Sukses Jaga Ketahanan Pangan! Food Station Tjipinang Jaya Terima Kunjungan Kerja PT Kaltim Melati Bakti Satya

Oleh : Kormen Barus | Kamis, 09 Mei 2024 - 16:38 WIB

PT Food Station Tjipinang Jaya Terima Kunjungan Kerja PT Kaltim Melati Bakti Satya
PT Food Station Tjipinang Jaya Terima Kunjungan Kerja PT Kaltim Melati Bakti Satya

INDUSTRY.co.id,  Jakarta - PT Food Station Tjipinang Jaya (Perseroda) menerima kunjungan kerja BUMD PT Kaltim Melati Bakti Satya (Perseroda) bersama Tim TPID jajaran pemerintah Provinsi Kalimantan Timur. Kunjungan ini dalam rangka untuk studi banding dan penjajakan kerjasama bisnis to bisnis antara kedua belah pihak. Hal tersebut disampaikan  Humas Food Station Tjipinang Jaya, dalam keterangan resminya pada Rabu 9 Mei 2024.

Pimpinan rombongan dari Kaltim, Purwaningsih mengatakan, bahwasannya kunjungan kerja ini dalam rangka untuk studi banding dan penjajakan kerjasama bisnis to bisnis antara kedua belah pihak.

“Kami ingin belajar tentang pengelolaan BUMD khususnya yang terkait dengan program Ketahanan Pangan di Provinsi DKI Jakarta dan pengendalian inflasi” ujarnya.

Diharapkan usai studi banding yang dilakukan pada kunjungan ini dapat diimplementasikan oleh Pemprov Kalimantan Timur bersama BUMD PT Kaltim Melati Bakti Satya (Perseroda), untuk mendukung dan menjaga program ketahanan pangan dan pengendalian inflasi.

Kunjungan tersebut diterima langsung oleh Direktur Utama Food Station, Karyawan Gunarso, Direktur Operasional dan Bisnis, Ronny Lisapali beserta jajaran bertempat di Ruang Rapat Setra Wangi.

Direktur Utama Food Station, Karyawan Gunarso menyambut baik kunjungan rombongan Provinsi Kalimatan Timur yang dihadiri oleh Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kalimantan Timur, serta Direksi BUMD PT Melati Bhakti Jaya Kalimantan Timur.

“Kami sangat senang dan senantiasa terbuka menerima kunjungan kerja BUMD PT Kaltim Melati Bakti Satya (Perseroda), yang juga pada kesempatan yang sama berkesempatan untuk melaksanakan Studi Banding dan penjajakan kerjasama antar daerah” ujar Karyawan dalam katerangan resminya, (8/5/24)

Dalam kesempatan tersebut, dijelaskan peran dan fungsi BUMD Food Station dalam mengelola ketahanan pangan di provinsi DKI Jakarta, mulai dari pengelolaan Pasar Induk Beras Cipinang sebagai barometer harga beras nasional dan juga keterlibatan dalam Tata Niaga Beras dengan pengelolaan secara terintegrasi dari hulu sampai dengan hilir.

Dijelaskan pula kerjasama contract farming bersama gapoktan di berbagai daerah (terutama yang mengalami surplus dengan tujuan menjaga inflasi di daerah tersebut karena produk pangannya diserap oleh Food Station) dan juga melalui kerjasama on farming atau budidaya.

Selain itu dijelaskan pula Peran Strategis Food Station sebagai BUMD Pangan, apa saja yang dilakukan Food Station selama ini dan ke depannya, baik dalam rangka menjalankan fungsi penugasan maupun komersial.

Tak lupa dijelaskan juga upaya Food Station memproduksi beras untuk kebutuhan pangan masyakarat DKI Jakarta melalui program Pangan Murah Bersubsidi, Bantuan Sosial, Pasar Murah dan penyediaan beras untuk ASN Pemprov maupun kolaborasi beras karyawan (program berkawan) dilingkungan BUMD DKI Jakarta.

“Selain untuk memenuhi kebutuhan beras di DKI Jakarta, terkait kegiatan komersial, Food Station juga menjual produknya di berbagai modern market (retail) di seluruh Indonesia” ungkapnya.

Karyawan berharap kunjungan ini dapat memberikan manfaat yang positif untuk jajaran Pemprov Kaltim melalui BUMD PT Kaltim Melati Bakti Satya (Perseroda ) Kaltim dalam pengendalian inflasi daerah.

Sebagai informasi, di akhir kunjungannya rombongan selanjutnya diajak berkeliling (plant tour) untuk melihat proses produksi di Rice Plant Cipinang, mulai dari QC bahan baku sampai proses produksi dan distribusi yang dilakukan Food Station.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

TikTok

Senin, 20 Mei 2024 - 12:55 WIB

Analyzing TikTok's Marketing Model

In the digital age, social media platforms have revolutionized marketing strategies, offering innovative ways for brands to connect with their audiences. Among these platforms, TikTok has emerged…

Menhan Prabowo Subiato Hadiri The 10th World Water Forum Yang Dibuka Resmi Presiden Jokowi di Bali

Senin, 20 Mei 2024 - 12:42 WIB

Menhan Prabowo Subiato Hadiri The 10th World Water Forum Yang Dibuka Resmi Presiden Jokowi di Bali

Menteri Pertahanan Republik Indonesia (Menhan RI) Prabowo Subianto menghadiri acara forum air terbesar sedunia, “The 10th World Water Forum (WWF) yang dibuka secara resmi oleh Presiden RI…

Peresmian Kantor Baru Skinproof

Senin, 20 Mei 2024 - 12:23 WIB

Komitmen Tingkatkan Keamanan dan Inovasi Produk di Industri Kecantikan, Skinproof Buka Kantor Baru di Jakarta

Industri kecantikan secara global maupun nasional tumbuh begitu pesat dalam beberapa tahun terakhir. Sejalan dengan pertumbuhan tersebut, juga terjadi lonjakan jumlah produk kecantikan yang…

Menteri PUPR Basuki Dampingi Presiden Jokowi Sambut Para Delegasi Negara di Welcoming Dinner World Water Forum ke-10

Senin, 20 Mei 2024 - 12:18 WIB

Menteri PUPR Basuki Dampingi Presiden Jokowi Sambut Para Delegasi Negara di Welcoming Dinner World Water Forum ke-10

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono bersama sejumlah menteri lainnya di Kabinet Indonesia Maju mendampingi Presiden Joko Widodo (Jokowi) dalam acara Welcoming…

Gedung BNI

Senin, 20 Mei 2024 - 11:03 WIB

BNI Raih Dua Penghargaan Marketeers Youth Choice Award 2024

PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk atau BNI kembali menorehkan prestasi dengan meraih dua penghargaan bergengsi di ajang Marketeers Youth Choice Award (YCA) 2024. BNI meraih peringkat Silver…