Antisipasi Langkah AS, Pengusaha Sawit Alihkan Produk Biodiesel ke Negara Lain

Oleh : Hariyanto | Kamis, 26 Oktober 2017 - 14:55 WIB

kelapa sawit
kelapa sawit

INDUSTRY co.id -Jakarta - Pelaku usaha kelapa sawit rupanya telah mengantisipasi langkah pemerintah Amerika Serikat (AS) untuk mengenakan bea masuk anti dumping produk kelapa sawit asal indonesia dengan nilai sebesar 50,71%. 

"Sejak setahun terakhir, Wilmar sudah tidak lagi ekspor biodiesel ke AS," kata Direktur Wilmar Nabati Indonesia, Erik Tjiang kepada pers di Jakarta, Kamis (26/10/2017).

Ia mengatakan, produksi biodiesel yang sebelumnya digunakan untuk ekspor ke AS telah dialihkan. 

"Pengalihannya dalam dua bentuk, pertama penjualan biodiesel dialihkan ke tempat lain dan kedua memproduksi jenis lain dari olahan sawit. Namun, kebijakan AS tersebut patut disayangkan karena AS merupakan pangsa pasar ekspor biodiesel Indonesia," ungkapnya.

Sementara, Direktur Pengamanan Perdagangan Direktorat Jenderal Perdagangan Luar Negeri (Ditjen Daglu) Kemendag, Pradnyawati membenarkan produsen biodiesel dalam negeri tidak lagi mengekspor biodiesel ke AS sejak awal tahun ini. Salah satu alasannya adalah harga biodiesel ke AS sudah tidak kompetitif lagi. 

"Karena itu, kami sedang mencari pasar baru di luar AS untuk dapat mengekspor biodiesel," ujarnya.

Antisipasi sejak dini dilakukan karena industri biodiesel dalam negeri sudah mencium gelagat proteksionisme perdagangan yang dilakukan Presiden AS Donald Trump. 

Pengalihan pasar telah dilakukan produsen biodiesel sejak awal tahun ini. Selain pasar baru, para produsen juga melakukan ekspor sawit dalam bentuk lain.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Menhan Prabowo Subianto Gelar Acara Halal Bihalal dan Pengarahan Pegawai Kemhan

Selasa, 07 Mei 2024 - 05:36 WIB

Menhan Prabowo Subianto Gelar Acara Halal Bihalal dan Pengarahan Pegawai Kemhan

Menteri Pertahanan Prabowo Subianto menggelar acara Halal Bihalal dan Pengarahan kepada sejumlah 1.000 pegawai Kemhan di Kementerian Pertahanan, Jakarta,

Dankormar Majenderal TNI (Mar) Endi Supardi Haditi Seminar Hardikal 2024

Selasa, 07 Mei 2024 - 05:02 WIB

Dankormar Majenderal TNI (Mar) Endi Supardi Haditi Seminar Hardikal 2024

Komandan Korps Marinir (Dankormar) Mayor Jenderal TNI (Mar) Endi Supardi, S.E., M.M., M.Tr.Opsla, CHRMP., CRMP. menghadiri Seminar Nasioal Peringatan Hari Pendidikan Angkatan Laut (HARDIKAL)…

Memasuki Hari ke Empat, Prajurit Martinir Terus Mencari Korban Bencana di Luwu

Selasa, 07 Mei 2024 - 04:53 WIB

Memasuki Hari ke Empat, Prajurit Martinir Terus Mencari Korban Bencana di Luwu

Memasuki hari ke empat banjir dan tanah longsor yang melanda Kecamatan Luwu Sulawesi Selatan sejak Jumat 3 Mei 2024, Prajurit Korps Marinir TNI Angkatan Laut bahu membahu bersinergi dengan instansi…

Pelabuhan subholding Pelindo

Senin, 06 Mei 2024 - 22:21 WIB

Subholding Pelindo Siap Kelola Area Pengembangan I Bali Maritime Tourism Hub

PT Pelindo Solusi Logistik (SPSL) akan mulai melakukan pengelolaan, pengembangan dan komersialisasi di Pelabuhan Benoa Bali sebagai pusat pariwisata maritim unggulan.

Dico Ganinduto Sesi Foto Bareng Raffi Ahmad

Senin, 06 Mei 2024 - 18:40 WIB

Viral Dico Ganinduto Sesi Foto Bareng Raffi Ahmad, Persiapan Maju Pilgub Jateng?

Viral di media sosial beredar video yang memperlihatkan Bupati Kendal Dico Ganinduto tengah melakukan sesi photoshoot dengan artis yang juga pengusaha, Raffi Ahmad.