Digelar Offline, Bengkel Animasi Digital Art & Creative Festival 2024 Kembali Hadir di Bandung

Oleh : Ridwan | Senin, 20 Mei 2024 - 07:50 WIB

Digital art & creative (ilustrasi)
Digital art & creative (ilustrasi)

INDUSTRY.co.id - Jakarta - Bengkel Animasi bekerjasama dengan Kementerian Perindustrian (Kemenperin) serta Kementerian Komunikasi dan Informatika (KemenKominfo) kembali menggelar ajang 'Bengkel Animasi Digital Art & Creative Festival (BEAST) 2024' pada Sabtu 24 Mei 2024 di Bandung.

BEAST 2024 dihelat untuk menjadi wadah pertukaran informasi dan kolaborasi antar stakeholder dari industri seni digital dan kreatif, mulai dari studio animasi/games, praktisi/profesional, institusi pendidikan, pelajar, mahasiswa dan institusi-institusi pemerintah terkait.

BEAST 2024 kembali digelar secara offline dan turut menghadirkan sejumlah pelbicara dari latar belakang industri games, animasi, intellectual property (IP), ilustrasi dan komik antara lain, Ronny Gani (CEO Bengkel Animasi & Senior Animator di film Avengers, Pacific Rim, Transformers), Shieny Aprilia (CEO Agate International), Daryl Wilson (CEO Kumata Animation Studio), Anintyas Wening (Operational Manager Brown Bag Films Bali), dan Bryan Valenza (Exclusive Color Artist Marvel Entertainment).

Para profesional ini akan berbagi informasi dan pengetahuan dari pengalaman mereka selama berkarir di studio animasi besar di dalam dan luar negeri. Hal ini tentu dapat menambah wawasan untuk para peserta dalam mengembangkan bisnis dan skill mereka.

CEO dan Co-founder Bengkel Animasi, Ronny Gani menjelaskan, industri Digital Art & Creative di Indonesia telah mengalami pertumbuhan yang cukup tinggi dalam beberapa tahun terakhir, sudah banyak lahir perusahaan-perusahaan lokal yang menciptakan produk kreatif atau menyediakan jasa untuk klien mancanegara. 

"Oleh karena itu, melalui event BEAST, kami berupaya menghadirkan sinergi yang lebih kuat dari seluruh stakeholder industri, khususnya pelaku bisnis dan sumber daya manusianya," jelasnya.

Ronny berharap pertumbuhan industri bisa semakin optimal, serta yang tidak kalah penting, terjadi regenerasi sumber daya manusia kepada anak-anak muda untuk menjadi tenaga profesional yang pada saatnya nanti, harus sanggup bersaing secara internasional.

Hal tersebut memotivasi Ronny dalam mendirikan Bengkel Animasi yang fokus dalam upaya meningkatkan kualitas animator muda, melalui program-program pelatihan, pelaksanaan event, dan juga penyediaan jasa pembuatan animasi 3D. 

Daryl Wilson, CEO Kumata Studio dan selaku ketua AINAKI (Asosiasi Industri Animasi Indonesia) menambahkan, Indonesia akan mendapatkan bonus demografi Indonesia yang akan terjadi dalam waktu 10-15 tahun kedepan, akan membutuhkan lapangan kerja yang besar. Sektor industri animasi yang padat karya bisa menjadi solusi dalam hal penyediaan lapangan pekerjaan dan menghasilkan produk-produk berbasis intelektual property (IP) atau menyediakan jasa produksi animasi kepada pasar animasi lokal maupun global. 

"AINAKI sebagai asosiasi yang mewakili pelaku industri Indonesia mendukung kegiatan BEAST ini yang memiliki tujuan untuk memberikan sosialisasi dan networking kepada para pelaku industri," kata Dairyl.

Berdasarkan data riset AINAKi menunjukan pertumbuhan sebesar 26 persen selama 6 tahun terakhir dimana pertumbuhan studio animasi Indonesia bertumbuh sebanyak 200% pertahunnya.

