Grand Mercure Jakarta Kemayoran Gelar Semarak Batik Nasional

Oleh : Ahmad Fadli | Selasa, 03 Oktober 2017 - 05:35 WIB

Grand Mercure Jakarta Kemayoran Semarakkan Hari Batik Nasional dengan mencanting batik bagi tamu hotel (Foto; INDUSTRY.co.id)
Grand Mercure Jakarta Kemayoran Semarakkan Hari Batik Nasional dengan mencanting batik bagi tamu hotel (Foto; INDUSTRY.co.id)

INDUSTRY.co.id, Jakarta- Manajemen Grand Mercure Jakarta Kemayoran turut berpartisipasi dalam rangka Hari Batik Nasional pada 2 Oktober 2017 dengan menyelenggarakan ‘Ragam Cerita Batik Nasional’. Event ini menghadirkan pengrajin batik, seperti Batik Betawi, Batik Ayudia Gaya dan Batik Pal Batu.

Marketing & Communication Manager Grand Mercure Jakarta Kemayoran, Aloysia Sekar menjelaskan event ini menjadi event rutin tahunan. Mengusung Ragam Cerita Batik Nasional pihaknya tidak sekedar pameran, ada juga workshop, talkshow perjalanan batik di Indonesia serta pengunjung tamu bisa mencating batik kreasi sendiri dan membawa pulangnya.

“Seluruh Grand Mercure turut melakukan hal sama dalam menyambut Hari Batik Nasional ini. Kami menyajikan ini agar pengunjung hotel tidak hanya menginap lalu pulang tetapi bringing story to life,” ujarnya di Grand Mercure Kemayoran Jakarta, Senin (2/10/2017) malam.

Aloysia juga menjelaskan, dalam mempromosikan batik sebagai warisan kemanusiaan untuk budaya lisan dan non bendawi ini, seluruh dari manajemen hotel telah mengenakan seragam batik dari sejak pembukaan hotel ini, dan ini menjadi ikonik hotel Grand Mercure Jakarta Kemayoran.

Sementara itu pengrajin batik Betawi, Anna Setianingsih mengapresiasi terselenggaranya pameran ragam cerita batik nasional. Menurutnya, Jakarta tidak hanya identik dengan Monumen Nasional,  ondel-ondel, dan Kota Tua saja melainkan telah ada batik Betawi.

“Kami berharap busana batik menjadi suatu kebutuhan sehingga mempopulerkan batik Betawi,” harapannya

Ia menjelaskan ,satu-satunya motif kuno khas batik betawi yang masih mudah ditemukan pada saat ini ialah motif ondel-ondel, yang melambangkan tolak bala. Eksistensi motif ini sejalan dengan ondel-ondel yang tetap populer pada perayaan-perayaan budaya Betawi.

Batik Betawi bisa didapatkan di Galery Dekranasda kota administrasi Jakarta Pusat Jalan Tanah Abang I No 1 serta di Craft Center Dekranasda DKI Jakarta jalan Abdul Muis No 66 Jakarta.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Ali Jamil, Kepala Badan Karantina Kementan tinjau Duren yang akan diekspor

Senin, 23 September 2019 - 22:06 WIB

Inovasi Satu Klik Dukung Pertumbuhan Ekspor Pertanian Sumut

Belawan -- Ekspor sejumlah komoditas hortikultura asal Sumatera Utara (Sumut) terus mengalami peningkatan. Berdasarkan data pada sistem IQFAST (Indonesia Quarantine Full Automation System) di…

Salah satu tanaman hortikultura

Senin, 23 September 2019 - 22:01 WIB

Buka Lahan Tanpa Dibakar, Petani Riau Kembangkan Hortikultura

Pekanbaru - Tengku Rafli, Petani kebun di Kelurahan Agro Wisata, Kecamatan Rumbai Pesisir, Kota Pekanbaru sukses mengubah lahan 10 hektar milik negara menjadi lahan produktif untuk tanaman hortikultura.…

Direktur Consumer Service Telkom Siti Choiriana (kanan) dan Juara 2 Point Blank Woman Championship 2019 Moscow Indri Sherlyana Tunggal (kiri)

Senin, 23 September 2019 - 21:53 WIB

Telkom Luncurkan IndiHome Paket Premium Kecepatan Hingga 300 Mbps

Surabaya – PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk (Telkom) terus berupaya memberikan produk dan layanan yang terbaik bagi seluruh segmen pelanggannya. Kali ini, Telkom mempersembahkan IndiHome…

President PT Samsung Electronics Indonesia JaeHoon Kwon dan Sekretaris Jenderal Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI Didik Suhardi seusai penandatanganan Samsung Indonesia Cerdas (Foto: Ridwan/Industry.co.id)

Senin, 23 September 2019 - 21:15 WIB

Samsung Indonesia Cerdas Dongkrak Kompetensi Pendidikan di Indonesia

Samsung Electronics Indonesia dan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Indonesia menandatangani kesepakatan "Samsung Indonesia Cerdas" dan memperkuat kemitraan pemerintah dan swasta di bidang…

Mantan Menko Perekonomian Rizal Ramli (Foto Ist)

Senin, 23 September 2019 - 21:00 WIB

Pancaroba Politik, Rizal Ramli: Perubahan di Indonesia Bisa Maju Atau Justru Mundur

Tokoh nasional Rizal Ramli mengatakan, Indonesia tengah memasuki pancaroba. Namun, yang dimaksud bukan terkait dengan perubahan cuaca, melainkan perubahan politik.