Grand Mercure Jakarta Kemayoran Gelar Semarak Batik Nasional

Oleh : Ahmad Fadli | Selasa, 03 Oktober 2017 - 05:35 WIB

Grand Mercure Jakarta Kemayoran Semarakkan Hari Batik Nasional dengan mencanting batik bagi tamu hotel (Foto; INDUSTRY.co.id)
Grand Mercure Jakarta Kemayoran Semarakkan Hari Batik Nasional dengan mencanting batik bagi tamu hotel (Foto; INDUSTRY.co.id)

INDUSTRY.co.id, Jakarta- Manajemen Grand Mercure Jakarta Kemayoran turut berpartisipasi dalam rangka Hari Batik Nasional pada 2 Oktober 2017 dengan menyelenggarakan ‘Ragam Cerita Batik Nasional’. Event ini menghadirkan pengrajin batik, seperti Batik Betawi, Batik Ayudia Gaya dan Batik Pal Batu.

Marketing & Communication Manager Grand Mercure Jakarta Kemayoran, Aloysia Sekar menjelaskan event ini menjadi event rutin tahunan. Mengusung Ragam Cerita Batik Nasional pihaknya tidak sekedar pameran, ada juga workshop, talkshow perjalanan batik di Indonesia serta pengunjung tamu bisa mencating batik kreasi sendiri dan membawa pulangnya.

“Seluruh Grand Mercure turut melakukan hal sama dalam menyambut Hari Batik Nasional ini. Kami menyajikan ini agar pengunjung hotel tidak hanya menginap lalu pulang tetapi bringing story to life,” ujarnya di Grand Mercure Kemayoran Jakarta, Senin (2/10/2017) malam.

Aloysia juga menjelaskan, dalam mempromosikan batik sebagai warisan kemanusiaan untuk budaya lisan dan non bendawi ini, seluruh dari manajemen hotel telah mengenakan seragam batik dari sejak pembukaan hotel ini, dan ini menjadi ikonik hotel Grand Mercure Jakarta Kemayoran.

Sementara itu pengrajin batik Betawi, Anna Setianingsih mengapresiasi terselenggaranya pameran ragam cerita batik nasional. Menurutnya, Jakarta tidak hanya identik dengan Monumen Nasional,  ondel-ondel, dan Kota Tua saja melainkan telah ada batik Betawi.

“Kami berharap busana batik menjadi suatu kebutuhan sehingga mempopulerkan batik Betawi,” harapannya

Ia menjelaskan ,satu-satunya motif kuno khas batik betawi yang masih mudah ditemukan pada saat ini ialah motif ondel-ondel, yang melambangkan tolak bala. Eksistensi motif ini sejalan dengan ondel-ondel yang tetap populer pada perayaan-perayaan budaya Betawi.

Batik Betawi bisa didapatkan di Galery Dekranasda kota administrasi Jakarta Pusat Jalan Tanah Abang I No 1 serta di Craft Center Dekranasda DKI Jakarta jalan Abdul Muis No 66 Jakarta.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

PTPP-Hyundai Sepakat Tingkatkan Kerja Sama Sektor Konstruksi(Foto Rino)

Kamis, 20 Juni 2019 - 06:31 WIB

PTPP-Hyundai Sepakat Tingkatkan Kerja Sama Sektor Konstruksi

PT PP (Persero) Tbk (“Perseroan”) salah satu perusahaan konstruksi dan investasi terkemuka di Indonesia bersama dengan PT Hyundai Engineering & Construction (“Hyundai E&C”) melakukan…

PATRIA mendapatkan apresiasi penghargaan “The 5th Outstanding Corporate Innovator Indonesia Award”

Rabu, 19 Juni 2019 - 21:56 WIB

PATRIA Raih Penghargaan The 5th Outstanding Corporate Innovator Indonesia Award

Sebagai perusahaan engineering & manufacturing yang fokus akan inovasi, PT United Tractors Pandu Engineering (PATRIA) selalu berusaha mengembangkan bisnisnya dengan masuk ke sektor-sektor baru…

Presiden Jokowi dan Presiden Donald Trump di KTT G20 (Foto Setpres)

Rabu, 19 Juni 2019 - 21:00 WIB

Presiden Jokowi akan Bahas Tiga Topik di KTT G-20

Mengenai KTT negara-negara yang tergabung dalam Group 20 (G-20), di Osaka, Jepang, 28-29 Juni mendatang, Presiden Jokowi mengatakan, ingin mengangkat, membicarakan yang pertama mengenai persoalan…

Pasukan Perdamaian PBB (Foto Ist)

Rabu, 19 Juni 2019 - 19:30 WIB

Satuan Batalion Prajurit TNI Laksanakan Misi Perdamaian PBB

Satuan Batalyon Infanteri 141/AYJP terpilih menjadi satuan tugas misi perdamaian PBB.

Pengerukan Sendimen ditepi sungai Citarum oleh PT. South Pacific Viscose

Rabu, 19 Juni 2019 - 19:08 WIB

Investor Austria Apresiasi Pemerintah Indonesia Atas Pemberian Izin Pengerukan Sendimen Ditepi Sungai Citarum

Pada pekerjaan pengerukan tersebut, PT. South Pacific Viscose yang merupakan bagian bisnis Lenzing AG dari negara Austria bekerjasama dengan PT. Barokah Jaya untuk pekerjaan di sungai serta…