AL India-Indonesia Tingkatkan Kerja Sama Kemaritiman

Oleh : Herry Barus | Sabtu, 21 Oktober 2017 - 06:37 WIB

Armada Kapal Perang TNI AL (Foto Ist)
Armada Kapal Perang TNI AL (Foto Ist)

INDUSTRY.co.id - Jakarta- Angkatan Laut India serta Tentara Nasional Indonesia Angkatan Laut (TNI AL) terus meningkatkan kerja sama kemaritiman untuk mengatasi ancaman dan gangguan keamanan laut.

"Ancaman dan gangguan keamanan laut itu seperti perompakan, penyelundupan, penangkapan ikan secara ilegal, dan sebagainya," Petugas Komando Pasukan Utama, Komando Laut Selatan Wakil Laksamana A R Karve, AVSM di galangan kapal INS Tir, di Jakarta, Jumat malam (20/10/2017)

Kerja sama kemaritiman di antaranya melalui Patroli Bersama antara India dan Indonesia.

Dalam rangka memperkuat hubungan antara kedua negara, Kapal Angkatan Laut India, Tir dan Sujata bersama dengan kapal pelatihan berlayar Sudarshini, serta Kapal Penjaga Pantai India Sarathi mengunjungi Jakarta dari 17 sampai dengan 22 Oktober 2017, ujar Wakil Laksamana A R Karve, AVSM.

Ia mengatakan personil Angkatan Laut India dan Indonesia akan melakukan latihan bersama seperti penyelaman laut satu hari.

Latihan bersama tersebut dilakukan selama masa kunjungan kapal-kapal Angkatan Laut India ke Jakarta.

Kegiatan perayaan penyambutan keempat kapal turut dihadiri oleh Duta Besar India untuk Indonesia Pradeep Kumar Rawat dan Komandan Sekolah Staf dan Komando Angkatan Laut (Danseskoal) Laksamana Muda TNI Arusukmono Indra Sucahyo.

Sementara itu, Duta Besar India untuk Indonesia Pradeep Kumar Rawat seperti dilansir Antara mengatakan kerjasama India dan Indonesia di bidang kemaritiman adalah bentuk nyata dari hubungan antara kedua negara.

Ia mengatakan kunjungan kapal-kapal Angkatan Laut ke Jakarta menunjukkan betapa kuatnya persahabatan antara India dengan Indonesia.

Dalam kesempatan yang sama, Komandan Sekolah Staf dan Komando Angkatan Laut (Danseskoal) Laksamana Muda TNI Arusukmono Indra Sucahyo menyambut baik kunjungan kapal-kapal Angkatan Laut India.

Kunjungan ini diharapkan dapat menjadi ajang kedua Angkatan Laut untuk mengenal lebih dekat, bertukar pengalaman maupun meningkatkan kerja sama.

Ia mengungkapkan bahwa kedua Angkatan Laut telah lama menjalin kerja sama di bidang keamanan maritim.

"Saya berharap kerja sama kedua Angkatan Laut ini semakin erat. Kerja sama pendidikan terkait pertukaran perwira Angkatan Laut dari Indonesia dengan India setiap tahunnya agar terus ditingkatkan. Patroli bersama untuk menjaga stabilitas regional juga harus diperkuat," ujar dia.

Dari latihan bersama itu, lanjutnya, maka personil kedua Angkatan Laut mudah untuk saling mengerti.

"Kalau kita sudah saling mengerti maka di lapangan akan lebih mudah untuk mengaplikasikannya misalnya dalam patroli bersama," pungkas dia.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Gebyar undian Bank Mandiri ini hoax

Minggu, 05 Mei 2024 - 21:00 WIB

Bank Mandiri Himbau Masabah untuk Hati-Hati pada Modus Penipuan Berkedok Undian Berhadiah

Bank Mandiri mengimbau kepada para nasabah untuk berhati-hati dengan kejahatan pembobolan rekening dengan modus penipuan berkedok undian berhadiah. Aksi kejahatan dengan modus yang mengatasnamakan…

BNI sebagai sponsor utama, siap mendukung gelaran BNI Java Jazz Festival pada 24 - 26 Mei 2024 di JIEXPO Kemayoran yang diselenggarakan oleh Java Festival Production.

Minggu, 05 Mei 2024 - 16:48 WIB

BNI Java Jazz on The Move Special Edition Kembali Hadir!

PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk atau BNI sebagai sponsor utama, siap mendukung gelaran Jakarta International BNI Java Jazz Festival pada 24-26 Mei 2024 di JIExpo Kemayoran Jakarta, yang…

Salah satu lini bisnis MPMX

Minggu, 05 Mei 2024 - 15:40 WIB

MPMX Catat Pendapatan Bersih Capai Rp3,9 Triliun di Kuartal I-2024

PT Mitra Pinasthika Mustika Tbk (MPMX) sukses mencatat pertumbuhan pendapatan bersih mencapai Rp3,9 triliun di kuartal I-2024, atau naik 3% year-on-year (yoy) dibandingkan periode yang sama…

Delegasi The 2nd UN Tourism Regional Conference on the Empowerment of Women in Tourism in Asia and the Pacific saat belajar budaya Bali

Minggu, 05 Mei 2024 - 15:30 WIB

Kemenparekraf Ajak Delegasi The 2nd UN Tourism Regional Conference Belajar Budaya Bali

Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) mengajak para delegasi Delegasi The 2nd UN Tourism Regional Conference on the Empowerment of Women in Tourism in Asia and the Pacific…

KOBEX: Penjualan Alat Berat Non-Tambang Meningkat, KOBEX Bukukan Pendapatan Rp531,94 Miliar Di Triwulan I-2024

Minggu, 05 Mei 2024 - 13:20 WIB

Top! Strategi Apik Membuahkan Hasil, Penjualan Alat Berat Non-Tambang Meningkat, KOBEX Bukukan Pendapatan Rp531,94 Miliar di Triwulan I-2024

Jakarta– PT Kobexindo Tractors Tbk (KOBX) penyedia alat berat terintegrasi telah merilis Laporan Keuangan (Unaudited) triwulan I tahun 2024. Perseroan melaporkan pertumbuhan pendapatan sebesar…