Anak Usaha Intiland Development Siap Kembangkan 40 Hotel Baru

Oleh : Abraham Sihombing | Senin, 13 November 2017 - 09:42 WIB

PT Intiland Development Tbk (DILD) (Foto:beritasatu)
PT Intiland Development Tbk (DILD) (Foto:beritasatu)

INDUSTRY.co.id - Malang – PT Intiland Development Tbk (DILD), emiten Bursa Efek Indonesia (BEI) yang berbisnis di bidang properti, akan mengembangkan 40 hotel baru di Indonesia. Itu dilakukan melalui anak usahanya, yakni PT Intiwhiz International.

“Untuk jangka panjang, kami berencana menambah jumlah hotel yang dioperasikan sendiri di bawah bendera Intiwhiz Hospital Management hingga 200 unit,” tulis Moedjianto S. Tjahjono, Direktur Utama Intiwhiz International, dalam siaran pers, Senin (13/11/2017).

Moedjianto mengemukakan, Whiz Prime Hotel Basuki Rahmat Malang yang secara resmi beroperasi sejak akhir pekan lalu tersebut merupakan hotel ke-22 yang dioperasikan oleh PT Intiwhiz International.

“Hingga kini, kami sudah mengoperasikan 22 unit hotel. Kami akan mengembangkan 40 hotel lagi. Kendati demikian, saya belum dapat memastikan waktu pengoperasian keempat puluh hotel tersebut. Sebagian lagi diurus perizinannya,” tukas Moedjianto.

PT Intiwhiz International mengembangkan hotel bintang 2, 3, dan 4, serta segmen baru hotel kapsul. Umumnya, investasi untuk hotel bintang 2 berkisar Rp38-40 miliar, bintang 3 sekitar Rp45 miliar dan bintang 4 antara Rp65-70 miliar.

Moedjianto mengatakan, pihaknya tidak khawatir dengan ketatnya persaingan di bisnis perhotelan saat ini. Kunci keberhasilan bisnis hotel adalah penentuan lokasi hotel tersebut.

Sekitar 90% dari semua hotel milik perseroan berada di lokasi strategis. Karena itu, perseroan dapat mempertahankan tingkat okupansi seluruh hotel hingga lebih dari 70%.

Bahkan, Whiz Prime Malang yang baru soft launching di awal bulan ini, tingkat okupansinya sudah mencapai 75%, atau lebih tinggi dibanding dengan rata-rata tingkat okupansi hotel di Malang yang sebesar 71%.

Tahun depan, demikian Moedjianto, PT Intiwhiz International akan kembali mengoperasikan 4 hotel baru. Keempatnya berlokasi di Bekasi, Karawang, Bandung dan Manado. Hingga akhir tahun ini, perseroan akan mengoperasian 6 unit hotel dengan total kamar sebanyak 600-700 unit.

Hingga pertengahan November 2017 ini, manajemen PT Intiwhiz International telah mengoperaasikan empat hotel. Rencananya dua hotel akan dioperasikan kembali di Padang dan Bromo pada akhir tahun ini. (Abraham Sihombing)

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Menparekraf Sandiaga Uno saat mengajak delegasi The 2nd UN Tourism Regional Conference tanam Bakau

Sabtu, 04 Mei 2024 - 10:45 WIB

Menteri Sandiaga Uno Ajak Delegasi The 2nd UN Tourism Regional Conference Tanam Bakau di Telaga Waja, Benoa

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf), Sandiaga Salahuddin Uno mengajak delegasi "The 2nd UN Tourism Regional Conference on the Empowerment of Women in Tourism in Asia and the…

Ilustrasi emas. (Ulrich Baumgarten/Getty Images)

Sabtu, 04 Mei 2024 - 09:58 WIB

Analisa Harga Emas Tahun 2024: Menyentuh Tempat Tertinggi

Tahun 2024 diprediksi menjadi tahun yang menarik bagi pasar emas. Dengan beberapa analis dan sumber berbagai institusi memperkirakan harga emas akan mencapai tingkat yang belum pernah terjadi…

Presiden saat meresmikan Bendungan Tiu Suntuk NTB

Sabtu, 04 Mei 2024 - 07:56 WIB

PTPP Selesaikan Proyek Bendungan Tiu Suntuk Paket II

PT PP (Persero) Tbk sebagai salah satu BUMN Konstruksi dan Investasi di Indonesia (“PTPP”) berhasil menyelesaikan pembangunan proyek Bendungan Tiu Suntuk Paket II dengan luas 464,63 Ha.

PT JIEP Segera Hadirkan Salah Satu Masjid Terbesar di Jakarta Timur

Sabtu, 04 Mei 2024 - 04:17 WIB

PT JIEP Segera Hadirkan Salah Satu Masjid Terbesar di Jakarta Timur

PT Jakarta Industrial Estate Pulogadung (JIEP) menggelar seremoni peletakan batu pertama (groundbreaking) Pembangunan Masjid JIEP Jayakarta yang akan menjadi salah satu Masjid terbesar di Jakarta…

Moshiro Hadir di BeautyFest Asia di Lima Kota

Sabtu, 04 Mei 2024 - 04:06 WIB

Moshiro Hadir di BeautyFest Asia di Lima Kota

Festival kecantikan terbesar di Asia Tenggara, BeautyFest Asia 2024. Tahun ini, BeautyFest Asia siap memukau para penggemar kecantikan di lima kota! Acara perdana dimulai di hotel bergengsi…