Grand Mercure Jakarta Kemayoran Gelar Semarak Batik Nasional

Oleh : Ahmad Fadli | Selasa, 03 Oktober 2017 - 05:35 WIB

Grand Mercure Jakarta Kemayoran Semarakkan Hari Batik Nasional dengan mencanting batik bagi tamu hotel (Foto; INDUSTRY.co.id)
Grand Mercure Jakarta Kemayoran Semarakkan Hari Batik Nasional dengan mencanting batik bagi tamu hotel (Foto; INDUSTRY.co.id)

INDUSTRY.co.id, Jakarta- Manajemen Grand Mercure Jakarta Kemayoran turut berpartisipasi dalam rangka Hari Batik Nasional pada 2 Oktober 2017 dengan menyelenggarakan ‘Ragam Cerita Batik Nasional’. Event ini menghadirkan pengrajin batik, seperti Batik Betawi, Batik Ayudia Gaya dan Batik Pal Batu.

Marketing & Communication Manager Grand Mercure Jakarta Kemayoran, Aloysia Sekar menjelaskan event ini menjadi event rutin tahunan. Mengusung Ragam Cerita Batik Nasional pihaknya tidak sekedar pameran, ada juga workshop, talkshow perjalanan batik di Indonesia serta pengunjung tamu bisa mencating batik kreasi sendiri dan membawa pulangnya.

“Seluruh Grand Mercure turut melakukan hal sama dalam menyambut Hari Batik Nasional ini. Kami menyajikan ini agar pengunjung hotel tidak hanya menginap lalu pulang tetapi bringing story to life,” ujarnya di Grand Mercure Kemayoran Jakarta, Senin (2/10/2017) malam.

Aloysia juga menjelaskan, dalam mempromosikan batik sebagai warisan kemanusiaan untuk budaya lisan dan non bendawi ini, seluruh dari manajemen hotel telah mengenakan seragam batik dari sejak pembukaan hotel ini, dan ini menjadi ikonik hotel Grand Mercure Jakarta Kemayoran.

Sementara itu pengrajin batik Betawi, Anna Setianingsih mengapresiasi terselenggaranya pameran ragam cerita batik nasional. Menurutnya, Jakarta tidak hanya identik dengan Monumen Nasional,  ondel-ondel, dan Kota Tua saja melainkan telah ada batik Betawi.

“Kami berharap busana batik menjadi suatu kebutuhan sehingga mempopulerkan batik Betawi,” harapannya

Ia menjelaskan ,satu-satunya motif kuno khas batik betawi yang masih mudah ditemukan pada saat ini ialah motif ondel-ondel, yang melambangkan tolak bala. Eksistensi motif ini sejalan dengan ondel-ondel yang tetap populer pada perayaan-perayaan budaya Betawi.

Batik Betawi bisa didapatkan di Galery Dekranasda kota administrasi Jakarta Pusat Jalan Tanah Abang I No 1 serta di Craft Center Dekranasda DKI Jakarta jalan Abdul Muis No 66 Jakarta.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

 Dewan Komisaris dan Menteri BUMN Sepakati Penyelesaian Kasus Direksi Garuda Indonesia

Sabtu, 07 Desember 2019 - 19:00 WIB

Dewan Komisaris dan Menteri BUMN Sepakati Penyelesaian Kasus Direksi Garuda Indonesia

Jakarta-Dewan Komisaris PT Garuda Indonesia (Persero) Tbk mendatangi kantor Kementerian BUMN Sabtu (7/12/2019) untuk bertemu dengan Menteri BUMN Erick Thohir guna membahas tindaklanjut pasca…

Dukung Industri Pariwisata, Batik Air Perkuat Layanan di Bumi Cendrawasih

Sabtu, 07 Desember 2019 - 18:00 WIB

Dukung Industri Pariwisata, Batik Air Perkuat Layanan di Bumi Cendrawasih

Batik Air (kode penerbangan ID) member of Lion Air Group hari ini meresmikan rute baru yang dilayani langsung dari Timika menuju Jayapura. Penerbangan tersedia dalam frekuensi satu kali setiap…

Grabwheels (Doc: Grab.com)

Sabtu, 07 Desember 2019 - 17:48 WIB

Grabwheels Lebih Sekadar Mobilitas Pribadi

Jakarta - Tren dunia dalam transportasi adalah integrasi dan penyerapan oleh sistem yang massal dan cepat. Yang dipentingkan adalah mobilitas orang, bukan mobilitas kendaraan sehingga pergerakan…

Jenahara dan ibunya Ida Royani

Sabtu, 07 Desember 2019 - 17:45 WIB

Desainer Muda Indonesia, Jenahara Membuat Scarf Terinspirasi dari Ibu

Jakarta - Ibarat pepatah “buah jatuh tidak jauh dari pohonnya”, begitulah perumpamaan yang tepat bagi Jenahara yang merupakan seorang perancang busana muda Indonesia.

INACA Ign N Askhara Danadiputra (Foto Dok Industry.co.id)

Sabtu, 07 Desember 2019 - 17:28 WIB

Viral Video Ari Askhara Tak Akan Mundur dari Jabatan Dirut Garuda

Jakarta - Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir akhirnya memecat Direktur Utama PT Garuda Indonesia (Persero) Tbk I Gusti Ngurah Askhara Danadiputra atau yang lebih dikenal Ari…