"Oleh karena itu, AINAKI terus akan membuka kerja sama dengan berbagai pihak dalam membangun program hulu ke hilir agar sektor animasi bisa mengambil peran untuk menuju Indonesia Emas yang dicanangkan pemerintah," tuturnya.

Sementara itu, Anintyas Wening, Operational Manager dari Brown Bag Films Bali mengungkapkan, Brown Bag Films Bali percaya bahwa acara ini adalah kesempatan dan wadah yang luar biasa untuk mendukung pertumbuhan industri animasi di Indonesia. 

"Kami berharap bahwa berbagi pengalaman dan insight pada event BEAST 2024 akan memberikan wawasan yang nantinya dapat memperkuat ekosistem animasi di Indonesia," tutupnya.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

(kiri-kanan). Penandatangan kerjasama dilakukan oleh Direktur Sales and Distribution BSI Anton Sukarna (dua dari kiri), Direktur Sales PT Telekomunikasi Selular Adiwinahyu Basuki Sigit, Direktur PT Pertamedika Bali Hospital Mochamad Sonny Irawan, Direktur PT Adi Sarana Armada Tbk dan PT Adi Sarana Transportasi Jerry Fandy Tunjungan (paling kanan)

Jumat, 21 Juni 2024 - 23:36 WIB

Perkuat Ekosistem Halal, BSI Gandeng Mitra Strategis

PT Bank Syariah Indonesia Tbk (BSI) terus menunjukkan komitmennya dalam memajukan ekosistem halal di Indonesia.

Dari ki-ka: Vice Grand Sheikh of University Al Azhar Cairo Mesir HE. Prof. Dr. Mohammed Abdel Rahman Al-Duweiny, Direktur Utama BSI Hery Gunardi, Komisaris Utama BSI Muliaman D. Hadad, dan Direktur Eksekutif BSI Maslahat Sukoriyanto Saputro saat setelah Seminar International "Collaborative Framework for Holistic Islamic Ecosystem" pada gelaran BSI International Expo di JCC Senayan Jakarta

Jumat, 21 Juni 2024 - 23:17 WIB

BSI dan Al-Azhar Mesir Satukan Visi untuk Ekosistem Islam yang Berkelanjutan di BSI International Expo

PT Bank Syariah Indonesia Tbk (BSI) menunjukkan komitmen yang kuat terhadap pengembangan ekosistem Islam di sektor pendidikan melalui kolaborasi strategis dengan Al-Azhar Cairo Mesir.

Membaca nyaring untuk bangun kegemaran anak sejak dini.

Jumat, 21 Juni 2024 - 22:44 WIB

Bangun Kegemaran Membaca Anak Sejak Dini Dengan Membaca Nyaring

Orang tua sebagai model pertama bagi anak-anak dapat mendorong mereka untuk membaca dengan cara yang menyenangkan dan membangun minat terhadap literasi sejak dini lewat membaca nyaring.

BRI masuk 500 perusahaan terbesar di Asia Tenggara yang dinilai berdasarkan revenue, profit dan aset.

Jumat, 21 Juni 2024 - 22:23 WIB

Kembali Torehkan Prestasi Elite, BRI Jadi Institusi Keuangan No.1 di Indonesia dan Peringkat 4 di Asia Tenggara Dalam Daftar Fortune Southeast Asia 500

Media ekonomi terkemuka dunia, Fortune pada hari Selasa (18/06) mengumumkan daftar Fortune Southeast Asia 500 untuk pertama kalinya. Daftar ini berisikan 500 perusahaan terbesar di Asia Tenggara…

Panandatanganan MoU Sarana Jaya dengan KONI

Jumat, 21 Juni 2024 - 19:15 WIB

Sarana Jaya - KONI Teken MoU Dukung Para Atlet Menuju PON XXI/2024 Aceh - Sumut

Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) bersama Perusahaan Umum Daerah (Perumda) Pembangunan Sarana Jaya resmi menandatangani Nota Kesepahaman (MoU) tentang perekrutan atlet berprestasi peraih…