untuk Wisatawan Hingga 2023

Sesuai perkembangan terbaru, Venesia telah menunda rencananya untuk membebankan pengunjung 'pajak turis' untuk mengelola overtourism.

Menteri PUPR Basuki Hadimuljono

Jumat, 27 Mei 2022 - 09:25 WIB

Tinjau Penanganan Banjir Rob Semarang, Menteri Basuki Instruksikan Penanganan Cepat

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono meninjau langsung ke lokasi penanganan banjir rob dan tanggul laut yang jebol di kawasan Pelabuhan Tanjung Emas, Kota Semarang,…

Menperin Agus, Menko Perekonomian Airlangga dan Sejumlah Menteri Gelar Indonesia Night di Davos

Jumat, 27 Mei 2022 - 09:05 WIB

Pacu Investasi, Menperin Agus, Menko Airlangga Dkk Gelar Indonesia Night di WEF 2022 Davos

Menteri Perindustrian RI (Menperin) Agus Gumiwang Kartasasmita mengatakan bahwa keikutsertaan Indonesia dalam pertemuan tahunan World Economic Forum 2022 di Davos Swiss akan dimanfaatkan oleh…

Kepala Otorita IKN Bambang Susantono saat memaparkan proyek IKN di ajang Paviliun Indonesia

Jumat, 27 Mei 2022 - 09:00 WIB

Gelar Dialog di Paviliun Indonesia Davos, Kepala Otorita IKN Beberkan Dampak Pemindahan Ibu Kota Negara

Indonesia Pavilion kembali menyelenggarakan sesi diskusi dengan tema “Nusantara: Indonesia New Capital City and Opportunities for The Future” pada Rabu siang waktu setempat (25/2). Sesi…

Menteri PUPR Basuki Hadimuljono

Jumat, 27 Mei 2022 - 08:53 WIB

Menteri Basuki Ajak Kementerian/Lembaga dan Swasta Kolaborasi Penuhi Kebutuhan Air Bersih dan Sanitasi Layak

Air bersih merupakan sumber kehidupan. Ketersediaan air bersih diyakini mampu meningkatkan kesehatan masyarakat dan pertumbuhan ekonomi. Hal disampaikan Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan…